Rekening Bank untuk Berbagai Macam Kebutuhan

0
15

Sampai detik ini, tentu ketika ditanya apa arti dari rekening, sulit untuk menjelaskannya. Berkaitan penggalan arti dari rekening bank, rekening dalam kbbi diartikan sebagai hitungan pembayaran atau uang berlangganan, uang sewa dan sebagainya. Sementara menurut definisi OJK (Otoritas Jasa Keuangan), rekening adalah pencatatan sistematis dalam lembaran buku besar mengenai perubahan nilai dari segala harta atau pemilikan, pendapatan, pengeluaran, dan utang subjek tertentu yang dibuat dari waktu ke waktu; apabila seseorang disebutkan mempunyai akun pada bank, berarti orang tersebut mempunyai simpanan atau hutang di bank

Rekening Bank

Macam-Macam Rekening Berdasarkan Istilah

Rekening memiliki macam-macam berdasarkan istilahnya, berikut ini penjelasannya:

Rekening Tabungan 

Rekening tabungan umumnya dipergunakan oleh nasabah setelah memperoleh buku tabungan dan kartu ATM saat menyelesaikan pembukaan rekening dengan customer service bank. Biasanya disertakan Personal Identification Number (PIN) untuk menjaga kerahasiaan dalam kegiatan bertransaksi apapun. Rekening tabungan berisikan simpanan uang yang dapat ditarik kapan saja asal memiliki fasilitas ATM.

Rekening Giro atau current account 

Giro memiliki perbedaan dengan rekening tabungan. Menurut pasal 1 butir 6 UU perbankan tahun 1988, Giro dijelaskan sebagai simpanan yang penarikannya bisa dilakukan kapan saja dengan menggunakan bilyet giro atau cek. Giro juga dimiliki oleh semua kalangan dan tidak terbatas pada individual. Giro dapat dimanfaatkan untuk badan usaha, foundation, pemerintah, dan lembaga keuangan yang lain. Selain itu, ada dua tipe untuk giro sendiri, ada yang berbentuk giro valas dan rupiah.

Deposito

Deposito adalah jenis simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan dalam waktu tertentu dan syarat-syarat tertentu. Deposito merupakan aktivitas penyimpanan uang dalam rekening, baru dapat dicairkan setelah jatuh tempo dengan durasi waktu 1, 3, 6 hingga 12 bulan.

Rekening Dana Nasabah (RDN)

Rekening Dana Nasabah (RDN) merupakan jenis rekening khusus yang dipakai oleh nasabah dalam melakukan transaksi pasar modal, kegiatan investasi dengan sekuritas.

Rekening Aktif 

Rekening aktif adalah rekening bank terus ada pergerakan aktivitas bank meliputi penarikan maupun penyetoran.

Rekening Mati 

Rekening mati adalah rekening yang sudah tidak digunakan lagi untuk penyetoran atau penarikan dana.

Rekening Bersama

Rekening bersama adalah konsep layanan rekening pertama yang menampung transaksi online antara penjual dan pembeli. 

Manfaat Pengguna Rekening

Penggunaan rekening bank dapat menjadi sebuah kebermanfaatan karena dengan hadirnya rekening berguna untuk menyimpan sejumlah dana, menjaga keamanannya serta mempermudah dalam menjalankan transaksi usaha, bisnis, dan kebutuhan. Berikut ini beberapa manfaat ketika memiliki rekening, ada setidaknya empat manfaat yang dapat dimanfaatkan sebagai pengguna rekening. 

  • Praktis dalam bertransaksi

Rekening memungkinkan penggunanya melakukan pembayaran secara elektronik, misalnya melalui ATM, kini dapat dilakukan di aplikasi yang tersedia di Hp ataupun di laptop, barang tentu harus ada aplikasi mobile bankingnya.

  • Aman dan menguntungkan

Pengguna rekening juga akan merasa lebih nyaman dan merasa aman karena uangnya disetor ke bank, risiko dalam hal kemalingan, terselip, atau kehilangan menjadi semakin bisa diminimalisir. Kedua, memiliki dana darurat karena terdapat simpanan di bank, dan ketiga terdapat bunga dari tabungan tertentu yang akan diuntungkan sebagai pengguna bank.

  • Banyak program berhadiah

Keuntungan lain memiliki rekening biasanya mendapatkan menarik cashback atau promo-promo berhadiah yang menarik.

Pembukaan Rekening Bank Online PermataME

Dalam hal ini, PermataMe hadir memberikan kemudahan dan kecepatan dalam proses pengajuan rekening bank. Kamu cukup mengunduh aplikasi PermataMobile X, dan pilih PermataMe. Kemudian setelah itu, kamu bisa melakukan pembukaan rekening bank melalui 2 cara berikut:

Bagi Nasabah yang sudah mempunyai rekening bank Permata:

  • Unduh PermataMobile X dari Play Store atau App Store.
  • Klik ‘mulai’
  • Klik ‘ya’ pada pertanyaan ‘Apakah kamu memiliki rekening PermataBank?’
  • Klik ‘tidak’ untuk pertanyaan ‘Apakah kamu memiliki user ID PermataBank?’
  • Klik ‘nomor rekening’ 
  • Masukkan nomor rekeningmu, 
  • Masukkan PIN kartu debit, dan captcha yang muncul.
  • Pilih nomor HP yang aktif 
  • Masukkan alamat email
  • Buat user ID, 
  • Buat Password, dan Mobile PIN
  • Masukkan kode respon yang diterima
  • Pilih jika kamu ingin mengaktifkan fitur login dengan sidik jari atau tidak

Bagi Nasabah yang belum memiliki rekening bank PermataBank:

  • Unduh aplikasi mobile banking PermataMobile X dari App Store atau Play Store
  • Klik ‘mulai’ 
  • Klik ‘tidak’ pada pertanyaan ‘Apakah kamu memiliki rekening PermataBank?’
  • Sistem akan menuntunmu ke PermataStore untuk memilih produk tabungan mana yang ingin kamu miliki. Ikuti petunjuk pengajuannya hingga selesai

Kiranya demikian mengenai seluk beluk rekening, kebermanfaatan rekening dalam menunjang kebutuhan harian dalam jangka pendek maupun berlanjut jangka panjang. Begitulah prosesnya hingga sampai ke titik pembahasan pada salah satu produk tabungan online, yaitu PermataME yang dengan tajuk utama komitmennya hidup dengan gaya kekinian ala pemuda milenial.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here