Bawa Mobil Kesayangan ke Bengkel Rekanan, Cek Daftar Servisnya Dulu!

0
294

Saat kendaraan mengalami kerusakan baik di mesin atau body, tentu harus segera dibawa ke bengkel. Hal ini dilakukan untuk mengecek kerusakan apa yang dialami oleh kendaraan agar semakin cepat mendapatkan penanganan.

Dengan memiliki asuransi mobil, tentu saja dapat membantu biaya servis mobil untuk pemeliharaan maupun perbaikan. Saat akan melakukan klaim perbaikan mobil di perusahaan asuransi, Anda bisa memilih bengkel rekanan asuransi, seperti asuransi mobil Honda beserta bengkel rekanannya.

Seperti diketahui, pihak asuransi memiliki daftar berbagai bengkel rekanan untuk melakukan perbaikan mobil. Termasuk, asuransi mobil Toyota untuk kendaraan asal Jepang.

Adapun bengkel rekanan tersebut ada yang merupakan bengkel resmi authorized workshop (APM) atau bengkel independen atau umum.

Nah, agar Anda dapat maksimal melakukan pemeliharaan maupun perbaikan kendaraan, maka ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih bengkel mobil. Mulai dari biaya servis, cara penanganan mobil, dan lama kerja perbaikannya.

Berikut ini adalah daftar servis mobil yang penting untuk diketahui Anda selaku pemilik kendaraan.

Cek Daftar Servis Mobil
Daftar Servis Mobil Lengkap

Daftar Servis Mobil

Seperti dipaparkan sebelumnya, ada beberapa jenis servis mobil yang bisa Anda peroleh saat membawanya ke bengkel. Jenis-jenis tersebut bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan kendaraan Anda.

Berikut ini adalah daftar servis mobil yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan:

1. Mesin mobil

Mesin adalah bagian yang sangat penting dari mobil. Adanya mesin mampu membuat sebuah mobil bisa berjalan dengan baik bila keadaan mesin juga bagus.

2. Aki mobil

Fungsi aki pada bagian kelistrikan mobil sangat vital. Keberadaan aki bisa untuk mengoperasikan AC, lampu, klakson, kamera parkir, dan sebagainya.

3. Rem mobil

Servis rem mobil sangat disarankan bila mobilitas Anda menggunakan mobil sangat tinggi. Apabila Anda sering menempuh jarak 20.000 kilometer, ada baiknya rajin servis rem supaya sistem rem tetap bekerja optimal.

4. Lampu mobil

Apabila terdapat masalah pada lampu mobil, maka Anda harus segera bergegas ke bengkel karena lampu merupakan bagian penting dari kendaraan roda empat.

Adanya lampu mempengaruhi keselamatan pengemudi. Maka dari itu, kondisi lampu mobil harus tetap bagus dan nyalanya terang.

5. Servis speedometer

Speedometer mobil berfungsi menunjukkan laju kecepatan pada mobil. Akan membutuhkan waktu yang lama untuk perbaikannya bila bagian ini rusak, yaitu sekitar 1-4 minggu.

6. Shockbreaker mobil

Apabila sering menggunakan mobil, terutama dalam jarak tempuh 25.000 kilometer, maka sebaiknya Anda melakukan pengecekan di bengkel. Kondisi shockbreaker bisa lebih rentan karena seringnya digunakan dalam jarak tempuh sejauh itu.

7. Klakson mobil

Servis klakson termasuk yang murah. Biaya yang dibutuhkan tidak lebih dari Rp 50.000. namun, apabila yang rusak adalah jaringan klaksonnya jenis disc horn, maka sudah tidak bisa diperbaiki lagi.

8.  Alternator mobil

Alternator mobil atau biasa dikenal dengan dinamo ampere ini fungsinya untuk mengalirkan listrik. Mobil yang mengalami mogok salah satunya bisa karena adanya kerusakan pada dinamo ampere ini.

9. Servis knalpot mobil

Knalpot mobil memiliki fungsi exhaust system untuk membuang gas dari sisa-sisa pembakaran, sehingga mobil bisa tetap berjalan.

10. Servis kaca mobil

Kaca mobil ada banyak sekali jenisnya. Anda bisa memilih jenis kaca mobil dengan kualitas yang bagus dari merk ternama.

Jenis kaca yang sering digunakan di Indonesia pun sudah tentu sesuai dengan iklim yang ada di Indonesia.

11.  Servis pintu mobil

Sebuah mobil akan membutuhkan perbaikan pada bagian pintunya. Terutama untuk mobil-mobil yang sudah tua semakin diharuskan untuk servis jenis ini.

Dikhawatirkan ada engsel yang sudah atau karet yang mengeras. Karena itu, perlu dicek kondisinya ya!

12.  Servis audio mobil

Anda bisa melakukan pengecekan audio mobil anda di bengkel bila audio tidak mengeluarkan suara atau sudah penuh dengan debu.

Yang penting lagi adalah bila mobil anda pernah terendam banjir, maka sangat penting melakukan servis audio mobil.

13. Servis bemper mobil

Desain setiap bemper mobil berbeda-beda. Apabila terjadi tabrakan yang paling dulu mengalami kerusakan adalah bemper mobil karena merupakan bagian terluar mobil. Bemper bisa rusak, penyok, dan lecet.

14.  Servis remot mobil

Remot mobil menjadi bagian yang penting karena selain digunakan untuk mengunci dan membuka pintu, remot mobil juga bisa anda gunakan untuk mencari mobil anda di tengah keramaian.

15. Servis jok mobil

Anda bisa mengganti jok mobil sudah tipis. Anda juga bisa menggantinya sesuai dengan desain yang diinginkan.

Untuk itu, Anda bisa memilihnya sesuai dengan harga yang ditawarkan, karena berbeda-beda di setiap bengkel.

Itulah daftar servis mobil yang penting untuk diketahui. Selain servis-servis tersebut, ada banyak lagi bagian-bagian yang lain yang perlu dilakukan servis, seperti velg. Semoga bermanfaat!

5/5 - (2 votes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here