Tips dan Cara Membuat Website untuk Pemula

3
293

Website merupakan salah satu aset digital yang harus dimiliki oleh personal maupun bisnis yang berjalan. Jika Anda sebagai seorang pemula, tentunya harus mengetahui cara membuat website yang dipergunakan untuk blog pribadi maupun untuk bisnis sebagai katalog online yang bisa menjangkau banyak pemirsa.

Di jaman teknologi yang serba online ini kita diwajibkan untuk beradaptasi meskipun kita tidak familiar dengan dunia teknologi internet. Karena sekarang hampir sebagian besar penduduk di Indonesia sudah paham dan melek teknologi. Saat ini sudah banyak tersedia toko online dan marketplace untuk menawarkan rpoduk dan jasa secara online.

Pemasaran media promosi online menjadikan senjata utama di tahun 2022 ini, tidak bisa dipungkiri juga bahwa saat ini hampir semua orang memiliki smartphone yang digunakan untuk membantu kegiatannya dalam keseharian baik dalam bekerja maupun kegiatan lainnya.

Lalu jika kita memiliki bisnis dan ingin menjajakannya melalui media internet,bagaimana cara mengenalkan kepada pengguna internet? Salah satu caranya adalah dengan memiliki website atau blog yang bisa dengan bebas mengenalkan produk dan jasa yang akan ditawarkan kepada pengguna internet di Indonesia bahkan di seluruh penjuru dunia.

Tips dan cara membuat website untuk pemula

Tips dan Cara Membuat Website

Sebelum Anda memiliki website, hal yang paling sering banyak ditanyakan adalah bagaimana cara membuat website? ada beberapa langkah yang harus dilewati dan dilakukan bagi Anda yang sudah paham dunia website maupun bagi yang belum sama sekali. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara untuk membuat website untuk pemula. Diantaranya adalah:

Tentukan Jenis Website

Jenis dan macam website sangat banyak, ada yang digunakan sebagai landing page bisnis, ada juga yang digunakan sebagai blog pribadi maupun perusahaan. Saat ini tentukan dahulu tujuan untuk membuat website itu untuk apa. Jika untuk website toko online, maka Anda harus menyiapkan beberapa sarana penunjang seperti konten untuk isi website berupa produk dan jasa yang akan ditawarkan.

Atau mungkin jika Anda ingin menjadi seorang blogger, maka semua artikel bisa berupa pengalaman, review, bahkan beberapa artikel yang banyak dibutuhkan oleh para pembaca. Dengan menentukan jenis website maka kedepannya akan lebih mudah untuk menentukan tujuan dibuatnya sebuah website.

Mempersiapkan Kategori dan Niche Website

Website atau blog yang baik adalah yang memiliki tema dan kategori lengkap. Sebagai contoh portal olahraga, maka konten yang terdapat pada portal olahraga adalah berisi tentang olahraga. Mempersiapkan kategori dan niche sebuah website adalah kewajiban yang harus dipilih oleh admin atau pebisnis untuk lebih mudah kedepannya.

Karena dengan niche tertentu, maka akan lebih banyak menggaet pembaca, atau jika Anda ingin membangun website untuk toko online, maka persiapkan kategori yang cocok dengan produk dan jasa yang Anda akan jual. Sebagai contoh website dengan kategori advertising dan alat media promosi luar ruang.

Memilih Domain dan Hosting

Domain dan hosting merupakan hal yang wajib dimiliki untuk membangun sebuah website atau blog pribadi. Domain pada sebuah website bisa dikatakan sebagai identitas yang wajib dimiliki, pilihlah domain sesuai dengan kategori maupun jenis toko online yang Anda buat.

Tapi jika Anda belum mengerti tentang domain dan hosting. Saat ini ada platform desty.store yang menyediakan jasa pembuatan website untuk toko online. Semua langkah dan cara membuat website tersedia dengan mudah di aplikasi ini. Silakan untuk mencobanya dengan mengunjungi website official desty.

Membangun Konten dan Isi Website

Komponen website yang baik tentunya memiliki identitas yang mduah dipahami olehs etiap orang. jika Anda memiliki website toko online, maka buatlah page untuk display katalog maupun page yang menjelaskan kelebihan dan keuntungan produk yang Anda jual.

Hal ini sangat penting dan wajib dilakukan, agar para pengunjung website lebih betah berlama-lama untuk scrolling konten yang Anda sajikan. Jangan lupa untuk membuat blog atau artikel penunjang untuk poduk dan jasa yang Anda jual, karena akan menambah tingkat kepercayaan konsumen terhadap website toko online yang Anda miliki.

Nah, itulah beberapa tips dan cara membuat sebuah website yang biasa dilakukan untuk pemula. Tujuan pembuatan website memang sangat bermacam-macam, akan tetapi semuanya akan sesuai jika Anda memahami bagaimana alur sebuah website, dan bagaimana cara menarik pengunjung agar berkunjung ke website yang Anda buat.

Di zaman yang serba online ini, membuat website akan menjadi hal yang sangat mudah, apalagi sekarang sudah hadir beberapa jasa membuat website dengan mudah seperti desty.store yang akan membantu Anda bagi yang belum paham dengan dunia website.

Semoga artikel tentang cara membuat website ini bermanfaat, bagikan artikel ini kepada sahabat, keluarga, dan kerabat jika bermanfaat. Dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Rate this post

3 COMMENTS

  1. Untuk pemilihan domain yang baik ada tips gak mas? Terkadang beberapa kali milih domain yang menurut kita bagus. eh ternyata gak available. Selain dengan menambahkan angka, soalnya bakal susah diingat.

    • NAh memang kalau pemilihan domain itu berdasarkan ketersediaan mas. kl bisa sih dua suku kata biar mudah diingat 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here