Pentingnya Data Science untuk Pengembangan Bisnis di Era Digital

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Ada yang pernah mendengar mengenai data science? Yak, dalam perkembangan teknologi digital yang semakin cepat, transformasi bisnis menjadi salah satu kewajiban bagi setiap perusahaan agar tetap bisa bertahan di era digital ini. Salah satu yang harus digunakan adalah big data yang kemudian diolah untuk berbagai keperluan bisnis.

Disiplin ilmu yang merupakan penggabungan antara perhitungan matemtika, statistika, dan algoritma yang bertujuan untuk memeproleh informasi dari data yang ada di perusahaan adalah data science. Orang yang melakukan pengolahan big data tersebut adalah data scientist.

Saat ini banyak perusahaan yang mencari profesi data scientist untuk membuat output hasil dari pengolahan data melalui machine learning yang akan menciptakan sebuah kecedasan buatan yang dapat membantu manusia dalam menjalankan proses bisnis maupun keputusan strategis yang diperlukan untuk kemajuan perusahaan.

Penerapan data science di beberapa perusahaan menjadi hal yang sangat diutamakan untuk perkembangan perusahaan. Pengolahan big data yang begitu banyak mengharuskan para data scientist untuk melakukan pengolahan data agar bisa digunakan sebagai keputusan bisnis atau strategi bisnis yang akan dilakukan oleh perusahaan.

manfaat data science dan bootcamp data science
Manfaat data science

Mengapa Data Science Sangat Diperlukan?

Beberapa perusahaan yang ingin berkembang tentunya sangat mengandalkan data informasi yang telah mereka dapatkan selama bisnis itu berjalan. Peluang yang sebenarnya bisa didapatkan bisa diolah lagi dari beberapa data yang tersedia.

Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan keuntungan yang konsisten dan terus berkembang bagi perusahaan tersebut. Analisis data atau data analytics memang sangat diperlukan untuk mengolah, menginterpretasikan, maupun menguraikan data yang mentah menjadi sebuah informasi yang sangat berguna untuk memecahkan masalah bisnis dan juga bagi rencana bisnis ke depannya.

Oleh karena itu keberadaan data scientist menjadi sektor penting bagi sebuah perusahaan untuk dapat berkembang dalam pengelolaan data dan memiliki output untuk membantu manusia dalam menentukan berbagai keputusan bisnis dengan kecerdasan buatan hasil dari analisis data yang menggunakan machine learning.

Profesi data scientist juga menjadi profesi yang banyak dicari untuk bisa bekerja di perusahaan yang bagus. Dengan kata lain untuk meningkatkan kemampuan di bidang data maka banyak juga yang megadakan pelatihan maupun bootcamp data science seperti contohnya di hacktiv8.

Hacktiv8 merupakan institusi atau penyelenggara pelatihan maupun bootcamp data science. Pengembangan diri melalui programming juga sangat dibutuhkan untuk menambah kompetensi di bidang data. Sehingga nantinya akan bisa dikombinasikan untuk menjadi seorang data scientist yang terbaik.

Hacktiv8 merupakan coding bootcamp pertama di Indonesia untuk pemula yang ingin menjadi talenta di bidang digital terlatih, seperti Programmer, Data Scientist, Digital Marketer, Golang Developer, Front End Developer, serta UI/UX Designer. Materi yang diberikan selalu diperbarui setiap empat minggu sekali, bahkan lulusannya juga akan dibantu mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian.

Jika kalian ingin menjadi data scientist dan ingin menjadi mecpert di bidang data science, maka bootcamp data science di hacktiv8 adalah solusinya. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi website officialnya di https://hacktiv8.com.

Tahapan Data Science di Perusahaan

Pengolahan big data yang tersebar baik dari dalam maupun luar perusahaan sudah seharusnya ditangani oleh seorang data scientist yang akan menganalisis lebih lanjut untuk menjadi informasi yang begruna bagi perusahaan.

Banyak faktor luar perusahaan yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk kemajuan perusahaan seperti data pelanggan, data stakeholder, dan lain sebagainya. Sehingga secara singkatnya ada beberapa tahap data science untuk bisa menjadi sebuah informasi yang berguna bagi perusahaan. Beberapa tahap tersebut adalah:

tahapan data science
Tahapan data science

Tahap Pengumpulan Data

Data yang mentah yang didapat dari internal maupun eksternal perusahaan akan dikumpulkan terlebih dahulu. Pengumpulan data ini terdiri dari beberapa metode tergantung tools yang ada di perusahaan tersebut. Data yang dikumpulkan bisa berupa data yang terstruktur seperti data pelanggan, data seupplier dan lain sebagainya.

Kemudian data yang tidak terstruktur seperti file, gambar, foto, media sosial dan lain sebagainya juga ahrus sudah mulai dikelola dengan baik. Karena informasi tersebut bisa menjadi peluang perusahaan untuk meningkatkan omset maupun laba.

Tahap Penyimpanan Data

Dari berbagai data pasti memiliki format dan struktur yang berbeda-beda. Oleh karena itu untuk merapikan itu semua harus ditentukan terlebih dahulu metode penyimpanan data tersebut. Selain itu klasifikasi data juga sangat berpengaruh terhadap proses pengambiland ata yang mudah untuk kedepannya.

Penyimpanan data ini bisa disimpan secara digital agar lebih rapi. Karena ketika data tersebut dibutuhkan kita bisa dibantu oleh machine learning yang dibuat oleh data scientis. PErsiapan data yang sudah terstruktur akan lebih memudahkan untuk ke tahap proses data science yang selanjutnya,

Tahap Analisis Data

Dalam tahap ini para data scientist akan melakukan analisis data untuk memeriksa bias, pola data maupun rentang data yang akan digunakan. Pembuatan hipotesis maupun uji a/b juga harus dilakukan untuk menentukan model penyajian data yang bisa dipahami oleh semua unsur dalam perusahaan.

Pemodelan data ini dilakukan oleh data scientist untuk digunakan di proses selanutjua yaitu mengkomunikasikan hasil analisis data kepada karyawan perusahaan aupun para stakeholder.

Tahap Penyajian Data

Tahap ini merupakan tahap yang penting karena penyajian data merupakan tolak ukur perusahan untuk menentukan strategi atau keputusan bisnis yang bertujuan untuk meningkatkan laba atau keuntungan perusahaan.

Semua data yang telah dianalisis disajikan dalam bentuk laporan maupun visuailsasi yang mudah dipahami oleh semua orang. Dalam hal ini bisa dibantu oleh berbagai jenis bahasa pemrograman untuk menampilkan visualisasi yang interaktif.

Kesimpulan

Kebutuhan analisis big data memang menjadi salah satu senjata utama bagi perusahaan jika ingin berkembang. Data science sangat dibutuhkan untuk menampilkan laporan maupun visualisasi yang bisa dipahami oleh internal perusahaan maupun para stakeholder.

Keberadaan para data scientist juga menjadi hal yang harus diperhatikan mengingat profesi data scientist saat ini menjadi banyak dibutuhkan oleh beberapa perusahaan besar. Manfaat dari data science juga bisa untuk membuat keputusan bisnis maupun strategi bisnis demi kemajuan perusahaan.

Jika Kalian berminat unutk menambah kemampuan di bidang data science, bisa langsung mencoba mengikuti bootcamp data science di hacktiv8. Salah satu bootcamp terpercaya dan sudah jelas sudah menciptakan berbagai lulusan data scientist yang sudah bekerja di beberpaa perusahaan besar di Indoensia.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya ya.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar