Peran Penting Trademark Indonesia

0
37

Jika kita jelaskan dengan cara yang sederhana, maka trademark indonesia adalah sebuah merek dagang yang resmi didaftarkan di Indonesia, sehingga sistem operasional dan sistem keberadaan usahanya pun juga akan terdaftar secara resmi di Indonesia dan didasarkan dengan ketentuan yang ada di Indonesia.

Selain itu, trademark juga sering dikaitkan dengan karakteristik dari sebuah produk, karena di dalamnya akan ada frasa, kata, slogan, maupun simbol yang berfungsi untuk membedakan keaslian produk dengan produk lain yang sejenis. Maka dari itu, setiap produk, usaha, maupun jasa pasti akan memiliki trademark yang berbeda-beda, karena trademark akan menjadi karakter dari suatu hal yang sedang ditawarkan.

Sementara itu, meskipun istilah trademark sendiri sudah cukup populer di kalangan pelaku usaha maupun seseorang yang bekerja di bidang bisnis lainnya, akan tetapi masih ada kemungkinan beberapa pelaku usaha yang masih pemula, belum mengetahui secara jelas manfaat dan fungsi dari trademark ini sendiri. Padahal, jika kita jabarkan secara rinci, trademark akan memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan bisnis pada suatu perusahaan tertentu.

Pentingnya Trademark Indonesia

Apa Peran Trademark Indonesia dalam perkembangan bisnis pada suatu perusahaan tertentu?

Selain memahami definisi dari trademark itu sendiri, Anda juga perlu memahami dan mengenali apa saja peran trademark dalam perkembangan bisnis pada suatu perusahaan tertentu. Sebab, trademark dikatakan memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan bisnis, sehingga jika seorang pelaku usaha ingin produk maupun jasa yang ditawarkan bisa dikenal publik secara luas, sangat disarankan untuk mendaftarkan trademark pada produk atau jasa tersebut terlebih dahulu.

Sekarang, mari kita bahas satu per satu peran penting trademark dalam perkembangan bisnis pada suatu perusahaan tertentu, antara lainnya adalah:

1. Alat Komunikasi yang Efektif

Trademark dikatakan memiliki peran yang sangat penting dalam proses komunikasi kepada para calon konsumen. Pasalnya, salah satu bentuk dari trademark adalah logo, dan logo ini dapat menjadi tool yang sangat efektif untuk mengkomunikasikan informasi bisnis kepada para calon konsumen maupun target pasar dari bisnis Anda tersebut.

Ketika logo yang Anda buat berhasil menarik perhatian publik, maka para calon konsumen dapat dengan mudah mengetahui produk apa yang sedang dijual, sehingga hal ini tidak mengharuskan calon konsumen untuk bertanya langsung ke perusahaan yang bersangkutan.

2. Memberi Kemudahan Kepada Pelanggan untuk Menemukan Produk yang Diinginkan

Selain memiliki peran yang sangat penting dalam proses komunikasi terhadap para calon konsumen, trademark juga dikatakan sangat bermanfaat karena dapat memberi kemudahan kepada para calon pelanggan untuk menemukan produk yang diinginkan dan sedang Anda tawarkan.

Hal ini bisa dilihat dari fungsi utama trademark itu sendiri, yang antara lainnya adalah untuk membedakan produk yang Anda tawarkan dengan pesaing bisnis atau produk sejenis ini lainnya yang bukan dari perusahaan Anda. Maka dari itu, dengan adanya trademark yang mampu memberikan informasi jelas terkait produk-produk yang Anda jual, maka calon konsumen atau pelanggan dapat lebih mudah untuk menemukan produk yang mereka inginkan dalam beberapa produk yang sedang Anda jual tersebut.

3. Menghindari Terjadinya Plagiarisme

Dan fungsi atau peran penting dari trademark yang terakhir adalah untuk menghindari terjadinya plagiarisme yang akan merugikan perusahaan. Sebab, seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, fungsi utama dari trademark adalah sebagai pembeda antara produk yang Anda jual dengan produk sejenis lainnya yang dijual oleh pesaing bisnis Anda.

Maka dari itu, dengan demikian Anda bisa menghindari terjadinya plagiarisme jika Anda mampu membuat dan mendaftarkan trademark yang unik dan sesuai dengan produk yang sedang Anda jual.

Sampai sini bisa disimpulkan bahwa trademark Indonesia wajib dibuat dengan memikirkan keunggulan produk Anda, supaya apa yang ingin Anda sampaikan dalam trademark tersebut mampu tersampaikan ke publik dengan cara yang tepat dan baik.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here