Mengenal Jenis Lapangan Futsal

0
73

Kenyamanan ketika melakukan olahraga futsal adalah dari jenis lapangan futsal. Karena faktor jenis lapangan untuk bermain futsal bisa mempengaruhi permainan dalam olahraga futsal. Saat ini banyak lapangan futsal yang menggunakan bahan yang sudah berstandar internasional. Ada beberapa jenis lapangan yang digunakan dan sesuai dengan standar internasional.

Jika dalam sepak bola kita hanya mengenal lapangan rumput, berbeda dengan lapangan yang digunakan pada futsal. Dalam futsal, biasanya kita menggunakan beberapa jenis lapangan futsal. Pada pembahasan kali ini, saya akan menjelaskan jenis-jenis lapangan futsal satu per satu berdasarkan bahan yang umum di Indonesia.

Berbagai jenis bahan lapangan futsal

Lapangan Futsal yang Umum di Indonesia

DAri komunitas dna pecinta olahraga futsal, tentunya ada standar tersendiri bagi tim mereka untuk menentukan jenis dan bahan lapangan untuk olahraga futsal yang tersedia. Mari kita mengenal jenis dan bahan futsal yang umum di Indonesia.

Lapangan Futsal Tipe Vynil

Jenis untuk olahraga futsal tipe vynil ini lebih banyak digunakan dalam pertandingan dan event turnamen nasional maupun internasional. beberapa pengusaha rental lapangan juga lebih gemar menggunakan bahan jenis vynil untuk melengkapi sarana sewa lapangan futsalnya. Lapangan futsal vinyl ini disebut juga dengan istilah rubber, karena bahan dasarnya adalah karet yang permukaanya lembut, sehingga akan terasa nyaman jika dipakai dalam pertandingan futsal.

Ada beberapa kelebihan lapangan jenis vynil ini yaitu permukaan lebih rata sehinnga akan melancarkan jalannya bola, kemudian lapangan vynil merupakan bahan yang terdiri dari beberapa lapis, oleh karena itu lapangan vynil akan mejadi lebih empuk dan sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis olahraga.

Lapangan Futsal Tipe Rumput Sintetis

Lapangan futsal yang memiliki struktur lapangan dengan menggunakan rumput sintetis lebih trend saat awal tahun 2000. Hal ini disebabkan karena euforia piala dunia yang identik dengan berwarna hijau. Maka makin bermunculan tempat penyewaan lapangan futsal dengan menggunakan bahan rumput sintetis.

Material rumput sintetis yang digunakan membuat bola lebih mudah dikendalikan dan lebih aman saat pemain terjatuh. Namun jika digosok / diseret, mengingat ujung rumput buatan sedikit lebih tajam dari rumput asli, maka resiko menimbulkan damage pada pemain juga lebih besar. Dengan demikian kita akan lebih rentan terluka ketika jatuh pada lapangan jenis ini.

Biasanya lapangan rumput sintetis ini tidak digunakan untuk pertandingan resmi, melainkan hanya untuk hiburan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan lapangan futsal rumput sintetis.

Lapangan Futsal Tipe Parquette

Jenis lapangan futsal parquette lebih populer di daerah Eropa dan Amerika Latin, sedangkan di Indonesia kurang begitu populer karena memang belum banyak yang menyediakan. Di Indonesia parquette lebih dikenal dengan ‘kayu’. Biasanya material parquette ini digunakan sebagai alas lapangan futsal dalam Gelanggang Olahraga (GOR).

Parquette memiliki tingkat kekesatan yang sangat tinggi, sehingga kemungkinan pemain terpleset kecil. Dari sisi kerataannya material parquette ini memiliki efek yang bagus bagi laju bola. Oleh karena itu, terkadang lapangan jenis parquette ini lebih banyak digunakan untuk bermain basket. Tetapi jika sistem GOR yang menggunakan lapangan untuk bebrgai jenis olahraga, lapangan futsal tipe ini sering digunakan.

Lapangan Futsal Interlock

Mungkin dari sebagian kecil lapangan interlock sangat eksklusif, karena sering digunakan untuk berbgaai event futsla nasional maupun internasional. Interlock futsal ini sering juga digunakan untuk olahraga badminton pada level internsional.

Dengan menggunakan lapangan interlock, maka lapangan tidak akan cepat usang, karena bahan interlock merupakan bahan yang sangat awet meskipun dipergunakan setiap hari. Lantai interlock futsal ini akan sangat nyaman dipakai untuk olahraga futsal. Begitu pula harga interlock lapangan futsal sangat terjangkau. Dan sudah ada beberapa kontraktor penyedia bahan dan instalasi lapangan futsal jenis interlock ini.

Kesimpulan

Berbagai bahan lapangan futsal tentu sesuai dengan selera komunitas masing-masing. Saat olahraga tentunya kita harus memilih jenis lapangan yang nyaman dan aman dari segala bentuk cedera. Dengan mengetahui beberapa karakteristik lapangan futsal diharapkan bisa bermanfaat di dunia olahraga. Semoga artikel tentang olahraga ini sangat bermanfaat dan samapai jumpa di artikel selanjutnya,

5 / 5 ( 1 vote )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here