Lifestyle

Solusi Tepat Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

Share

Kondisi cuaca yang tak menentu menjadi salah satu faktor utama menurunnya daya tahan tubuh bagi orang dewasa maupun anak-anak. Salah satu yang sering mengganggu adalah hidung mampet, sebagai orang tua pasti akan merasa risih ketika anak mengalami hidung tersumbat. Banyak cara mengatasi hidung tersumbat pada anak yang bisa dilakukan oleh orang tua.

Hidung yang tersumbat adalah kondisi dimana jaringan yang ada di dalam hidung terganggu, bisa disebabkan oleh beberapa faktor selain iritasi dan keadaan udara lingkungan sekitar yang tidak sehat. Sehingga kondisi tubuh akan mengeluarkan kekebalan dengan mengeluarkan lendir berwarna bening encer yang bisa menyumbat pernapasan.

Ada banyak penyebab hidung tersumbat yang dialami oleh anak-anak. Selain faktor keadaan lingkungan, faktor cuaca juga bisa mempengaruhi keadaan tubuh yang tak menentu sehingga bisa terjadi flu atau batuk yang dengan mudah bisa menyerang anak-anak atau bayi.

Anak-anak lebih rentan terserang virus maupun bakteri yang bisa masuk ke dalam tubuh kapan saja. Lalu sebenarnya apa saja faktor penyebab hidung yang tersumbat pada anak-anak? Mari kita bahas satu per satu.

Solusi Tepat Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

Penyebab Hidung Tersumbat pada Anak

Seperti yang telah kita ketahui, banyak faktor yang bisa menyebabkan pernapasan terganggu dan tidak lancar pada anak-anak, atau lebih sering disebut hidung mampet. Penyebabnya ternyata ada beberapa macam, diantaranya adalah:

Batuk atau Pilek

Batuk atau pilek bisa menyerang tubuh anak karena adanya benda yang asing masuk kedalam tubuh, jalan masuk benda asing tersebut adalah melalui hidung (saluran pernapasan bagian atas), sehingga akan menyebabkan peradangan pada saluran napas.

Secara otomatis tubuh anak akan mengeluarkan cairan bening dan akan mengental ketika benda asing tersebut bisa dilumpuhkan oleh sistem kekebalan tubuh.

Penyakit Asma

Penyakit yang menyerang saluran pernapasan ini disebabkan oleh beberapa faktor. Sebagian besar anak yang terserang asma merupakan faktor genetik, akan tetapi ada pula yang disebabkan oleh keadaan udara yang tidak sehat di lingkungan tempat tinggal seperti paparan asap rokok dan polusi udara.

Sering ditemui kasus bahwa anak yang menderita asma salah satu gejalanya adalah pernapasan yang terhambat seperti hidung mampet sebelah maupuh seluruhnya.

Advertisements

Influenza atau Flu

Virus influenza adalah sebuah virus yang bisa menyerang sistem pernapasan pada anak-anak seperti hidung, paru-paru dan tenggorokan.

Seringkali anak-anak memang lebih terserang virus flu karena mereka belum memiliki daya tahan tubuh yang sempurna. Efek dari terserangnya virus influenza adalah pernapasan yang sedikit terhambat yang bisa timbul kapan saja. Selalu jaga kesehatan anak agar terhindar dari virus influenza. Selalu cari info cara mengatasi hidung tersumbat karena flu untuk meminimalisir kemungkinan buruk yang terjadi.

Sinusitis

Sinusitis terjadi apalabila dinding hidung yang berada di dalam organ tubuh anak terserang virus atau reaksi alergi. Pembengkakan yang terjadi pada dinding hidung ini memicu daya tahan tubuh untuk mengeluarkan cairan agar bisa membunuh virus tersebut.

Apabila sudah sangat berbahaya, sinusitis akan mengakibatkan infeksi pada dinding hidung. Salah satu gejala yang timbul adalah saluran pernafasan hidung sedikit terhambat.

