Jurusan Teknik Elektro dan Prospek Kerjanya

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Jurusan teknik elektro merupakan salah satu jurusan yang paling banyak diminati. Apalagi kelulusan sekolah menegah atas baru saja berakhir menjadi titik awal bagi siswa yang ingin meneruskan kuliah. Ada banyak jurusan yang tersedia di Univeristas sehingga kalian akan bingung untuk memilih jurusan sesuai minat dan bakat yang dimiliki. Bagi kalian yang sedang mencari jurusan kuliah ada baiknya mengetahui salah satu bidang ilmu yaitu jurusan teknik elektro.

Mungkin bagi calon mahasiswa yang awam mengenai jurusan ini menjadi bingung, karena apa saja yang dipelejari di jursan teknik elekto ini, apa saja kompetensinya dan bagaimana prospek kerja ke depannya. Salah satu jurusan kuliah yang menjadi fvaorit adalah teknik elektro. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit mengenai jurusan teknik elektro yang mungkin sudah kalian dengar sebelumnya.

Jurusan teknik elektro dan prospek kerja
Jurusan teknik elektro

Apa Itu Jurusan Teknik Elektro?

Bagi calon mahasiswa yang masih bingun dengan jurusan kuliah yang akan dipilih wajib mengetahui tentang teknik elektro. Jurusan teknik elektro biasanya berada di Fakultas Teknik. Banyak universitas yang mengadakan program kuliah teknik elektro karena memang peminat calon mahasiswa yang memilih teknik elektro sudah meningkat dari tahun ke tahun.

Teknik elektro merupakan bidang ilmu yang mempelajari listrik dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam perkuliahannya jurusan ini akan dibekali dengan konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik maupun elektronik. Selain itu pemanfaat energi dan penghematan energi akan dipeljari dengan berbagai emtode pada jurusan teknik elektro ini.

Mahasiswa yang kuliah di jurusan ini harus sudah mempunyai kompetensi dasar seperti mata pelajaran fisika, mata pelajaran matematika, kemampuan mendesain sistem, kemampuan pemecahan masalah, analisis yang baik, dan lain sebagainya. Karena pada jurusan ini kebanyakan akan menggunakan hitungan matematika maupun fisika.

Prospek Kerja Teknik Elektro

Dalam memilih jurusan kuliah, pasti semua calon mahasiswa akan mempertimbangkan prospek kerja yang menjadi peluang disaat nanti kita sudah menyelasikan kuliah teknik elektro. Prospek kerja jurusan elektro sebenarnya sangat banyak, konsntrasi bidang dalam perkuliahan nanti yang akan menjadi penentu kalian jika sudah lulus dari jurusan teknik elektro.

Berikut ini adalah beberapa prospek kerja yang bisa didapatkan ketika kalian sudah menyelasikan kuliah di teknik elektro. Di antraanya adalah:

Perancang dan Teknisi Mesin

Saat ini segala sistem mesin banyak digunakan untuk membantu manusia dalam melakukan aktifitas bekerja sehari-hari. Oleh karena itu perancang dan teknisi mesin akan sangat dibutuhkan kedepannya. Prospek kerja sebagai perancang dan teknsisi mesin masih akan terbuka lebar selama teknologi di dunia semakin berkembang.

Perancang dan teknisi mesin ini bertugas untuk merancang desain dan mengembangkan perangkat elektronik yang sudah ada, diharapkan para perancang mesin ini bisa menciptakan sebuah inovasi baru di dunia listrik agar bisa membantu manusia dengan mudah dalam melaksanakan pekerjaannya.

Perancang Robot

Sistem robot sudah ditemukan oleh manusia di awal abad milenium ini. Robot berfungsi sebagai pembantu mnusia dalam meringankan segala pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya robot sudah diprogram sedemikian rupa dalam sebuah rangkaian arduino dan mikrokontroler dalam pengembangannya.

Prospek kerja menjadi ahli robot bisa dijadikan sebagai awal bagi kalian mahasiswa teknik elektro yang sudah lulus. Kalian bisa mengembangkan robot yang sudah ada maupun menciptakan inovasi dan gagasan baru di dunia robotika. Tak hanya itu saat ini kompetisi robotika sudah menjamur dan mulai diadakan di berbagai negara dalam skala internasional.

Dosen di Universitas

Selain berkecimpung di dunia industri, lulusan teknik eletro juga bisa menjadi praktisi akademisi sebagai dosen di beberapa universitas. Sebagaian besar yang menjadi dosen adalah yang di perkuliahannya sangat aktif. Menjadi dosen boisa menjadi kebanggan tersendiri dalam meneruskan ilmu yang pernah di pelajari semasa kuliah. Jika memungkinkan, seorang dosen bisa mengambil magister untuk mengembangkan wawasan dan ilmunya.

Prospek kerja teknik elektro
Prospek kerja teknik elektro

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai jurusan teknik elektro di atas dan prospek kerjanya maka bagi para calon mahasiswa harus mempunyai keinginan untuk terjun di dunia elektro. Karena di masa depan kebutuhan mesin, automasi, robotika dan teknologi sangat dibutuhkan untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa sebarkan kepada sahabat, teman dan keluarga jika merasa berguna. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya.

Rate this post

Tinggalkan komentar