Saatnya Menginspirasi dengan Berkreasi Melalui Inovasi

Bicara tentang resolusi, sejenak aku berpikir “Apa sih resolusi?, gunanya apa?”. Pasti kalian semua juga pernah kan, berpikiran seperti itu. Seperti tahun 2018 kemarin, sepertinya baru kemarin aku mencatat list harapan di 2018, dan sekarang sudah awal tahun 2019 aja.

Banyak harapan yang terpikir pada tahun 2018 kemarin. Tahun dimana hampir semua targetku yang kurencanakan pada awal tahun semua tercapai. Semua aku lalui dengan banyak rintangan, penuh pengorbanan,penuh semangat, dan Alhamdulillah semua itu tercapai dengan hasil yang cukup memuaskan.

Timbul keinginan untuk mengulang harapan yang tercapai di tahun sebelumnya, bukan tidak mungkin di tahun ini aku juga ingin membuat beberapa point penting yang harus dicapai di tahun 2019 ini. Ya meskipun baru sekedar resolusi, tapi harus niat dan sungguh-sungguh.

Resolusi, Inspirasi, Kreasi, dan Inovasi

Berbeda dengan tahun sebelumnya, di tahun 2019 ini aku ingin melakukan hal yang belum pernah aku lakukan di tahun kemarin. Dengan semakin berkembangnya teknologi, terpikirkan sesuatu yang bisa membuatku lebih berkembang lagi yaitu sebuah resolusi yang bisa menciptakan inspirasi bagi semua orang dengan melakukan sebuah kreasi melalui sebuah inovasi yang baru.

Keempat kata itu akan kuolah menjadi sebuah cerita, harapan, dan tentunya akan menciptakan sebuah wawasan baru yang bisa berguna bagi semua orang, dan terutama bagi kerabat dan lingkungan sekitar. Kelak jika tercapai, tentunya akan menjadi sebuah pengalaman yang luar biasa dalam hidup.

Karena apapun yang akan kita lakukan, tentunya sudah dipikirkan secara matang dulu sebelumnya, bisa mempengaruhi orang lain dengan hal yang positif, tentunya akan menambah puas dan bangga bagi diri sendiri. Itulah salah satu alasan untuk membuat resolusi yang berbeda untuk tahun 2019 ini.

Resolusi = Inspirasi + Kreasi+ Inovasi

Tantangan menjadi seorang Content Creator

Hal baru yang aku tekuni di akhir 2018 adalah mencoba menghasilkan karya yang bisa bermanfaat dengan menjadi seorang content creator. Content creator adalah seseorang yang bisa menghasilkan karya melalui platform media yang bisa diinformasikan kepada para pembacanya. Tugas utamanya pasti membuat konten.

Konten yang disampaikan bisa berupa video, blog, postingan dan lainnya yang disampaikan kepada para pembaca. Konten ini bisa bersifat berbagi pengalaman, informasi, dan wawasan yang bermanfaat. Sepertinya di tahun babi ini content creator baru banyak bermunculan dan semuanya kreatif.

Meskipun aku belum mengisi sepenuhnya waktu dalam sehari untuk menjadi content creator, karena di lain sisi aku merupakan seorang karyawan swasta yang bergerak di bidang advertising. Memang sedikit nyambung jika aku memilih menjadi seorang content creator.

Tantangan terberat adalah ketika aku harus menyampaikan apa yang dirasakan oleh diri sendiri dengan jelas dan bisa memberikan nilai nilai yang mungkin bisa bermanfaat bagi para pembacaku. Karena membagikan sesuatu itu tidak mudah, harus mempunyai karakter tersendiri, tersturktur, dan goal-nya adalah bisa menginspirasi generasi milenial menuju hal yang lebih positif.

Tentunya aku harus mempertajam berbagai kemampuanku dalam membuat konten, baik video, tulisan, maupun post media sosial. Karena itu adalah hal utama yang harus diprioritaskan jika aku sudah memilih menjadi seorang content creator.

Pilihan ini bisa dikatakan sebuah inovasi dalam kehidupanku, karena ini merupakan sesuatu hal baru yang belum pernah aku lakukan sebelumnya. Berinovasi untuk mencari ide dalam menyampaikan sebuah karya. Ide yang tertuang ini akan dikreasikan dalam sebuah konten yang seharusnya bisa menginspirasi banyak orang dalam hal positif. Yak ini resolusi!

Sebagai kalangan milenials di zaman dengan teknologi yang semakin berkembang ini, aku harus memperbaiki diri sendiri dan hal-hal simple di sekitar kita sebelum bisa memberikan manfaat bagi orang lain.

Banyak media yang bisa dijadikan patokan dan bisa dikembangkan dengan baik untuk menjadi sesuatu hal yang berguna dan bermanfaat. Tentunya harus diasah dengan media pembelajaran yang mendukung untuk kedepannya. Lalu, apa saja sih resolusiku di tahun 2019 ini?

Menjadi pribadi yang lebih baik

Banyak hal dan sifat yang negatif dari diriku, sebagai manusia biasa hal tersebut menurutku wajar. Perubahan menjadi yang lebih baik merupakan salah satu resolusi utamaku pada tahun ini, karena bagaimanapun jika didasari dengan sikap yg positif, maka selanjutnya akan tercipta pondasi untuk tetap berkreasi, agar tetap bisa menginspirasi orang lain dengan berkeasi melalui sebuah inovasi.

Untuk mencapai itu semua, tentunya diperlukan usaha dan niat dari dalam diri sendiri. Karena aku berprinsip “Jika kemarin perjalanan hidup sudah baik, tentunya besok harus lebih baik dari kemarin”. Semoga dengan niat yang tulus dan ikhlas, aku bisa lebih memperbaiki diri daripada hari kemarin. Dimulai dari kita, maka secara tidak langsung juga akan menular ke sekitar kita.

Mempunyai laptop yang mumpuni untuk mendukung kreativitas

Untuk mendukung kreatifitas dalam menghasilkan sebuah karya, tentunya harus difasilitasi dengan gawai yang mumpuni. Sebelum terjun untuk membuat konten sepertinya harus dipersiapkan laptop dengan spesifikasi terbaik. Dengan tujuan untuk menghasilkan konten yang baik dalam penyampaian informasi kepada para pembaca.

Untuk saat ini, aku masih mempergunakan laptop dengan spesifikasi standart, aku mempunyai harapan jika aku diberi rejeki, aku ingin memperbaharui laptop dengan yang lebih baik. Karena kedepannya aku akan merencanakan konten berupa video berkualitas HD, desain grafis yang eye-catching, dan tulisan yang berkualitas tentunya.

Mempengaruhi lingkungan sekitar dengan hal positif

Hal selanjutnya adalah membuat apa yang ada di sekitar kita bisa menjadi lebih positif. Membuat orang terdekat kita menjadi lebih kreatif dan produktif adalah wajib hukumnya. Kenapa? karena dengan disugesti dengan sesuatu yang positif maka kedepannya kita akan selalu berbuat positif.

Kebetulan aku ingin membuatkan istriku sebuah blog yang mungkin bisa dimanfaatkan untuk blog pribadi ataupun berjualan online, karena yang aku lihat istriku hobi menulis juga dan lulusan fakultas ekonomi, jadi cocok lah kalau misal membuat blog pribadi sekaligus bisa berbisnis dengan berjualan online.

Selama ini dia yang selalu memberi saran dan kritik ketika aku menulis. Aku sempat berujar kepadanya,“kenapa ga sekalian aja bikin blog?” . Tetapi dia selalu khawatir gimana cara memasarkan blognya di Internet. Akhirnya aku memutuskan untuk mencari kursus tentang Digital Marketing di mesin pencarian.

Muncul salah satu tempat kursus Digital Marketing yang paling recommended yaitu DUMET School. Setelah mempelajari di webnya ternyata disini mempelajari tentang mendapatkan customer di internet dengan cepat, mudah dan efektif.

Mungkin untuk 2019 ini aku akan membuatkan istriku sebuah blog, dan nantinya akan dikelola oleh istriku secara langsung. Lambat laun pasti dia akan terbiasa dengan dunia blog, hehehe.

Membuat tulisan yang konsisten di blog

Dengan memutuskan untuk menjadi seorang “Calon Blogger”, aku harus bisa mengasah kemampuan menulisku. Tidak hanya tentang menulis akan tetapi konten tulisanku harus dibarengi dengan visual yang enak dipandang mata. Selain itu isi tulisan yang mudah dicerna pembaca juga menjadi salah satu tujuan utamaku.

Usia blogku ini memang belum berumur, tapi aku ingin membuat tulisan yang konsisten kedepannya. Berkreasi melalui tulisan memang tidak mudah, apalagi menciptakan sebuah inovasi di dalam tulisan tersebut, tentunya banyak hal yang harus aku pelajari kedepannya.

Aku akan selalu berusaha dengan maksimal, untuk membuat tulisan yang bermanfaat dan bisa menginspirasi kalangan milenials. Apalah arti sebuah tulisan jika didalamnya tidak ada sebuah nilai yang bisa kita dapatkan.

Mempelajari dan mengaplikasikan platform Youtube

Youtube merupakan salah satu media yang paling banyak diminati oleh kaum millenials, banyak manfaat yang bisa didapatkan dari Youtube. Untuk membuat sebuah konten di Youtube, harus dibarengi dengan kemampuan editing video yang mumpuni. Nah, untuk yang satu ini aku belum begitu memahami seluk beluk editing video.

Aku belum pernah membuat konten di Youtube, akan tetapi aku ingin menciptakan sebuah kreasi dengan sebuah inovasi yaitu melalui Youtube. Bisa? tentu harus bisa, aku akan berusaha mempelajari editing video.

Setelah searching di mesin pencari, aku menemukan tempat kursus yang bagus dan harus dicoba, karena menyediakan kursus video editing. Salah satu yang terbaik menurutku adalah DUMET School. Program yang diberikan tentang editing video adalah kursus motion graphic. Disini akan mempelajari tentang editing video dan lainnya.

Resolusi di tahun ini tidak muluk-muluk. Cukup point yang telah aku jelaskan diatas saja yang harus tercapai. Dengan menggabungkan semua harapan itu, aku ingin mengemas itu semua dalam sebuah konten yang tentunya dipadu dengan kreasi dan sebuah inovasi.

Karya yang mungkin belum ada sebelumnya, kemudian bisa menciptakan ide-ide baru yang bisa kutuangkan dalam sebuah konten, semua itu akan aku hadirkan kepada para pembaca. Dan harapanku setelah itu adalah bisa menginspirasi para pembaca ke hal yang lebih positif dengan sbeuah kreasiku yang sbelumnya telah terencana melalui sebuah ide dan inovasi.

Dengan menginspirasi banyak orang, secara tidak langsung aku juga belajar bahwa sebuah karya yang bernilai positif itu butuh perjuangan dan pemikiran yang tersusun. Bagaimana bisa mengkolaborasikan sebuah ide ke dalam suatu karya dengan melakukan sedikit kreasi untuk meciptakan konten yang bermanfaat. Itu saja sudah membuatku cukup bangga dengan apa yang telah aku lakukan.

Untuk mencapai resolusiku tadi sepertinya masih ada hal yang belum aku kuasai yaitu tentang editing video, sedangkan istriku juga bisa kusarankan untuk mengikuti kursus digital marketing. Tentunya DUMET school akan menjadi pilihan yang terbaik untuk memecahkan masalah itu semua. Nah apa saja sih yang kita dapat dari kedua kursus tersebut. Dan kebetulan tahun 2019 ini DUMET School ada promo nih. Yuk kita bahas!

Kursus Digital Marketing

Digital marketing sangat penting bagi kalian yang mempunyai Bisnis. Baik bisnis online maupun offline. Bertujuan untuk teknik pemasaran secara digital. Sehingga bisnis anda bisa terpublikasi secara tepat dan sesuai pasar.

Semua kalangan bisa mengikuti kursus digital marketing di DUMET School mulai dari pemilik bisnis, staff profesional, freelancer, mahasiswa, fresh graduate, pelaku UKM dan siapapun yang mau bisa Digital Marketing. So jadinya kursus disini siapa aja bisa, buat kalian yang baru memulai bisnis pun bisa.

Cocok banget buat istriku nih, sebelum merintis usaha online nya, dia akan mendapatka skill dengan kursus di DUMET School. Apa aja sih yang bisa didapat setelah kursus digital marketing di DUMET School ini?

Kursus Digital Marketing DUMET School

Nah, kalau kalian punya inovasi baru tentang bisnisnya, harus ikut nih yang namanya Kursus Digital Marketing di DUMET School, banyak manfaat yang didapat jika mengikuti kursus ini. Dijamin nantinya kalian akan mendapatkan ilmu baru, kemampuan baru, bahkan bukan tidak mungkin kalian akan mendapat ide baru yang bisa menginspirasi kalangan millenials.

Untuk mencapai resolusiku, sepertinya aku harus belajar editing video, karena selama ini aku belum pernah sama sekali mendapatkan ilmu editing video. Paling juga belajar lewat Youtube. Dan aku merasakan, kalau belajar secara otodidak, otomatis semua ilmu tidak akan terserap secara tepat sasaran.

Tiba-tiba muncul pikiran, “kenapa aku harus belajar dari youtube? kenapa tidak aku saja yang membuat materi tutorial dari youtube?“. Pikiran gila ini memang bisa dibilang immposible. Menjadi sebuah content creator youtube memang perlu skill editing video yang mumpuni.