Alergi

Alergi bisa menyerang orang dewasa maupun anak-anak yang terpapar oleh zat yang bisa memicu alergi. Kondisi tubuh akan secara umum memberikan perlawanan terhadap zat alergen yang menyerang tubuh.

Hal ini akan memicu lendir yang keluar dari organ pernapasan anak-anak terutama pada hidung, inilah yang menyebabkan hidung sedikit tersumbat. Alergi ini bisa sembuh dengan sendirinya, jangan khawatir jika anak terserang alergi yang tak kunjung sembuh.

Related Post

Keadaan Udara yang Tidak Sehat

Sirkulasi udara untuk sistem pernapasan pada anak adalah hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan. Penyebab hidung mampet sebelah salah satunya adalah karena faktor udara yang tidak sehat seperti polusi udara, asap rokok, pembakaran sampah, asap panrik dan lain sebagainya.

Usahakan anak selalu berada di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang cukup. Hindari tempat yang bisa mempengaruhi keadaan yang semakin memburuk apalagi sistem pernapasan yang terganggu akibat hidung yang mampet.

Terlalu Sering Terkena Udara Dingin

Udara dingin saat malam hari atau ketika berada di daerah ketinggian bisa menyebabkan tubuh mengeluarkan lendir dan meler pada anak. Selain itu udara dingin karena penggunaan AC juga tidak baik untuk kondisi tubuh anak yang sangat rentan dengan keadaan suhu lingkungan. Usahakan untuk menghindari udara dingin dan jangan gunakan AC saat anak tidur.

Faktor Penyebab Hidung yang Tersumbat pada Anak

Bagaimana Mengatasi Hidung yang Tersumbat pada Anak?

Sebagai orang tua, pasti akan bisa merasakan betapa tersiksanya jika anak mengalami pernapasan yang terganggu hanya karena hidung tersumbat sebelah saat tidur maupun disaat malam hari. Apalagi jika anda sedang berada diluar rumah seperti liburan atau traveling misalnya.

Keadaan seperti itu pasti akan sedikit menganggu kebersamaan keluarga. Lalu bagaimana cara cepat mengatasi hidung yang tersumbat pada anak? Apa yang bisa dilakukan saat hidung mampet terjadi pada anak atau bayi? Berikut ada beberapa solusi tepat untuk mengatasi hidung yang mampet pada anak-anak.

Minum Air Hangat

Hal yang paling umum dilakukan oleh para orang tua adalah memberi air hangat kepada anak yang mengalami hidung mampet. Suhu air yang hangat akan sedikit mengencerkan lendir yang menghambat saluran pernapasan pada anak, sehingga hidung akan terasa lebih lega. Selain air putih, air teh hangat atau minuman tradisional seperti air jahe juga bisa meredakan saluran pernapasan pada anak dan bayi.

Perbanyak Minum Air Putih

Cara ini bisa anda coba untuk sedikit meredakan saluran pernapasan pada anak ketika terjadi hidung mampet. Dengan banyaknya cairan yang masuk ke dalam tubuh anak dan bayi, maka akan mengakibatkan lendir pada hidung akan menjadi encer. Tak hanya air putih, bisa dicoba dengan mengkonsumsi teh hangat tanpa gula sedikit demi sedikit sampai hidung terasa lebih lega.

Pijat Hidung Anak

Kadang anak merasa tidak nyaman ketika saluran pernapasan terhambat karena banyaknya lendir yang mengisi rongga hidung. Pijat hidung tersumbat adalah salah satu cara alami yang bisa anda lakukan. Memijat lembut pada hidung anak akan mengakibatkan rongga hidung sedikit menjadi lebih rileks. Pijatlah dengan cara mengurut dengan menggunakan jari telunjuk, dan tahan saat berada di pangkal hidung. Lakukan berulang sampai anak terasa lebih nyaman.

Gunakan Uap Air Hangat

Ketika anak merasa risih dan rewel ketika hidungnya mampet sebelah maupun seluruhnya, anda bisa mencoba dengan cara alami lainnya yakni dengan menggunakan uap air hangat. Uap air hangat ini bisa membantu mengencerkan lendir yang menyumbat pada saluran pernapasan anak. Lakukan cara ini dengan pelan, jangan sampai anak merasa tidak nyaman. Selain itu bisa juga melakukan kompres pada wajah untuk lebih mengencerkan lendir dan keluar dengan perlahan.

Jemur saat Pagi Hari

Sinar matahari adalah obat yang sangat alami dan sangat aman untuk anak-anak. Karena sinar matahari pagi dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh pada anak. Lakukan cara ini kira-kira pada pukul 8 pagi hari dan cukup 10 – 15 menit saja. Dengan sinar matahari yang hangat maka akan sedikit membantu mengencerkan lendir yang menyumbat rongga hidung.

Mengoleskan Minyak Kayu Putih

Penggunaan minyak kayu putih akan memberikan efek hangat pada hidung bayi dan anak. Kayu putih terbukti sangat aman digunakan untuk bayi dan anak. Oleskan sedikit minyak kayu putih di bawah hidung, biarkan anak menghirupnya secara perlahan. Efek hangat yang terasa akan sedikit melegakan pernapasan dan mengencerkan lendir. Selain lega, anak pun akan merasa lebih nyaman karena minyak kayu putih sangat berkhasiat.

Berikan Vitamin yang Cukup

Vitamin dan mineral adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, mengkonsumsi vitamin dengan dosis yangs esuai pada anak akan mencegah masuknya virus atau bakteri yang bisa kapan saja menyerang tubuh anak-anak. Tak terkecuali saat anak mengalami hidung tersumbat, berikan vitamin C pada anak agar kebutuhan vitamin dan mineral terpenuhi. Dengan begitu hidung yang mampet akan sedikit mereda.

Cara Alami Mengatasi Hidung yang Tersumbat

Kesimpulan

Keadaan pandemi yang terjadi sata ini memang sangat memungkinkan tubuh anak terserang berbagai virus dan bakteri. Pentingnya menjaga kondisi dan mempertahankan daya tahan tubuh anak merupakan hal yang paling penting dilakukan orang tua saat ini.

Salah satu keadaan yang membuat tidak nyaman pada anak adalah hidung tersumbat. Sebagai orang tua diwajibkan mengetahui apa gejala dan cara mengatasi hidung yang tersumbat pada anak dengan berbagai cara yang alami.

Setelah dijelaskan dengan rinci pada artikel ini diharapkan orang tua selalu lebih waspada dengan segala ganggunan penyakit yang mungkin saja terjadi pada anak. Selalu jaga kesehatan untuk orang tua dan terutama kesehatan anak dan balita yang rentan terserang berbagai virus. Sampai jumpa di artikel kesehatan selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Rate this post
Sponsored
Aldhi Fajar Maudhi

Leave a Comment
Published by
Aldhi Fajar Maudhi

Recent Posts

Keunggulan Menabung di Tabungan Bank Syariah

Tabungan Bank Syariah saat ini lebih banyak diminati oleh masyarakat. Ada beberapa keunggulan menabung di… Read More

17 hours ago

Digital Phase Shifter untuk Kelistrikan Rumah

Geoman Electrical DNY provides products such as digital phase shifter in Singapore, with pre-sales communication… Read More

4 days ago

Jenis Huruf Timbul untuk Media Promosi Luar Ruang

Jenis huruf timbul adalah media promosi yang sering dipakai oleh para pelaku usaha untuk meningkatkan… Read More

1 week ago

Mau Pakai Paket Suka Suka, Daftar Dulu Dong!

AXIS menghadirkan Paket Suka Suka yang bebas dipilih berdasarkan kebutuhan pengguna . Paket internet terbaru… Read More

3 weeks ago

Tips Investasi Mata Uang Asing Bagi Pemula

Jika kalian termasuk pemula dan ingin mencoba investasi mata uang asing, ada hal yang harus… Read More

3 weeks ago

Review 5 Platform Belajar Bahasa Mandarin Online untuk Anak

Belajar bahasa asing, dengan belajar bahasa asing tentu banyak manfaat yang bisa dirasakan dan didapat… Read More

4 weeks ago