Berkenalan dengan Yandex Search Browser Andalan Rusia

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Search browser Yandex saat ini menjadi andalan. Dunia teknologi internet saat ini menjadi solusi bagi setiap pengguna internet ketika akan mencari sesuatu. Search browser atau lebih dikenal dengan mesin pencari adalah salah satu solusi yang bisa menjawab semua pertanyaan yang ada di benak kalian. Salah satunya adalah Yandex. Yandex merupakan mesin pencari andalan Rusia yang banyak digunakan untuk mencari berbagai artikel atau berita yang dibutuhkan.

Cara kerja Yandex hampir sama dengan mesin pencari lainnya seperti Google, Yahoo, maupun Bing. Yandex menggunakan algoritma yang sudah diprogram untuk menemukan apa yang kalian cari di Internet. Memang saat ini untuk mencari informasi ataupun maslaah harus membutuhkan waktu yang cepat dan realtime. Salah satunya adlaah dengan menggunakan mesin pencari seperti Yandex.

Yandex Search browser Asal Rusaia
Yandex Search browser Asal Rusaia

Sekilas Tentang Yandex

Sejarah Yandex bermula pada tahun 1997 dengan diluncurkannya situs mesin pencari di Rusia dengan alamat situs Yandex.ru. Pada awalnya Yandex hanya digunakan di daerah Rusia dan sekitarnya. Karena tujuan para pendiri adalah untuk memfilter para pengguna berbahasa Rusia, oleh karena itu Yandex merupakan mesin pencari yang sangat populer di Rusia.

Yandex merupakan singkatan dari Yet Another iNDEXer dan muncul sebuah kata yaitu Yandex. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2008 Yandex sudah mulai banyak dikenal oleh para pengguna internet tak hanya dari Rusia akan tetapi dari seluruh dunia sebagai mesin pencari website.

Yandex sempat bersaing dengan google dan sejak kemunculan kompetitor pengguna Yandex sedikit menurun. Lalu para pengembang memutar otak agar para pengguna kembali menggunakan Yandex sebagai mesin pencarian. Perubahan pada bagian algoritma pencarian, banyaknya pencarian, dan indexing menjadi poin utama yang diperhatikan oleh para pengembang. Hal ini dilakukan agar bisa bersaing dengan kompetitor mesin pencari website.

Sebagai informasi yandex didirikan oleh Arkady Yuryevich Volozh (yang saat itu menjadi CEO Yandex) dan Ilya Valentinovich Segalovich (pendiri dan direktur teknologi dan pengembangan).

Sekarang, Yandextrelah menjadi perusahaan yang besar setelah beberapa perubahan algoritma dan sistem yang dilakukan oleh pengembang. Jumlah karyawan yang telah mencapai ribuan ini, Yandex berusaha menjadi perusahaan dan sebagai mesin pencari yang banyak digunakan oleh pengguna internet. Tujuan utama Yandex saat ini adlaah mengakuisisi pangsa pasar mesin pencari dan di berbagai bidang lainnya, tentunya mashi dalam lingkup dunia teknologi dan internet.

Kelebihan Yandex Sebagai Search Browser

Hingga saat ini Yandex berubah menjadi raksasa mesin pencari dan hampir menyaingi Google. Algoritma Yandex yang terus berkembang menunbuhkan rasa kepercayaan pengguna internet untuk menggunakan search browser Yandex dari berbagai belahan dunia.

Berikut ini adalah berbagai kelebihan Yandex sehingga bisa dimanfaatkan oleh apra pengguna sebagai pencari informasi. Diantaranya adalah:

Layanan yang Lebih Unggul dari Pesaing Utama

Layanan yang dimiliki oleh Yandex hampir bisa menyaingi para pesaing utamanya seperti bing dan google. Para pengembang selalu mengupdate algoritma yang digunakan sebagai engine dan bot untuk mengindex beberapa website penting dan kaya akan informasi. Oleh sebab itu Yandex saat ini banyak digunakan oleh apra pengguna internet.

Adanya Blok Berita di Halaman Utama

Homepage Yandex berisi tentang update yang paling terbaru. Beberapa blok seperti portal berita akan memudahkan pengguna ketika mencari informasi yang sedang terending di dunia.

Konten Informasi yang Sangat Tinggi

Setelah melalui beberapa pengembangan, tampaknya Yandex berhasil menghasilkan produk yang berhasil dan menjadi search browser andalan rusia bahkan oleh para pengguna di seluruh dunia. Yandex memfilter beberapa konten yang memiliki informasi yang sangat tinggi sehingga artikel yang ditemukan sangat berbobot.

Bebas Spam dan Informasi Komersial Masih Jarang

Setiap produk mesin pencari pasti akan mempergunakan celah dan peluang yang bisa dijadikan bisnis, salah satunya adalah konten komersial. Yandex masih jarang menampilkannya. Selain itu Yandex juga bebas spam yang bisa mengganggu pengalaman kalian dalam mencari sumber informasi yang valid.

Kesimpulan

Sebagai mesin pencari atau search browser yang menjadi andalan di Rusia, Yandex hadir dengan berbagai peningkatan dan pengembangan pada algoritmanya. Seiring berjalannya waktu, para pengguna internet di seluruh dunia mulai menggunakan Yandex sebagai mesin pencari. Berbagai kelebihan yang dimiliki oleh mesin pencari Yandex juga bisa kita rasakan. Bagi kalian yang ingin mencoba Yandex, silakan rasakan pengalaman yang menyenangkan ketika berselancar di dunia internet menggunakan Yandex. Selamat mencoba.

5/5 - (6 votes)

Leave a Comment