Ketahui 4 Penyebab Jantung Koroner

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Penyakit jantung koroner dan masalah pembuluh darah merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Data ini merupakan hasil riset dari dinas kesehatan pada tahun 2017. Bisa disimpulkan bahwa penyakit jantung koroner dan stroke harus selalu diwaspadai. Penyebab jantung koroner terdiri dari beberapa akibat seperti gaya hidup yang tidak sehat, istirahat yang tidak teratur, dan pola makan yang sembarangan.

Jantung berfungsi sebagai pemompa darah yang mengalirkan oksigen yang dibutuhkan semua organ di dalam tubuh manusia. Bisa dikatakan bahwa jantung merupakan organ tubuh manusia yang paling penting untuk kehidupan. Penyakit yang berhubungan dengan jantung sangat bermacam-macam seperti penyakit jantung koroner, penyempitan pembuluh darah, pecah pembuluh darah, stroke, dan lain sebagainya.

Khusus untuk penyakit jantung koroner, penyakit ini merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Jantung koroner merupakan penyakit yang harus diwaspadai juga karena bisa mengancam jiwa dan bisa menyebabkan kematian. oleh karena itu jika kita mengetahui penyebab penyakit jantung koroner maka penyakit ini akan bisa dicegah sebelum terlambat.

penyebab jantung koroner
Ketahui penyebab jantung koroner

Penyebab Jantung Koroner

Dalam istilah media, Penyakit jantung koroner ini disebabkan oleh terjadinya penyempitan pada pembuluh darah koroner. Pembuluh darah koroner yang tersumbat ini mengakibatkan aliran darah yang menuju ke jantung akan tersumbat. Oleh karena itu jika aliran darah tidak lancar, maka akan mengurangi suplay darah ke jantung dan menyebabkan kematian.

Penyempitan yang terjadi pada pembuluh darah koroner ini disebabkan oleh penumpukan kolesterol dan protein yang dihasilkan akibat pola hidup makan yang kurang sehat. Hal tersebut yang menyebabkan dinding pembuluh menjadi kaku dan tersumbat.

Hal ini lebih dikenal dengan nama aterosklerosis. aterosklerosis ini bisa menyebabkan aliran darah ke jantung akan terhambat dan memancing terjadinya penggumpalan darah pada pembuluh koroner. Jika tidak ada suplay darah ke jantung, maka akan terjadi serangan jantung yang bisa mengakibatkan kematian.

Gejala pada penyakit jantung koroner pun bermacam macam. Contohnya adalah nyeri dada dam timbul ketidaknyamanan pada leher ke atas, pinggul dan lain sebagainya. Kemudian gejala lainnya yaitu mudah lelah, keringat dingin, mual, muntah serta irama denyut jantung yang tidak stabil.

Berikut ini ada beberapa penyebab lain penyakit jantung koroner yang wajib Kalian ketahui. Di antaranya adalah:

Kolesterol

Jika Anda memiliki penyakit kolesterol, harus waspada karena makanan yang dikonsumsi akan mengakibatkan pembuluh darah koroner akan tersumbat. Hal ini penyebab utama penyakit jantung koroner dan harus segera dicegah dengan cara makan yang sehat dan pola hidup yang baik.

Tekanan Darah Tinggi

Memiliki tekanan darah yang tinggi juga tidak baik untuk jantung. Karena jika memiliki tekanan darah yang tinggi dan kadar lemak darah yang tinggi, sewaktu-waktu pembuluh darah kororner akan pecah dan menyebabkan suplay darah ke jantung akan terputus. Mulailah dengan mengkonsumsi makanan yang tidak menyebabkan tekanan darah tinggi. Jangan lupa untuk mengkonsumsi sayur untuk kebutuhan vitamin dan mineral tubuh.

Kebiasaan Merokok

Jika Anda memiliki kebiasaan merokok lebih baik berhenti dan hindari sejak dini. Karena zat racun yang terdapat pada rokok bisa menstimulasi terjadinya tekanan darah tinggi, sel kanker dan lain sebagainya. Zat Nikotin bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah arteri, di sisi lain yaitu karbon monoksida akan menyebabkan kerusakan pembuluh darah.

Obesitas atau Kegemukan

Pada orang yang memiliki berat badan diluar batas normal atau lebih sering disebut kegemukan atau obesitas bisa sangat dengan mudah memicu penyakit jantung koroner. Lemak yang mengendap dalam tubuh akan mendorong pembuluh darah hingga terhimpit. Oleh karena itu peredaran darah ke jantung akan terhambat. Lama kelamaan organ jantung akan mengalami kekurangan suplay darah secara terus menerus.

Kesimpulan

Dari beberapa penyebab dan gejala penyakit jantung koroner di atas, sudah seharusnya kita menjaga pola hidup yang sehat dan menjaga keseimbangan vitamin dan mineral pada tubuh. Jika sudah terlanjur terserang gejala penyakit jantung koroner, maka harus membutuhkan penanganan yang tepat.

Dalam hal ini, RS EMC menyediakan berbagai penanganan khusus seperti penyakit diabetes, jantung dan lain sebegainya. Di RS EMC tersedia dokter spesialis jantung untuk menangani keluarga Anda yang mengidap penyakit jantung koroner dan sebagainya.

Menjaga organ jantung sudah menjadi kewajiban kita agar tidak terserang penyakit jantung, dengan menjauhi beberapa penyebab jantung koroner ini. Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang. Semoga artikel ini bermanfaat dan silakan bagikan kepada teman, sahabat, dan keluarga dan kepada yang membutuhkan. Sampai jumpa di artikel kesehatan lainnya.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar