Apakah Pendaftaran Merek Penting? Simak Begini Penjelasannya!

0
29

Pendaftaran merek sangat penting untuk dilakukan sebagai seorang pebisnis. Ya, merek dagang akan menunjukkan orisinalitas dari barang yang diproduksi sehingga memiliki peranan penting dalam proses pemasaran suatu produk.

Selain menunjukkan keaslian produk, mendaftarkan merek juga dapat membantu menghindari kerugian di masa mendatang. Nah, jika ingin mengetahui pentingnya mendaftarkan merek dagang, yuk simak penjelasan berikut.

Apa Itu Pendaftaran Merek?

Ketika baru memulai bisnis dan membuat produk, hal pertama yang terlintas tentu mengenai nama merek. Dari sebuah nama ini, identitas produk akan dimiliki dan membedakan dari produk sejenisnya.

Dengan adanya merek, daya saing produk pun meningkat dan sangat memengaruhi perilaku konsumen dalam membeli suatu produk. Karena itu, menciptakan nama merek untuk suatu produk sangat penting untuk diperhatikan sebagai pebisnis.

Namun, perlu diingat bahwa saat menjual produk, perlindungan terhadap merek harus dilakukan. Perlindungan terhadap merek bertujuan agar tidak ada pihak lain yang menggunakan nama serupa untuk menjual produknya.

Cara untuk melindungi suatu produk adalah dengan mendaftarkan merek kepada instansi pemerintah yang berwenang. Di Indonesia sendiri, merek termasuk salah satu jenis Hak Kekayaan Intelektual atau HKI yang merupakan aset dari pemiliknya.

Pendaftaran merek
Pendaftaran merek

Pentingnya Mendaftarkan Nama Merek

Pendaftaran nama merek suatu produk memang penting dilakukan sebagai solusi menghindari risiko kerugian dan membantu pebisnis mendapatkan keuntungan. Beberapa alasan pentingnya mendaftarkan merek untuk produk yang dimiliki, antara lain:

Identitas untuk kredibilitas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, merek menjadi identitas atau tanda pengenal dari produk. Produk akan memiliki identitas yang tidak dapat ditiru oleh pihak lain jika melakukan pendaftaran nama merek. Dengan begitu, konsumen juga dapat mengenali produk dengan mudah.

Merek merupakan ciri khas atau pembeda dari suatu usaha. Meski nantinya ditemukan produk sejenis, akan terdapat pembeda dan jaminan atas mutu barang atau jasa yang ditawarkan apabila sudah mendaftarkan merek.

Sebagai perlindungan hukum

Alasan mendaftarkan nama merek lainnya adalah agar mendapatkan perlindungan hukum. Jika merek terdaftar dan ada pihak lain yang mencoba meniru, maka pihak tersebut dapat digugat melalui pengadilan.

Negara akan melindungi produk milik Anda karena prinsip pendaftaran nama merek, yakni first to file, di mana siapa yang mendaftarkan pertama kali adalah pemegang merek. Karena itu, perlindungan hukum merupakan pertahanan utama bagi merek yang sedang dikembangkan perusahaan.

Pemegang hak eksklusif atas merek

Merek adalah aset tidak berwujud yang termasuk hak eksklusif bagi pemiliknya untuk menggunakan merek tersebut dalam perdagangan sesuai dengan kelas dan jenis barang. Dengan memiliki hak merek, pebisnis memiliki kebebasan untuk menggunakannya untuk tujuan komersial.

Mencegah penggunaan merek tanpa izin

Sebagai pemilik merek yang sudah terdaftar, pemberian royalti bisa dilakukan saat orang lain menggunakan merek tanpa izin. Saat ada yang menggunakannya tanpa izin, terdapat pembajakan merek, maka berdasarkan Pasal 83 UU Merek dan Indikasi Geografis, Anda berhak mengajukan gugatan ganti rugi ke Pengadilan Niaga.

Pengajuan penghentian pun dapat dilakukan mengenai semua perbuatan yang berkaitan dengan penggunaan merek. Bahkan, pemilik merek berhak melaporkan tindak pidana tersebut maupun melakukan penyelesaian sengketa melalui arbitrase atau alternatif lain sesuai Pasal UU Merek dan Indikasi Geografis.

Menambah nilai aset perusahaan

Alasan mendaftarkan nama merek selanjutnya, yakni menambah nilai aset perusahaan. Nama merek suatu produk dapat dipergunakan sebagai branding perusahaan. Branding perusahaan ini akan mengundang investor untuk datang menanamkan modal.

Lalu, merek menjadi berharga apabila sudah resmi terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual atau DJKI.

Demikian informasi terkait pengertian dan alasan penting melakukan pendaftaran merek. Untuk mencegah adanya sengketa di kemudian hari, ada baiknya untuk mendaftarkan merek lebih awal, ya.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here