Categories: Lifestyle

Pentingnya Peran Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Era Digital

Share

Berbagai cara bisa dilakukan agar pendidikan di Indonesia bisa berjalan dengan lancar, meskipun saat pandemi ini. Seperti yang kita tahu, proses belajar mengajar agak sedikit terhambat oleh keadaan yang memang sebenarnya tidak kita inginkan ini.

Kemajuan teknologi di era digital ini tidak serta merta mengubah pola pendidikan ke ranah digital. Perubahan proses belajar mengajar yang tidak seperti biasanya ini menimbulkan sebuah masalah baru dan adaptasi yang membutuhkan waktu bagi sebagian guru yang belum terbiasa dengan teknologi. Terutama di daerah yang belum terjangkau internet.

Belajar Mengajar di Guruinovatif.id

Kegiatan belajar mengajar daring atau sering disebut PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) , adalah sebuah kebijakan yang mau tidak mau harus dilakukan oleh semua elemen guru dan siswa di berbagai tingkat pendidikan di Indonesia. Agar jalannya sistem pendidikan terus berjalan dengan lancar. Tapi Belum sampai disitu, banyak kendala yang harus dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.

Hal ini memang menjadi menarik jika dibahas tentang sejarah belajar mengajar yang pernah aku lalui saat aku duduk di bangku sekolah. Perbedaan jaman memang sangat terasa. Tapi aku bersyukur karena itu berarti ada proses perubahan kearah yang lebih baik untuk pendidikan Indonesia.

Guru tak hanya menguasai dalam 1 bidang mata pelajaran, akan tetapi dengan kemajuan teknologi, seorang guru harus memiliki wawasan di bidang keilmuan lainnya. Proses belajar mengajar secara online juga bisa memicu pola pikir seorang guru untuk berusaha lebih baik lagi agar materi pelajaran bisa tersampaikan dengan baik kepada para muridnya.

Perbedaan Cara Mengajar Dulu dan Sekarang

Seiring perubahan teknologi, tentunya terdapat perubahan cara belajar mengajar jaman aku sekolah dan jaman sekarang. Ada beberapa hal keadaan belajar mengajar di lingkungan pendidikan jaman dulu yang terasa sangat berbeda dengan sekarang. Secara tidak langsung aku mengalami sistem pendidikan jaman dulu. Apa saja sih perbedaannya? Yuk, kita kupas satu per satu.

Cara Mengajar

Kebanyakan cara mengajar yang dilakukan oleh guru pada jaman dahulu adalah penjelasan teori yang lengkap dari mulai poin A sampai poin Z, sehingga murid hanya bisa mendengarkan. Kegiatan cara belajar yang terlalu text-book seperti ini melekat erat dengan image sekolah jaman tahun 2000 kebawah.

Cara seperti ini akan membuat murid hanya berpatokan pada gurunya saja, dan enggan berinisiatif untuk mencari wawasan di lingkungan sekitarnya.

Sedangkan untuk cara mengajar jaman sekarang, lebih menjelaskan materi secara singkat, selebihnya para murid yang mencari mandiri penjelasan yang lengkap tentang materi sebuah pelajaran tersebut. Dengan begini nalar para murid akan semakin terasah. Karena mau tidak mau mereka akan mencari materi ke berbagai platform seperti internet dan lain sebagainya.

Cara Mendidik secara Psikologis

Guru jaman dulu terkenal dengan kesan killer. Karena guru sangat disegani oleh para murid. Biasanya memang ada guru yang memiliki wibawa jika mengajar, sehingga para murid tidak berani melawan guru sedikitpun. Dan ini adalah faktor psikologis yang kurang baik, karena anak akan lebih tertekan jika dinasihati oleh gurunya. Tetapi memang tidak semua guru jaman dahulu seperti itu.

Sangat berbeda dengan jaman sekarang, guru terkesan lebih halus dalam menasihati muridnya. Sehingga terkadang nasihat itu hanya bisa didengar dan sebetulnya lingkungan sekitar lah yang menentukan psikologis anak tersebut.

Advertisements

Sarana dan Prasana Mengajar

Jaman dulu sarana yang terbatas memang menjadi sebuah kebiasaan, ditambah dengan teknologi yang belum secanggih sekarang. Guru jaman dulu hanya menggunakan kapur dan papan tulis, sesekali dengan menggunakan peta/ atlas sebagai alat peraga.

Related Post

Sedangkan sekarang, kita bisa menggunakan fasilitas internet untuk mencari wawasan. Para guru dituntut untuk lebih mengikuti jaman modern yang berkembang ini. Untuk menjelaskan sebuah materi, biasany memakai Power Point , karena dengan visual yang bagus, para murid akan mudah menangkap dan tidak mudah bosan.

