Proses Jasa Daftar Merek Dagang

0
48

Bila anda sedang dan akan memulai suatu bisnis, hal yang utama dilakukan adalah melakukan pendaftaran terkait nama merk yang akan dijalankan. Dalam prosesnya, pendaftaran nama usaha anda ini memang tidak bisa dibilang mudah tetapi juga bukan hal yang rumit untuk dilakukan. Berikut sedikit ulasan terkait proses daftar merek dagang online.

Proses Jasa Daftar Merek Dagang

5 Proses Cara Daftar Merek Dagang

Melakukan Riset Tentang Merek Yang Akan Dipakai

Untuk mendaftarkan merek dagang anda, hal pertama yang harus anda wajib lakukan anda melakukan riset. Riset atau penelitian yang anda lakukan ini bertujuan untuk menghindari pemakaian nama merek yang sama untuk beberapa produk. Karena bila anda nantinya memliki nama yang sama dengan produk lain, hasil pendaftaran merk anda akan tertolak.

Untuk membantu anda dalam melakukan riset, anda bisa menggunakan bantuan google atau portal digital lainnya untuk melakukan pencarian atas nama merek yang sudah anda miliki. Tetapi bila anda ingin melakukannya menjadi lebih efisien, anda juga bisa menggunakan Jasa Pendaftaran untuk memudahkan kegiatan usaha anda.

Proses Pendaftaran dan Persyaratan Pengajuan Merek Dagang

Proses yang harus anda lalui berikutnya adalah proses pendaftaran. Proses pendaftaran ini bisa anda lakukan online melalui website terkait. Tetapi sebelum itu ada beberapa berkas yang harus anda siapkan untuk nantinya akan anda unggah di halaman pendaftaran website tersebut.

Beberapa berkas yang harus disiapkan seperti, 30 Contoh merek berukuran antara 2 x 2 cm sampai 9 x 9 cm, daftar barang atau jasa yang akan diberi merek, Surat Pernyataan kepemilikan, Surat Kuasa (jika diperlukan), Fotokopi KTP pemohon dan Fotokopi NPWP (khusus pemohon perusahaan.

Proses Pemeriksaan Berkas

Setelah melakukan registrasi melalui website secara online, berkas yang anda kirimkan nantinya akan melalui proses pemeriksaan. Dan bila ada beberapa kekurangan atau kesalahan berkas, pihak terkait akan meminta perbaikan dan kelengkapan berkas dalam kurun waktu dua bulan maksimal.

Setelah dipastikan semua berkas lengkap sesuai syarat yang ditentukan, masih akan adan proses pemeriksaan proses tahap selanjutnya. Pemeriksaan terkait isi dalam berkas yang dilampirkan ini akan membutuhkan waktu kurang lebih sembilan bulan maksimal. Waktu pemeriksaannya terhitung dari saat berkas lengkap masuk.

Proses Pengajuan Keberatan

Setelah berkas pengajuan pendaftaran merk dagang disetujui, biasanya pihak terkait akan menerbitkan list permohonan tersebut dalam halaman website resmi setelah 10 hari kemudian. Pengumuman resmi ini akan berlangsung selama kurang lebih tiga bulan. Tetapi, setelah melalui proses panjang, masih ada yang harus diperhatikan selanjutnya.

Yaitu pengajuan proses keberatan atau masa sanggah. Bila keputusan yang berkaitan tentang merk dagang anda tidak sesuai menurut anda sebagai pihak pemohon, anda mengajukan banding atas keputusan tersebut. Keberatan akan dilakukan secara tertulis dan diberi masa waktu sanggah yaitu maksimal dua bulan sejak penerimaan.

Pemeriksaan Berkas Kembali

Setelah melakukan sanggahan terkait keputusan yang dirasa belum sesuai, pihak terkait akan melakukan pemeriksaan kembali. Untuk proses sanggahan ini biasanya akan berlangsung lebih cepat yaitu maksimal dua bulan sejak waktu berakhirnya pengumunan resmi. Penggunaan jasa pendaftaran merek juga bisa menjadi pilihan bila anda agar lebih efisien waktu dan tenaga.

Proses yang dijalani untuk mendaptkan merek dagang anda sendiri ungkin bukan proses yang mudah untuk dilalui. Walaupun terkesan rumit dan membutuhkan waktu yang lama, tetapi proses satu ini memang salah satu yang terpenting dalam memulai usaha. Perencanaan awal yang matang dan penuh pertimbangan sangat disarankan sebelum anda memulai usaha

5/5 - (1 vote)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here