Kebetulan di DUMET School juga ada kursus Motion Graphic. Disini kita akan mendpaatkan pelajaran tentang belajar membuat bumper opening video, video promosi untuk iklan di youtube, facebook, & instagram. Pas banget kan? kalo aku nanti fokus di youtube, pastinya bakal banyak ilmu kalau aku kursus motion graphic di DUMET School. Apa aja sih yang bisa didapet di sini?

Kursus Motion Graphic DUMET School

Mengaplikasikan youtube menjadi sarana untuk membagikan konten memang tidak mudah. Jalan keluarnya memang hanya belajar dan berusaha. DUMET School menjawab impian kalian semua untuk bisa menjadi editor video handal. Tentunya kedepan kalian akan bisa membuat video dengan graphic kelas atas untuk menampilkan konten kalian.

Contoh Bumper Opening Video

Konten yang mudah dicerna oleh para pembaca dan konten yang menginspirasi tentunya. Kalau semua ini aku alami, pastinya bakal terwujud resolusiku di tahun 2019 yaitu mengaplikasikan youtube sebagai sarana berbagi konten yang bisa menginspirasi kalangan millenials. Semoga terelisasi. Amin.

Keuntungan Digital Marketing dan Youtube

Setidaknya resolusi 2019 ku adalah sebuah titik dimana aku harus mencapainya. Karena di tahun sebelumnya hampir semua resolusiku tercapai. Salah satu resolusi 2018 ku yang paling tinggi adalah menikah. 30 Agustus 2018 aku menikah dengan mantan pacarku yang sekarang menjadi istriku.

Banyak teman-teman disana yang mungkin belum siap atau takut menikah, memang betul semua itu aku rasakan sebelumnya. Tapi setelah dijalani, pasti disana ada jalan keluarnya. Menikah itu mudah, yang susah adalah resepsinya, hahaha. Percayalah teman, semua pasti indah pada waktunya. Itu benar kualami. Jadi, tunggu saja hari bahagia kalian ya 🙂

Di rumah tangga yang sederhana ini, aku ingin membagikan pengalaman atau sekedar berbagi kepada semua orang. Salah satu medianya adalah sebuah konten. Baik konten post, video, maupun konten di Medsos.

Menjadi seorang content creator yang hanya mempunyai konten itu tidak cukup. Akan tetapi bagaimana untuk membuat konten tersebut menjadi lebih menarik, sehingga bisa menjadi bermanfaat dan bisa menjadi inpirasi bagi semua orang. Disinilah saatnya, di tahun 2019 ini mari kita menginspirasi banyak orang dengan sebuah kreasi yang baru dan tidak umum. Membuat sebuah inovasi baru lah yang akan membuat tantangan ini semakin seru. Semoga aku bisa melewatinya. 🙂

Semoga semua resolusiku di tahun 2019 bisa tercapai, tentunya aku perlu dukungan dari teman-teman semua untuk merelaisasikannya. Selamat datang 2019, Segala hal yang positif akan selalu menemanimu di sepanjang tahun ini.

51 Comments

  1. Semoga semua resolusinya tercapai semuanya, ikut mendoakan mas Aldhi.
    Pengin juga sih ikutan belajar di Dumet buat belajar apapun tentang programmer content informatif dan editing video.

    1. Amin mas Himawan, makasih doanya.
      iya mas DUmet memang lengkap segalanya
      jadi pinter instant hehhee
      Semoga tahun ini ada yg tercapai resolusiku

      1. Amin, terwujudkan, mas.

        Ngomong-ngomong, aku ikut deg-degan lihat gaya foto levitasimu di pinggir tebing pantai, mas … , kuwi kalo sampe kecemplung laut piyeeee jal … ?
        Wwwwkkk 😀

  2. well, pertama semoga semua resolusinya bisa kesampaian mas! 🙂 spirit for that

    menurutku mempelajari danberadaptasi dengan dunia digital itu perlu banget, soalnya bukan siapa kuat dia menang lagi, tapi siapa cepat dia menang… siapa yang lebih dulu paham dan mengaplikasikannya di dunia digital bisa menjadi pemimpin.

    1. Dunia digital memang harus diaplikasikan mas, soalnya cepet berkembang seiring berjalannya waktu.
      semakin kesini semakin update terus,,
      amin makasih mas kunjungannya, salam kenal 🙂

  3. Belajar di DUMET bikin MUMET nggak mas? hahaha. emang kalo belajar sesuatu tuh harus ada gurunya, apalagi belajar digital marketing. Bisa sih belajar sendiri, cuma prosesnya lebih lama, sedangkan dunia digital itu berkembang sangat pesat. Bisa-bisa ketinggalan kalau ga dipelajari cepat-cepat.