Perkembangan Teknologi

Dijaman dulu, untuk membuat sebuah presentasi. Para guru harus bersusah payah membuat file OHP di kertas transparant.Dengan begini, murid akan menangkap materi yang akan disampaikan oleh guru.

Sedangkan di jaman sekarang, teknologi semakin canggih. Guru dituntut untuk mengerti dengan teknologi yang bisa digunakan sebagai sarana media pembelajaran. Selain itu, informasi yang selalu update dari internet, akan membantu menyampaikan materi yang mudah dicerna oleh para murid. Dengan begini teknologi memang semakin mendukung kegiatan pembelajaran.

Peningkatan Mutu Pendidikan di Era Digital

Sistem pendidikan di era digital ini selalu menggunakan teknologi informasi untuk mendukung kegiatan belajar mengajar yang mudah dicerna dan dipahami. Sebagian besar guru yang sebelumnya selalu menggunakan media lama untuk mengajar, dituntut harus mengikuti jaman.

Masalah ini memang sedikit kompleks, karena kebanyakan daerah pelosok belum masuk internet, selain itu sarana seperti komputer dan lain sebagainya masih belum bisa dinikmati. Masalah ini memang seperti hal kecil, akan tetapi masalah ini harus kita cari solusi bersama-sama.

Apalagi untuk seorang guru yang belum begitu paham tentang dunia teknologi, dengan sistem pembelajaran secara online, tentunya ini akan menjadi sebuah masalah jika dibiarkan begitu saja. Perlunya pelatihan guru mengenai cara, tips mengajar yang baik tentu akan menjadi sebuah solusi untuk meningkatkan softskill dari seorang guru.

Melalui pelatihan guru yang tersistem dan bisa melalui sebuah platform, Guruinovatif.id hadir menjadi sebuah solusi yang bisa membantu guru dalam mengikuti pelatihan guru, sertifikasi guru, maupun tempat belajar guru agar kemampuannya lebih berkembang di era digital.

Sekilas Tentang Guruinovatif.id

Guruinovatif.id adalah sebuah platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru. Membangun keterampilan mengajar dengan kursus, webinar, dan sertifikasi. Guru Belajar Mengajar di GuruInovatif.id ini memang sebuah hal yang baru di era digital.

Dibawah naungan HAFECS (Highly Functioning Education Consulting Services) yaitu sebuah lembaga yang didirikan Yayasan Hasnur Centre. HAFECS hadir menjadi salah satu divisi di bidang training guru sebagai upaya untuk mendorong percepatan transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan metode pengajaran di kelas dan metode pembelajaran serta pengembangan kurikulum sekolah.

Yang pasti HAFECS sangat mendukung kualitas guru di Indonesia agar sistem pendidikan berjalan dengan baik dan berkembang dari waktu ke waktu.

Rate this post
Sponsored
Aldhi Fajar Maudhi

Leave a Comment

View Comments

  • Setelah anak belajar daring baru kita tau betapa beratnya jadi guru.

    Dan anak2 jg jadi tau gurunya tak segalak emaknya kalo ngajar ^_^

  • Huwoowww guru era digital emang dituntut banget yess lek supaya bisa memaksimalkan teknologi dan mengikuti pelatihan di guruinovatif.id hehehe

  • platform pembelajaran online di masa pandemi seperti sekarang ini menjadi solusi terbaik untuk keberlangsungan dunia pendidikan agar generasinya tidak ambyar...

    • Betul, harus benar-benar maksimal pokoknya. Jadi anak-anak juga bisa lebih cepat paham apa yg diajarkan gurunya

Published by
Aldhi Fajar Maudhi

Recent Posts

Tips Memilih Pinjaman Online yang Tepat

Dana mendadak menjadi masalah yang muncul saat darurat untuk anggaran pribadi. Memilih pinjaman online salah… Read More

16 hours ago

Mengenal Jenis Lapangan Futsal

Kenyamanan ketika melakukan olahraga futsal adalah dari jenis lapangan futsal. Karena faktor lapangan bisa mempengaruhi… Read More

5 days ago

Mengintip Kenyamanan Fitur Digital Banking Syariah

Dewasa ini, fasilitas perbankan sudah canggih dan banyak membantu para nasabah. Aktivitas perbankan menjadi semakin… Read More

2 weeks ago

Ragam Kemudahan Layanan Banking BRI

Internet Banking BRI merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh bank BRI kepada para nasabah… Read More

2 weeks ago

Menentukan Arah Kiblat yang Benar

Semanjak dahulu kala, sejarah arah kiblat memang berubah-ubah oleh karena itu menentukan arah kiblat memang… Read More

2 weeks ago

Mengenal Kubah Galvalum dan Enamel untuk Masjid

Salah satu komponen arsitektur yang sudah ada sejak jaman dahulu adalah kubah. Mari kita mengenal… Read More

2 weeks ago