Manfaat Website Untuk Perusahaan dan Bisnis UMKM

0
120
manfaat website

Seiring berkembangnya teknologi internet, kebutuhan dan manfaat website untuk bisnis dan perusahaan adalah hal yang paling penting. Kegiatan branding dalam memberikan dampak penilaian positif dari masyarakat sangat dibutuhkan. Tak hanya di marketing offline, dalam dunia marketing online juga membutuhkan media promosi online salah satunya adalah website. Manfaat website untuk perusahaan sangat banyak sekali, salah satunya adalah untuk meningkatkan daya tarik calon kosumen terhadap produk dan jasa yang kita jual.

Manfaat website secara umum untuk perusahaan adalah menambah kesan eksklusif karena website adalah salah satu bentuk identitas bisnis yang berdiri di tengah masyarakat. Selain itu, dengan memiliki website, selain itu website juga bisa menjadi aplikasi yang bisa dipergunakan untuk mendukung kegiatan dan proses bisnis yang berjalan.

manfaat website untuk perusahaan dan bisnis umkm
Manfaat website untuk perusahaan

Pentingnya Website Profesional untuk Bisnis

Kebiasaan masyarakat Indonesia yang melakukan belanja dengan sistem online, sudah menjadi hal yang umum terjadi saat ini. Website merupakan pendukung proses bisnis yang akan berjalan, dengan kata lain kita bisa mengenalkan produk atau jasa yang kita jual melalui platform online.

Kemudahan dalam mengakses segala kebutuhan melalui smartphone membuat pamor website semakin meningkat seiring berkembangnya teknologi yang bisa memanjakan manusia setiap saat. Oleh karena itu aplikasi dalam bentuk website bisa membuat dunia online menjadi lebih efisien baik dalam segi transaksi maupun segi visual.

Terbukti dari data statistik di Indonesia. besarnya transaksi melalui marketplace atau platform online menjadi lebih meningkat di tahun 2020 kemarin. Ditambah dengan kondisi new normal yang mengharuskan setiap orang untuk tidak pergi keluar rumah. Oleh karena itu kesempatan untuk membuat toko online yang berbentuk website diharapkan bisa menambah daya gedor marketing untuk menambah awareness masyarakat terhadap produk dan jasa yang kita jual.

Manfaat Website untuk Perusahaan dan Bisnis UMKM

Dari contoh kasus diatas, tentunya website merupakan hal yang sangat vital dalam proses branding maupun marketing. Berikut ini ada beberapa fungsi dan manfaat website yang bisa didapatkan jika dikolaborasikan dengan proses bisnis dari sebuah perusahaan.

Kelebihan dan fungsi websote untuk perusahaan
Kelebihan memiliki website prusahaan

Manfaat Website sebagai Sarana Komunikasi

Antara perusahaan dan calon customer tentu membutuhkan komunikasi dua arah yang bisa berujung transaksi closing. Dengan memiliki sebuah website bagi bisnis atau perusahaan, calon konsumen akan lebih mudah berkomunikasi melalui visual dan desain grafis terlebih dahulu. Lalu setelah itu jika calon konsumen tertarik pasti dia akan menghubungi kontak yang bisa juga dihubungkan melalui Whatsapp.

Oleh karena itu, wajib hukumnya di era teknologi online yang semakin canggih sebuah perusahaan menawarkan produk dan jasanya melalui website yang dimiliki. Biasanya perusahaan besar membangun sebuah website yang eksklusif dan mudah dimengerti user interface-nya, sehingga calon konsumen akan lebih mudah juga memahami informasi yang disampaikan melalui media website.

Mengenalkan Produk dan Jasa kepada Calon Konsumen

Website untuk bisnis bisa dianalogikan sebagai sebuah etalase yang lengkap berserta harganya layaknya toko offfline. Dengan memiliki website, kita bebas untuk mengeksplore produk dan jasa kita untuk dikenalkan kepada calon konsumen. Dengan harapan calon konsumen akan tertarik terhadap produk dan jasa kita yang ditampilkan di website.

Website dengan tipe toko online banyak yang telah menggunakan, karena dinilai lebih fleksibel sebagai landing page yang bisa secara lengkap menyampaikan infromasi produk secara detail. Jika kalian belum begitu mahir untuk membuat website, bisa mencoba jasa pembuatan website yang sudah terpercaya di kota masing-masing.

Sebagai Media Branding dan Promosi

Untuk memperkenalkan produk yang akan kalian jual kepada calon konsumen, tentunya terdapat beberapa rencana promo dan loyalty program yang biasa dibuat untuk menarik perhatian calon konsumen. Dengan memiliki sebuah website yang tertata dengan rapi dan menampilkan produknya, maka konsumen akan memilikir asa ketertarikan.

Hal tersebut erat kaitannya dengan proses kegiatan branding melalui media promosi online. Pada kegiatan branding tujuan kita adalah mengenalkan merk yang akan kita angkat sebagai brand yang melekat di ingatan masyarakat. Kegiatan branding ini wajib dilakukan bagi setiap pemilik usaha agar mendapatkan awareness yang baik dari calon konsumen.

Menjadi Nomor 1 di Google

Keuntungan memiliki website perusahaan salah satunnya adalah untuk kepentingan persaingan di mesin pencari google. Jika kita memiliki website baik yang dibuat sendiri maupun melalui jasa website. Tentunya kita memiliki harapan agar bisa ditemukan oleh calon konsumen dengan kata kunci tertentu yang berhubungan dengan produk dan jasa kalian.

Oleh karena itu dengan mengupayakan website perusahaan untuk menjadi nomor 1 di mesin pencarian, kita bisa melakukan optimasi search engine optimization (SEO). Syarat mutlak agar bisa menjadi yang pertama di Google dengan kata kunci tertentu adalah memiliki website. Kalian bisa membangun website dari nol dengan pengaturan SEO yang tepat. Atau kalian juga bisa memilih jasa website untuk mempercayakan urusan SEO dengan mereka.

Keuntungan Website untuk Menambah Kepercayaan Konsumen

Salah satu sarana komunikasi yang paling efektif di jaman e-commerce ini adalah memiliki website yang berisi informasi lengkap mengenai produk dan jasa yang akan dijual. Di sisi lain, calon konsumen pasti akan memilih perusahaan atau bisnis UMKM yang terbaik dalam proses belanja online. Tak hanya itu, saat ini banyak bertebaran penipuan online yang membuat citra sebuah perusahaan semakin buruk.

Dengan memiliki website yang berisi informasi, promo dan lain sebagainya maka perusahaan atau bisnis UMKM secara tidak langsung akan menaikkan tingkat kepercayaan calon konsumen terhadap produk yang akan kalian jual.

Kesimpulan

Website perusahaan akan lebih optimal jika direncanakan dengan baik, karena sebuah perusahaan atau bisnis UMKM membutuhkan platform online sebagai sarana untuk menjual produknya. Dengan memiliki sebuah website, maka proses branding, komunikasi,dan rencana strategi marketing akan terencana dengan baik.

Dengan meningkatnya transaksi secara online, ini menjadi sebuah peluang dan hal yang baru bagi kalian untuk ikut juga melakukan branding online dengan menggunakan website. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here