Bulan Ramadhan di tahun 2020 telah tiba, bagaimana puasa pertamanya teman-teman? Harus lancar dong pastinya. Di bulan puasa kita harus selalu menjaga kesehatan tubuh kita, apalagi saat musim pancaroba dan banyaknya virus yang menimbulkan penyakit. Vitamin dan mineral bisa menjadi salah satu pencegah virus dan bakteri menyerang tubuh kita. Apa saja manfaat vitamin dan mineral bagi tubuh kita?

Manfaat vitamin dan mineral untuk tubuh
Manfaat vitamin dan mineral untuk tubuh

Perlu kita ketahui, nutrisi dasar makanan dalam tubuh manusia terdiri dari vitamin, mineral, karbohidrat, dan protein. Saat kita berpuasa, kita membutuhkan beberapa asupan vitamin dan mineral untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Gizi yang seimbang menjadi salah satu yang harus dipenuhi untuk menjaga tubuh tetap sehat meskipun menjalani ibadah puasa.

Kandungan vitamin dan mineral pada tubuh kita harus seimbang, jangan kelebihan atauoun sebaliknya. Dengan menjaga kandungan vitamin dan mineral pada tubuh kita, maka secara tidak langsung tubuh kita akan memiliki imun yang diproduksi sendiri.

Manfaat Vitamin dan Mineral

Perlu kita ketahui, vitamin dan mineral adalah salah satu unsur penting yang harus dipenuhi agar organ tubuh kita tetap sehat dan terjaga. Ada beberapa manfaat vitamin dan mineral yang perlu kita ketahui, diantaranya:

  • Mengatur metabolisme dalam tubuh
  • Mencegah beberapa penyakit mematikan
  • Memperkuat sistem imun
  • Menjaga kesehatan fisik dan mental

Sebenarnya masih banyak manfaat vitamin yang dirasakan bagi tubuh kita. Bagaimana jika kita menjalani puasa? apakah vitamin dan mineral akan berkurang karena tanpa asupan yang teratur?

Manfaat Buah dan Sayuran sebagai Anti Oksidan

Saat menjalani puasa, sebenarnya tubuh kita sudah memiliki vitamin dan mineral. Untuk menjaga keseimbangan vitamin dan mineral dalam tubuh kita sebaiknya mengkonsumsi buah dan sayuran. Karena buah dan sayuran merupakan sumber vitamin dan serat yang bisa membantu proses metabolisme tubuh.

Selain itu buah dan sayuran juga merupakan anti oksidan yang berguna untuk menangkal senyawa dalam tubuh hasil oksidasi atau lebih sering disebut dengan antioksidan. Sebagian besar buah dan sayuran itu mengandung vitamin C yang befungsi sebagai daya tahan tubuh.

Manfaat Buah dan Sayuran
Manfaat Buah dan Sayuran

Cukupi Kebutuhan Vitamin dan Mineral selama Berpuasa

Saat menjalani ibadah puasa, kita membutuhkan banyak vitamin dan mineral, bagaimana caranya? Kita harus disiplin mengkonsumsi buah dan sayuran sebagai sumber vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Apalagi saat kita menjalani keseharian, pastinya membutuhkan banyak energi dan karbohidrat, nah selama itu tubuh kita harus memiliki juga vitamin dan mineral agar tubuh kita selalu bugar meskipun menjalani ibadah puasa.

Yuk, mari membiasakan hidup sehat untuk mencegah datangnya penyakit. Manfaat vitamin dan mineral sangat banyak untuk tubuh kita. lebih baik mencegah daripada mengobati kan? Selamat menunaikan ibadah puasa,