Mengapa Memprioritaskan Merawat Diri Itu Penting?

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Perawatan diri merupakan investasi jangka panjang yang tidak hanya membuat kamu terlihat cantik dan menarik, tetapi juga berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental. Dengan perawatan rutin, kamu juga dapat terlihat lebih segar, bersemangat dan produktif. 

Tidak salah jika banyak orang yang menyediakan budget khusus untuk biaya perawatan Bahkan banyak yang sengaja membeli instrumen investasi online demi bisa mempunyai pendapatan tambahan untuk budget perawatan tersebut. 

Perawatan diri sangat penting dengan investasi online
Perawatan diri sangat penting

Apa itu Perawatan Diri?

Penampilan yang sempurna, baik fisik maupun mental ini tidak dapat dimiliki secara instan namun perlu perawatan yang rutin dengan produk dan treatment sesuai kebutuhan. Ini bisa menjadi investasi non materi yang dapat meningkatkan rasa percaya diri. 

Perawatan diri merupakan hal mendasar yang seharusnya dipenuhi oleh semua orang. Tubuh mempunyai hak untuk mendapat perhatian sehingga tetap bisa tampil bugar dan sehat. Treatment perawatan diri jenisnya sangat beragam. 

Kamu bisa mendapatkan perawatan tersebut di rumah dengan produk tertentu, atau datang ke pusat perawatan dan kebugaran. Seperti halnya manfaat investasi finansial, kamu bisa mendapatkan manfaat dari perawatan diri untuk waktu yang lama. 

Jenis-jenis Perawatan Diri

Ada banyak jenis perawatan doro yang dapat dilakukan dan masing-masing mempunyai tujuan serta manfaat yang berbeda. Kamu perlu mengetahui jenis perawatan apa yang sebaiknya menjadi prioritas sehingga dapat segera merasakan manfaatnya. 

1. Perawatan diri secara fisik

Ada hubungan yang kuat antara tubuh dan pikiran, karena itu merawat fisik sangat penting. Dengan mempunyai tubuh yang terawat, kamu akan mempunyai pemikiran yang positif sehingga dapat menghadirkan rasa bahagia dan semangat untuk beraktivitas.

Cara melakukan perawatan diri dapat dimulai dengan mengetahui kebutuhan dan mengubah kebiasaan kurang baik yang selama ini dijalankan. Kamu bisa cek apakah sudah tidur cukup, konsumsi makanan yang seimbang dan lainnya.

2. Perawatan diri secara Emosional

Keterampilan respon pikiran dan perilaku terhadap situasi yang sehat untuk mengatasi emosi yang tidak nyaman, seperti kemarahan, kecemasan, dan kesedihan sangat penting. Hal ini berkaitan dengan emosi yang sehat. Perawatan emosi bisa membantu mengekspresikan perasaan secara teratur dan aman. 

3. Perawatan diri secara Kesehatan Mental

Mental yang sehat dapat membantu kamu untuk tetap bisa berpikir objektif sehingga dapat mengambil keputusan dengan tepat. Gangguan mental tidak mudah dideteksi oleh orang lain, namun justru diri sendiri yang dapat mengetahui apakah kamu secara mental sehat atau tidak.

4. Perawatan diri spiritual

Jenis perawatan mental mudah dilakukan sendiri, bahkan tanpa biaya, diantaranya dengan meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri pada Tuhan. Interaksi dengan Sang Pencipta mampu menghadirkan rasa tenang dan menerima keadaan. 

5. Perawatan diri social

Manusia adalah pribadi yang perlu bersosialisasi. Luangkan waktu yang cukup untuk berinteraksi dengan teman dan keluarga secara langsung. Saat kamu merasa tidak baik-baik saja, segera agendakan untuk berinteraksi dengan orang yang kamu percaya agar secara sosial kamu tetap stabil.

Mengapa Perawatan Diri itu Penting?

Manfaat perawatan diri
Pentingnya perawatan diri dengan investasi online

Setiap pribadi sangat istimewa, karena itu harus terus dirawat dan dijaga agar tetap sehat dan dalam kondisi prima. Hal ini pengaruh pada rasa bahagia, cemas atau gembira. Perawatan diri penting karena: 

1. Mengurangi stres

Banyaknya papan pikiran dan tanggung jawab merupakan salah satu pemicu stres yang dapat berpengaruh pada kesehatan mental dan fisik. Dengan perawatan diri sesuai kebutuhan, kamu akan mudah mengendalikan pikiran sehingga tidak mudah stres.

2. Menjaga Kesehatan mental

Mental yang sehat merupakan sumber kebahagian dan kesehatan fisik. Kamu dapat lebih produktif selama mampu menjaga kesehatan mental. Perawatan yang tepat merupakan langkah bijak untuk menjaga kesehatan mental jangka pendek dan panjang. 

3. Kinerja jadi lebih baik

Beban finansial sering menuntut kamu untuk bekerja lebih maksimal. Jika tidak melakukan perawatan diri dan mengalami gangguan, maka kinerja kamu tidak baik. Resikonya kamu tidak dapat bekerja secara profesional sehingga tidak dapat menghasilkan uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan. 

4. Kualitas hidup yang baik

Perawatan diri berkorelasi positif dengan kualitas hidup. Tidak salah jika kamu memprioritaskan kebutuhan perawatan baik fisik, mental, emosi, sosial maupun spiritual agar bisa mencapai kehidupan yang lebih berkualitas. 

Merawat diri membutuhkan komitmen waktu dan finansial. Banyak aktivitas perawatan yang memerlukan biaya, seperti mengikuti kelas yoga, membeli produk perawatan kulit, atau berlibur. Karena itu, perlu berinvestasi sejak dini agar tujuan merawat diri dapat tercapai dengan lebih baik.

Investasi online melalui aplikasi seperti digibank bisa menjadi pilihan yang menarik karena mudah, fleksibel, dan menawarkan berbagai pilihan produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko masing-masing individu. Aplikasi digibank by DBS menawarkan berbagai kemudahan dan fleksibilitas yang dapat mempermudah perjalanan investasi kamu.

Kamu bisa mengatur notifikasi setiap portofolio investasi agar selalu up-to-date dengan kondisi pasar terbaru, baik melalui aplikasi ataupun email. digibank juga menyediakan Advisor yang bisa membantu dalam berdiskusi dan merekomendasikan strategi investasi terbaik sesuai dengan risiko dan tujuan keuangan kamu. 

Tersedia juga Wealth 101, sumber informasi yang akan memperdalam pengetahuan tentang investasi untuk mendapatkan tips awal berinvestasi, edukasi investasi yang baik, serta pandangan ekonomi dari pakar DBS. 

Jika ingin belajar lebih lanjut, digibank Live & Learn menawarkan kelas investasi Bersama Pakar yang terbuka untuk semua nasabah dan calon nasabah. Di kelas ini kamu bisa mendapat informasi detail mengenai edukasi finansial dan investasi terbaru untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan investasi kamu.

Kelebihan lainnya, ada 150+ produk investasi yang terjangkau, diantaranya Reksadana mulai dari 100 ribu atau obligasi mulai dari 1 juta. Membeli, menjual, hingga mengalihkan produk investasi bisa dilakukan melalui satu aplikasi, menjadikannya sangat praktis dan mudah digunakan.

Aplikasi ini dapat membantu kamu agar lebih Cerdik Menavigasi Masa Depan dan Menjalani Hidup dengan lebih baik. Nah, tunggu apa lagi, segera jadikan Aplikasi digibank by DBS sebagai partner investasi online kamu. Cek di sini untuk lebih detailnya! 

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar