Mendaki gunung itu bikin ketagihan kah? Mendaki gunung itu bikin capek, kan? Apa enaknya sih mendaki gunung? Pertanyaan default itu sering muncul ketika temanku yang berbeda hobi bertanya padaku tentang olahraga mendaki gunung. Yak, mendaki gunung merupakan salah satu hobi yang banyak digandrungi oleh anak muda. Memang tidak semua orang menyukai hobi mendaki gunung ini, karena alasan pribadi masing-masing.

Tapi bagiku, mendaki gunung itu adalah sebuah olahraga yang bisa mengendalikan ego pribadi, melatih kesabaran, dan yang paling penting adalah bisa menikmati alam yang indah ini secara langsung. Kali ini aku akan sedikit berbagi pengalaman saat melakukan pendakian ke gunung prau via jalur Wates, Temanggung.

Pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing
Pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing

Banyak deretan gunung yang berada di Jawa Tengah mempunyai keindahan alam yang luar biasa. Salah satu ciptaan Tuhan yang harus dinikmati dan dilestarikan ini selalu meninggalkan cerita yang menarik untuk dibagikan kepada semua orang. Termasuk kepada orang yang mempunyai hobi bertualang di alam bebas. Pastinya sangat familiar banget kan?

Gunung Prau

Gunung Prau merupakan salah satu gunung medium, yang terletak di perbatasan 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Wonosobo. Gunung Prau ini tepatnya terletak di dataran tinggi Dieng. Jawa Tengah. Gunung Prau ini tergolong medium karena mempunyai ketinggian diantara 2000 mdpl hingga 3000 mdpl(meter diatas permukaan laut). Gunung Prau mempunyai ketinggian 2565 mdpl.

Gunung Prau merupakan puncak tertinggi yang berada di dataran tinggi Dieng, dengan beberapa puncak kecil yang terhampar disekelilingnya. Jalur trek pendakian Gunung Prau ini mempunyai keindahan alam yang luar biasa. Punggungan gunung di samping kanan, dan keanekaragaman flora dan fauna yang bisa kita nikmati saat perjalanan menuju puncak.

Puncak Sabana Gunung Prau
Puncak Sabana Gunung Prau

Puncak Gunung Prau merupakan hamparan padang rumput luas dan bukit-bukit kecil. Sabana rumput ditumbuhi beberapa pohon kecil. sehingga kita bisa berfoto dengan latar belakang sabana untuk hasil foto yang instagramable banget.

Jalur Pendakian Gunung Prau memiliki banyak jalur, diantaranya: Jalur Wates, Jalur Patak Banteng, Jalur Kalilembu, Jalur Pranten, Jalur Kenjuran, dan beberapa jalur lainnya. Jalur resmi dan paling banyak diminati adalah jalur pendakian gunung prau via patak banteng. Karena letak basecamp berada di Kawasan Wisata Dieng, mungkin bisa dibilang lebih ramau daripada jalur lainnya.

Baca Juga: Gunung Merbabu: Pesona Keindahan Sabana di Ketinggian 3142 mdpl

Route Jalan menuju Basecamp Pendakian Gunung Prau via Wates

Kali ini aku akan berbagi pengalaman mendaki Gunung Prau via desa Wates, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Jalur ini belum begitu ramai, karena akses menuju desa Wates masih belum banyak pendaki yang mengetahuinya. Memang agak sedikit jauh dan memutar, karena desa Wates ini berada di bagian utara Gunung Prau.

Pendakian Gunung Prau via Wates ini terletak di desa Wates, kecamatan Wonoboyo, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Akses jalan menuju desa Wates agak sedikit berkelok dan menanjak. disarankan menggunakan kendaraan sendiri seperti sepeda motor. Karena lebih simple dibandingkan kendaraan roda 4.

Perlu diketahui jalur jalan menuju basecamp gunung prau via wates ini banyak tanjakan dan turunan, kalian harus benar-benar memperhatikan kondisi kendaraan jika ingin mendaki via desa Wates ini. Jangan sampai ada trouble di jalan, bengkel yang berada di daerah ini sangat jarang sekali.
Rute Semua Kota > Temanggung > Parakan > Ngadirejo > Muntung > Wonoboyo > Desa Wates

Petunjuk google maps diatas bisa dijadikan acuan agar bisa sampai ke basecamp pendakian desa Wates. Dijamin sampai kok, karena dulu aku hanya berandalkan GPS untuk sampai ke basecamp pendakian Gunung Prau via Wates ini. Koordinat tepatnya yaitu 7Β°13’30.6″S 109Β°57’35.7″E / -7.225159, 109.959906 . Bisa di save yah koordinat ini, siapa tahu diperlukan suatu saat nanti, hehe.

Pendakian Gunung Prau via Wates Temanggung

Basecamp pendakian Gunung Prau via desa Wates ini sangat mudah ditemui. Karena berada persis di pinggir jalan desa. Terdapat papan nama yang menunjukkan bahwa tempat itu merupakan basecamp. Basecamp di desa Wates ini dikelola oleh warga setempat. Disini juga sudah tersedia tempat parkir motor yang cukup luas. Dengan merogoh

Di basecamp ini juga menjual juga berbagai aksesories pendakian dan menyewakan peralatan pendakian. Tidak lupa untuk relawan keselamatan/ Ranger disini sangat aktif sekali menyambut pendaki yang baru datang di basecamp. Seperti biasa jika baru datang di basecamp silakan mengurus simaksi terlebih dahulu ya. Biaya retribusi hanya sebesar Rp.10.000 per orang, dan pastinya dibekali peta yang sudah diperbanyak oleh pengelola.

Setelah mengurus simaksi, saatnya melanjutkan perjalanan menuju puncak gunung Prau. Kondisi kesehatan fisik harus benar-benar dijaga, karena trek pendakian ini agak sedikit panjang dan landai. Berikut Estimasi perjalanan pendakian gunung Prau via Wates.

Basecamp – Pos 1 Blumbang Kodok

Dari basecamp menuju Pos 1 ini melewati hamparan ladang milik warga. Waktu yang ditempuh yaitu sekitar 1 jam perjalanan. Disini kalian bisa menikmati luasnya ladang warga dengan berbagai macam tanaman buah dan sayuran. Jangan lupa untuk berfoto terlebih dahulu untuk dokumentasi perjalanan.

Pos 1 Gunung Prau via Wates
Pos 1 Gunung Prau via Wates

Pos 1 – Pos 2 Cemaran

Dari Pos 1 Blumbang Kodok menuju Pos 2, kalian akan melewati area pepohonan dan hutan dengan trek yang tidak terlalu terjal, trek ini selama perjalanan berupa akar dan tanah, disarankan jika musim hujan untuk memakai sepatu, karena jalanan akan mejadi licin ketika cuaca hujan. Estimasi perjalanan waktu untuk sampai ke Pos 2 adalah sekitar 30 menit.

trek akar pohon pendakian gunung prau
Trek akar pohon pendakian gunung prau

Pos 2 – Pos 3 Sudung Dewo

Perjalanan menuju Pos 3 pohon yang ditemui akan semakin lebat dan sebagian besar berhiaskan lumut hijau yang menambah kesan segar selama perjalanan. Kalian akan menemui persimpangan menuju air terjun, jika mengambil arah kanan,kalian akan bertemu dengan air terjun dan jika mengambil arah kiri kalian akan menemui Pos 3. Di sepanjang perjalanan sudah tersedia papan penunjuk jalan, sehingga jangan khawatir akan tersesat. Estimasi perjalanan waktu untuk sampai di Pos 3 yaitu sekitar 30 menit.

trek tanjakan pendakian gunung prau via wates
Trek tanjakan pendakian gunung prau via wates

Pos 3 – Camp Area

Berlanjut perjalanan Pos 3 menuju camp area, vegetasinya akan semakin berkurang dan semakin terbuka sesuai dengan ketinggiannya. Di trek ini, kalian akan melewati tangga yang panjang dan melewati Plawangan yang bisa menikmati pemandangan yang indah dari ketinggian sekitar 2100 mdpl sebelum akhirnya sampai di camp area. Estimasi perjalanan waktu dari Pos 3 menuju camp area memakan waktu sekitar 45 menit. Kalian bisa mendirikan tenda untuk bermalam di camp area atau puncak. Karena baik di camp area maupun puncak, sabananya sangat luas, cukup untuk puluhan tenda.

Camp area pendakian Via Wates
Camp area pendakian Via Wates

Camp Area – Puncak

Dari camp area menuju puncak akan menghabiskan waktu sekitar 20 menit. Jika ingin mendirikan tenda di puncak, carilah tempat senyaman mungkin karena puncak Prau terbilang luas dan cocok untuk mendirikan dimana saja. Dari puncak Prau kamu akan melihat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang gagah menjulang seperti gunung kembar.

Puncak Gunung Prau pendakian Via Wates
Puncak Gunung Prau pendakian Via Wates

Estimasi Waktu Perjalanan Pendakian Gunung Prau via Wates

  • Basecamp – Pos 1 (1 Jam)
  • Pos 1 – Pos 2 (30 menit)
  • Pos 2 – Pos 3 (30 menit)
  • Pos 3 – Camp Area (45 menit)
  • Camp Area – Puncak (20 menit)

Baca juga:

Kelebihan pendakian Gunung Prau via Wates

Pendakian gunung prau via wates ini memiliki beberapa kelebihan dan mungkin tidak ada di jalur lain menuju puncak gunung prau. Aku merangkum beberapa alasan mengapa pendakian gunung prau via Wates ini harus dicoba, diantaranya

  • Jalur pendakian yang masih asri dan hijau, karena terhitung masih baru.
  • Pendaki yang melalui jalur ini belum banyak, sehingga leluasa untuk menikmati perjalanan.
  • Ketersediaan mata air di pos 1 dan pos 3
  • Jarak pendakian yang tidak terlalu singkat, sehingga bisa menikmati perjalanan lebih puas.
  • Camp area yang cukup luas
  • Bisa menikmati pemandangan air terjun yang berada di tebing sisi barat
  • Terdapat keunikan tangga yang panjang ketika akan mencapai plawangan dan camp area
  • Background view Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang jelas ketika pendakian
View Gunung Sindoro dan Sumbing
View Gunung Sindoro dan Sumbing

Bagaimana kawan? setelah membaca sedikit gambaran mengenai pendakian Gunung Prau via Wates ini, pastinya akan sangat seru bila kalian bisa mencoba mendaki melalui jalur wates ini. Persiapkan fisik dan mental kalian jika berkeinginan untuk mendaki melewati jalur ini. Overall aku sangat fun dan happy ketika mendaki melalui jalur ini. Aku merekomendasikan naik ketika siang hari. Karena kalian akan menemui pemandangan yang luar biasa di trek pendakian Gunung Prau ini.

Sampai berjumpa lagi di perjalnan seru berikutnya, semoga nanti kita bisa bertualang bareng ya kawan? Traveling itu luas, karena duniamu tak sesempit kamarmu. Salam Lestari!