Cara Cek Merek Dagang Sudah Terdaftar atau Belum

0
32

Cara Cek Merek Dagang Sudah Terdaftar atau Belum – Pengajuan merek dagang Anda bukanlah proses yang sepele dan membutuhkan sejumlah langkah.Setelah formulir pengajuan selesai dan dikirim ke Institut Nasional Properti Industri (INPI) , badan akan memeriksa permintaan Anda dengan merumuskan pengamatan atau keberatan, kemudian mempublikasikan pengajuan Anda dalam Buletin Resmi Properti Industri (BOPI) dalam waktu 6 minggu.

Hanya paling sedikit 5 bulan setelah cek merek dagang Anda, INPI akan melanjutkan ke pendaftaran merek Anda dengan BOPI dan akan mengirimkan sertifikat pendaftaran Anda kepada Anda.Sebelum mengisi formulir setoran, sangat disarankan agar Anda mementingkan tahap awal , yang menentukan masa depan merek Anda.

Ini adalah pertanyaan untuk menentukan produk dan layanan yang dicakup oleh pengajuan , tetapi di atas semua verifikasi bahwa merek tersebut valid dan tersedia berkat pencarian untuk karya sebelumnya.
Langkah-langkah ini penting sejauh pada prinsipnya memungkinkan dua merek dengan nama yang sama untuk hidup berdampingan, karena mereka berhubungan dengan barang atau jasa yang berbeda tanpa menimbulkan risiko kebingungan di benak konsumen.

Cara Cek Merek Dagang Sudah Terdaftar atau Belum

Pencarian prior art adalah untuk memverifikasi bahwa nama yang Anda berencana untuk memberikan merek Anda tidak melanggar hak-hak pihak ketiga .Memang, jika Anda gagal melakukan pemeriksaan ini dengan hati-hati, Anda mengekspos diri Anda pada risiko penolakan dari INPI atau bahkan lebih pada risiko oposisi.

Untuk dapat didaftarkan secara sah, suatu merek harus memenuhi sejumlah kriteria tertentu. Dia harusnya khas , yaitu, harus memungkinkan publik untuk membedakan produk dan layanan Anda dari produk dan layanan pesaing Anda.
Tapi itu tidak harus deskriptif, artinya menyandang nama salah satu produk Anda (jika Anda memasarkan kursi misalnya, merek Anda tidak bisa menjadi Kursi). Perlu diketahui, INPI sangat ketat dalam penilaian karakter khas ini.

Tanda tidak boleh bertentangan dengan undang-undang atau bahkan melanggar prinsip-prinsip esensial. Semua istilah kasar, menghasut kebencian, kekerasan tidak dapat diajukan.tersedia , yaitu, tidak mereproduksi atau meniru merek sebelumnya yang berkaitan dengan produk dan layanan yang serupa dengan milik Anda.

Sangat penting untuk memilih akronim Anda dengan hati-hati dan dari tahap ini didampingi oleh seorang pengacara khusus. Hanya dia yang dapat menafsirkan risiko kesamaan dan rasa hormat dari kriteria validitas merek Anda. Jika tidak, Anda berisiko ditolak oleh INPI atau dibukanya proses oposisi oleh pihak ketiga terhadap Anda.

Bagaimana Cara Cek Merek Dagang Sudah Terdaftar atau Belum

Pihak ketiga memiliki jangka waktu 2 bulan sejak pengajuan (3 bulan untuk merek Eropa) untuk mengajukan oposisi . Memang, pihak ketiga dapat menganggap bahwa merek Anda identik atau mirip dengan miliknya, dan dengan demikian menentang pengajuan merek Anda.

Prosedur oposisi dilakukan dengan INPI. Jika didasarkan dengan baik, memungkinkan untuk mencegah pendaftaran merek baru, sepanjang melanggar hak merek sebelumnya dari pihak ketiga.

Jika INPI memberitahu Anda bahwa pengajuan Anda adalah subjek dari oposisi, ini tentu akan memerlukan biaya dan Anda harus menanggapi secara tepat oposisi ini dengan menulis laporan menulis dokumen semacam itu tidak mudah dan membutuhkan dukungan pengacara.

Akhirnya, jika tidak ada perlawanan yang dilakukan dalam jangka waktu 2 bulan, pemilik merek sebelumnya masih dapat mengajukan tuntutan ke pengadilan yang berwenang dengan alasan seperti pelanggaran,Seperti yang disebutkan sebelumnya, untuk terdaftar secara sah, merek dagang Anda harus tersedia. Merek itu milik pelamar pertama.

Untuk memverifikasi bahwa merek dagang Anda tidak melanggar hak sebelumnya, pencarian sebelumnya harus dilakukan di hulu . Ini melibatkan pencarian identik dan pencarian kesamaan.Pencarian identik memungkinkan untuk memverifikasi.

Bahwa nama yang satu bermaksud untuk memberikan tandanya tidak ada identik, yang mengatakan untuk surat itu, untuk tanda lain sudah terdaftar untuk produk serupa dengan Anda atau satu dalam bidang aktivitas yang identik atau mirip dengan Anda. Sekian artikel tentang Cara Cek Merek Dagang Sudah Terdaftar atau Belum. Semoga bermanfaat.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here