Lifestyle

Tips Investasi Mata Uang Asing Bagi Pemula

Share

Saat ini mata uang asing lebih sering dijadikan investasi bagi setiap kalangan. Karena dinilai lebih menguntungkan dan bisa diperjualbelikan secara sah di Indonesia maupun luar negeri. Jika kalian termasuk salah satu pemula dan ingin mencoba investasi mata uang asing, tentunya ada hal yang harus dipersiapkan sebelum terjun langsung ke dunia investasi valas (valuta asing).

Jika kalian sudah terjun ke dalam bursa mata uang asing, sangat disarankan harus belajar terlebih dahulu dasar-dasar yang harus dipahami agar tidak salah langkah kemudian. karena jika kalian salah dalam menentukan kurs beli dan kurs jual valuta asing maka kerugian bisa saja menimpa kalian kapan saja.

Selain itu kalian juga harus memahami risiko investasi valuta asing yang harus diperhitungkan sebelumnya. Hal ini memang sangat mendasar sekali bagi para investor valas yang ada di seluruh dunia. Tak hanya teori dasar, akan tetapi kalian juga harus jeli melihat perkembangan jual beli valuta asing di seluruh dunia.

Tips investasi mata uang asing bagi pemula

4 Tips Investasi Valuta Asing yang Harus Dipahami

Untuk meminimalisir kerugian karena salah langkah, kalian harus mengetahui dan mengikuti tips investasi valuta asing yang harus diaplikasikan pada praktek yang sesungguhnya. Berikut ini 5 tips investasi mata uang asing yang harus kalian pahami agar meraih keuntungan yang besar.

Paham Apa Itu Kurs

Kurs adalah harga sebuah nilai mata uang dari suatu negara terhadap mata uang yang berasal dari negara lainnya. Dengan memahami kurs beli dan kurs jual yang berbeda dari setiap bank, maka kalian bisa menentukan margin yang diperoleh setelah menukar mata uang asing tersebut. Jangan sampai kalian membeli di harga yang sangat tinggi, akan tetapi kurs berubah drastis. Faktor ini juga dipengaruhi oleh aliran modal keluar, impor, dan lain sebagainya.

Related Post

Paham Mengenai Margin

Margin adalah perbedaan nilai jual dan beli sebuah mata uang. Kurs yang ada disetiap bank memiliki nilai yang berbeda-beda. Kalian harus memahami kondisi dan momen kapan saat beli dan kapan saat jual. Nah, perbedaan harga tersebut disebut margin. Usahakan margin yang diperoleh lebih dari 3%, oleh karena itu investasi mata uang asing kalian akan dikatakan berhasil.

Pahami Mata Uang Trend

Setiap negara memiliki mata uang yang berbeda-beda dan juga memiliki nilai yang berbeda pula. Sebagai contoh, nilai tukar rupiah terhadap US Dollar sekitar Rp.14.750. Dan Nilai tukar US Dollar terhadap Yen adalah ¥111.3. Dengan memahami nilai tukar setiap mata uang, maka lama kelamaan kailan akan fasih jika bermain valuta asing dan berinvestasi dengan beberapa mata uang. Hal ini akan menguntungkan jika selalu memonitor pergerakan mata uang yang kalian pilih. Saat ini mata uang yang sedang tren adalah US Dollar, Japan Yen, Singapore Dollar dan lain sebagainya.

Pahami Risiko Valuta Asing

Investasi mata uang asing tentu memioliki berbagai risiko, salah satunya adalah ekrugian yang besar jika kalian tidak pandai memperjualbelikan mata uang asing dengan benar. Kalian juga harus memperhatikan sikap pemerintah negara masing-masing di pasar valuta asing. Selain faktor politik, pergerakan kurs juga dipengaruhi oleh berita fundamental. Kalian harus memiliki strategi tersendiri saat beli dan jual mata uang asing.

Kesimpulan

Investasi mata uang asing memang memiliki berbagai keuntungan jangka pendek maupun jangka panjang. Akan tetapi harus diketahui bahwa bermain valuta sing juga memiliki risiko yang besar apalagi dengan modal yang besar. Bijaklah dalam mengelola mata uang asing dan jangan serakah mengambil keuntungan. Bermainlah secara konsisten dan selalu menghasilkan margin walaupun sedikit.

Setelah memahami berbagai tips mengelola valuta sing, diharapkan kalian bisa mengerti saat praktek investasi mata uang asing nantinya. Semoga artikel tentang keuangan ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikannya kepada sahabat dan kerabat terdekat kalian. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

5 / 5 ( 1 vote )
Sponsored
Aldhi Fajar Maudhi

Leave a Comment
Published by
Aldhi Fajar Maudhi

Recent Posts

Keunggulan Menabung di Tabungan Bank Syariah

Tabungan Bank Syariah saat ini lebih banyak diminati oleh masyarakat. Ada beberapa keunggulan menabung di… Read More

1 week ago

Digital Phase Shifter untuk Kelistrikan Rumah

Geoman Electrical DNY provides products such as digital phase shifter in Singapore, with pre-sales communication… Read More

2 weeks ago

Jenis Huruf Timbul untuk Media Promosi Luar Ruang

Jenis huruf timbul adalah media promosi yang sering dipakai oleh para pelaku usaha untuk meningkatkan… Read More

2 weeks ago

Mau Pakai Paket Suka Suka, Daftar Dulu Dong!

AXIS menghadirkan Paket Suka Suka yang bebas dipilih berdasarkan kebutuhan pengguna . Paket internet terbaru… Read More

4 weeks ago

Review 5 Platform Belajar Bahasa Mandarin Online untuk Anak

Belajar bahasa asing, dengan belajar bahasa asing tentu banyak manfaat yang bisa dirasakan dan didapat… Read More

1 month ago

Traveling Aman dengan PayLater Traveloka dan Asuransi Perjalanan

Perjalanan dengan menggunakan PayLater Traveloka dan asuransi perjalanan Traveloka bisa menjadi alternatif pilihan. Simak Penjelasannya. Read More

1 month ago