Categories: Lifestyle

Memilih Ukuran Mesin Cuci Ideal untuk Keluarga Muda

Share

Setelah menikah, pasangan suami istri umumnya sedang bersemangat dalam menata isi rumah yang ditinggali bersama. Salah satu hal yang perlu diputuskan bersama adalah saat akan membeli mesin cuci. Saat ini, mesin cuci 2 tabung (bak cuci dan bak peras terpisah) sudah banyak ditinggalkan dan anda lebih baik fokus memilih ukuran mesin cuci 1 tabung yang pas untuk keluarga anda.

ukuran mesin cuci 1 tabung

Cara Memilih Ukuran Mesin Cuci 1 Tabung

Ukuran mesin cuci 1 tabung yang banyak ditemui di pertokoan adalah ukuran 5, 6, 7, 8, 9 dan 10 kg. Perbedaan harga antar ukuran tersebut bervariasi, dimana semakin besar ukuran mesin cuci akan semakin mahal. Agar tidak salah dalam memilih, berikut panduan yang bisa anda terapkan sebelum memutuskan membeli:

Sesuaikan dana yang anda miliki

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, semakin besar ukuran mesin cuci maka akan semakin mahal. Hal tersebut benar adanya, tetapi selisih harga antara mesin cuci ukuran 5 hingga 7 kg biasanya tidak terlalu banyak. Kenaikan harga yang signifikan biasanya pada ukuran 8 hingga 10 kg.

Hitung berapa orang pengguna mesin cuci

Hal yang menentukan perlu mesin cuci ukuran yang spesifik, adalah tergantung dari jumlah baju yang akan dicuci. Satu orang dewasa secara umum akan menghasilkan 2 hingga 3 pasang (4-6 potong) pakaian kotor. Untuk keluarga muda yang hanya suami dan istri, maka setiap hari akan menghasilkan sekitar 12 potong pakaian kotor setiap hari.

Advertisements

Hitung seberapa sering anda mencuci pakaian

Setelah tahu jumlah baju kotor per hari, sekarang anda hitung kapankah anda akan mencuci? Misalkan anda merencanakan akan mencuci setiap 2 hari, maka akan ada 24 potong pakaian kotor. Mencuci setiap 3 hari maka ada 36 potong pakaian kotor. Setelah mendapatkan angka jumlah pakaian kotor per satu kali cuci, saatnya anda memilih ukuran mesin yang tepat untuk anda.

Pilih ukuran mesin anda

Mesin cuci ukuran 5 kg dapat menampung sekitar 25 potong pakaian kotor. Adapun untuk mesin berukuran 6 kg sanggup mencuci 30 pakaian kotor. Mesin ukuran 7 kg mampu mencuci 35 potong pakaian kotor. Sedangkan mesin cuci ukuran 8 kg bisa mencuci 40 potong pakaian tanpa masalah.

Sesuai dengan contoh yang disampaikan pada poin nomor 3 di atas, ketika anda sekeluarga menghasilkan 36 pakaian kotor setiap 3 hari sekali mencuci, maka anda memerlukan mesin cuci ukuran 8 kg.

Related Post

Baca Juga : Tanya Veronika Asisten Virtual

Pikirkan untuk penggunaan mesin cuci hingga 10 tahun kedepan

Berdasarkan contoh pada poin keempat, dengan 36 pakaian kotor maka anda cukup menggunakan mesin cuci ukuran 8 kg setiap 3 hari sekali untuk sejumlah 2 orang anggota keluarga.

Lantas, apabila di tahun ke 2 pernikahan ada tambahan pakaian kotor dari anak anda, apakah anda perlu untuk kembali membeli mesin cuci baru yang lebih besar? Jawabannya adalah tidak perlu. Alasan pertama, usia pakai mesin cuci rata-rata adalah 5 hingga 10 tahun tanpa kerusakan yang berarti.

Alasan kedua, anda bisa mengakali dengan mencuci lebih sering. Apabila sebelumnya anda mencuci setiap 3 hari sekali, anda bisa mulai mencuci hingga setiap 1 hingga 2 hari sekali. Bahkan, apabila diperlukan pun anda bisa mencuci 2 kali setiap hari.

Ubah pola mencuci anda agar berdasarkan jenis pakaian

Salah satu metode yang tepat untuk mencuci adalah tidak mencampur semua pakaian saat mencuci. Sangat disarankan, ember tempat pakaian kotor anda dibagi minimal menjadi 2 jenis.

Ember pertama untuk menampung pakaian luar kotor, ember kedua untuk menampung pakaian dalam kotor. Dengan cara ini, untuk hari ini anda bisa mencuci pakaian dalam kotor dan besok pagi mencuci pakaian luar tanpa perlu khawatir kekurangan kapasitas mesin cuci.

Cara Memilih Mesin Cuci

Dengan mengikuti panduan ringkas di atas, sekarang anda bisa menentukan ukuran mesin cuci yang tepat untuk keluarga anda. Selamat mencuci.

Rate this post
Sponsored
Aldhi Fajar Maudhi

Leave a Comment

View Comments

  • Boleh nih kalau besok-besok ummi di rumah minta mesin cuci, bisa jadi bahan pertimbangan ketika memilih mesin cuci

    • Asyik mau beliin ummi mesin cuci, Alhamdulillah anak yg berbaktii,, lanjutkannn

Published by
Aldhi Fajar Maudhi

Recent Posts

Tips Memilih Pinjaman Online yang Tepat

Dana mendadak menjadi masalah yang muncul saat darurat untuk anggaran pribadi. Memilih pinjaman online salah… Read More

3 hours ago

Mengenal Jenis Lapangan Futsal

Kenyamanan ketika melakukan olahraga futsal adalah dari jenis lapangan futsal. Karena faktor lapangan bisa mempengaruhi… Read More

5 days ago

Mengintip Kenyamanan Fitur Digital Banking Syariah

Dewasa ini, fasilitas perbankan sudah canggih dan banyak membantu para nasabah. Aktivitas perbankan menjadi semakin… Read More

1 week ago

Ragam Kemudahan Layanan Banking BRI

Internet Banking BRI merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh bank BRI kepada para nasabah… Read More

2 weeks ago

Menentukan Arah Kiblat yang Benar

Semanjak dahulu kala, sejarah arah kiblat memang berubah-ubah oleh karena itu menentukan arah kiblat memang… Read More

2 weeks ago

Mengenal Kubah Galvalum dan Enamel untuk Masjid

Salah satu komponen arsitektur yang sudah ada sejak jaman dahulu adalah kubah. Mari kita mengenal… Read More

2 weeks ago