    1. Yg bikin mumet tu malah konsistennya hahaha..
      Yuo dunia digital smeakin maju mas, jgnkan internet, smartphone aja makin canggih 10 tahun terakhir hehe

  4. Semoga tercapai semua resolusinya ya mas!
    Setuju, menjadi content creator itu perlu banyak ‘bahan’ yang dapat menginspirasi dan bermanfaat untuk banyak orang. Dan butuh perjuangan ekstra 😀

    1. Aminnn mbak
      Yup bener, dan bagaimana mengolah bahan itu menjadi bermanfaat itulah yg perlu diperhatikan.
      Susah susah gampang haha

  5. Semoga tercapai untuk istri dan Mas Aldhi, aamiin.
    Iya, untuk melakukan hal yang lebih baik lagi butuh ilmuny. Dengan belajar bisa membuat apa yang kita sampaikan di blog jadi lebih baik dan mudah. Pun ilmu pemasaran sangat berfaedah bagi pengembangan diri.
    Video editing itu susah ika dipelajari sendirian,, harus ada tutornya, Mas. Saya mah gak paham soal video namun suka nonton film bagus dan paham untuk ciptakan itu butuh perjuangan panjang. Yang penting penguasaan dasarnya dulu.Semoga tahun 2019 ini kebaikan menyertai Mas dan istri. Juga laptop idaman yang menunjang kinerja. Kalau saya mah sederhana saja karena tak bisa macam-macam, he he, Yang penting bisa dipakai kerja juga desain sesuatu untuk blog, paling gambar.

    1. Amin, semoga tercapai.
      untuk membuat sesuatu d blog itu emng butuh belajar mbak, kl aku caranya ya dengan berkunjung ke temen2 blogger lainnya.
      klo aku video editing yg paling urgent itu laptopnya mbak haha
      ngerender bisa berjam2 apalagi udh lemot banget hehe
      kl belajarnya biasanya via youtube atau kl mau lebih tertuju ya ikut kursus di DUMET school hehe

      1. Alat adalah hal utama bagi pekerja media digital, ya, semoga Mas Aldhi beroleh rezeki besar agar bisa beli laptop canggih. Netbook saya juga sudah uzur dari segi usia sampai kerusakan yang dialaminya.
        Dumet bagus sebagai tempat belajar, kita memang selalu butuh ilmu baru dari tempat yang tepercaya. Ada dasar-dasar yang harus dikuasaai dan hanya bisa diperoleh dari tempat belajar.
        Saya jarang buka Youtube, ternyata di sana banyak tutorial, ya. Saya pengen latihan karate lagi dari Youtube. Bagus untuk melayih fisik agar bugar juga otak agar tak cepat pikun, karena ada 2 kerja serempak yang harus dilakukan. Gerak dan ingatan akan gerak sendiri.
        Semoga sukses, ya, Mas. Bilajar memang bisa di mana saja sekarang ini. Digitalisasi yang merambah beragam, bidang pada dasarnya telah memudahkan kita.

        1. Yap mbak, alat dan media penunjang itu snagat penting untuk kreatifitas hehe,
          Dumet memang pilihan tempat yg cocok mbak buat kursus instant, cocok pokoknya kalo di DUMET.
          wah mbak Roh atlit karate kah?
          Amin mbak, belajar terus dan terus semoga aku bisa jadi lebih baik lagi,

  6. Semangat mas, meraih impian emang nggak mudah tapi juga nggak susah banget. Kalau mau usaha dan konsisten insyaallah berhasil (saran buat saya juga nih….)
    Saya juga berharal bisa beli laptop baru yang cocok buat saya, yang lebih canggih gitu…
    He…he…
    Sekarang syukuri yang ada aja dulu, bisa berbagi hal bermanfaat aja rasanya udah seneng banget.

    1. Yup laptop yg mumpuni memang perlu mbak, apalagi untuk membuat konten yg bukan seperti biasanya hehe
      semoga aja bisa tercapai. AMinn
      makasih kunjungannya mbak 🙂

    1. iya mbak menyampaikan memang mudah, tpi membuat hal itu kebih bermanfaat itu perlu pemikiran lagi, hehe
      semoga tercapai deh
      makasi kunjungannya mbak 🙂

  7. Semoga resolusinya bisa segera terealisasi mas. Aamiin.

    Kalau masalah kursus, sepertinya saya juga tertarik untuk mengambil kursus motion graphic,
    secara content creator saat ini (utamanya para blogger) juga dituntun untuk menghasilkan konten
    yang lebih berkualitas. Dan motion graphic / animasi, bisa jadi alternatif yang tepat untuk mempercantik tulisan di blog. Selain foto dan infografis, tentu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *