Bingung Berinvestasi? Inilah Cara Investasi Reksadana Secara Tepat!

0
197

Investasi menjadi salah satu kegiatan yang akhir ini cukup populer di kalangan masyarakat. Banyak jenis investasi yang bisa dipilih, salah satunya investasi reksadana. Cara investasi reksadana perlu Anda pahami sebaik mungkin, guna meminimalisir terjadinya kerugian. Bagaimana caranya? Ini penjelasannya!

Apa Itu Investasi Reksadana?

Sebelum mengetahui cara investasi reksadana, Anda perlu mengenal istilah tersebut. Untuk Anda yang berminat memulai investasi reksadana, memahami investasi reksadana menjadi bekal utama dalam berinvestasi.

Reksadana bisa dikatakan sebagai suatu wadah untuk masyarakat luas yang berminat melakukan investasi, tepatnya berkaitan dengan instrumen pasar keuangan. Hal ini sudah diatur secara resmi melalui UU Pasar Modal pada No. 8 Thn. 1995. Jadi, Anda pun tidak perlu ragu lagi untuk berinvestasi reksadana karena sudah resmi diakui pemerintah.

Cara investasi reksadana yang tepat
Cara investasi reksadana yang tepat

Pahami Cara Kerja Reksadana

Setelah memiliki minat untuk berinvestasi reksadana, pahami bagaimana cara kerjanya. Hal ini akan membuat investasi yang dilakukan lebih mudah dan lancar. Investasi reksadana memiliki cara kerja, meliputi verifikasi investasi yang dilakukan.

Setiap investasi yang dilakukan akan dipisahkan menjadi beberapa bagian instrument. Oleh sebab itu, investasi yang ditanamkan tidak terpaku pada satu perusahaan, melainkan bercabang.

Cara investasi reksadana sangatlah menguntungkan. Jika ditemukan suatu kondisi di mana perusahaan X mengalami penurunan, maka dana investasi tidak akan ikut menurun. Dalam hal ini, investasi yang Anda lakukan tetap aman.

Dengan adanya return yang besar, tentunya akan sangat menguntungkan Anda. Tidak hanya itu, instrumen yang memiliki akses mudah menjadi salah satu cara investasi reksadana yang sangat mudah dilakukan.

Jenis Reksadana

Agar bisa menerapkan cara investasi reksadana secara tepat, Anda harus mengetahui jenis reksadana secara umum. Anda pun bisa memilih instrumen teraman untuk melakukan investasi dana yang dimiliki. Jenis reksadana yang dimaksud antara lain:

Reksadana Pendapatan Tetap

Pertama, Anda bisa menggunakan reksadana pendapatan tetap. Ketika berinvestasi melalui instrumen ini, maka dana untuk obligasi mencapai 80% minimalnya. Adapun keuntungan yang akan diraih bisa mencapai 10% dalam setiap tahunnya.

Reksadana Saham

Jenis yang satu ini merupakan investasi reksadana yang bisa dijual-belikan. Harganya pun bersifat fluktuatif, sehingga Anda pun patut untuk mempertimbangkannya. Keuntungan bisa meningkat bergantung pada kemajuan suatu perusahaan, tempat di mana Anda berinvestasi.

Reksadana Dana Campuran

Jenis lainnya yaitu reksadana dana campuran. Reksadana yang satu ini menerapkan aturan dari jenis reksadana lainnya. Anda patut mempertimbangkannya secara tepat, karena risikonya pun cukup besar.

Reksadana Pasar Uang

Coba juga investasi reksadana pasar uang. Uang yang diinvestasikan bisa Anda tempatkan pada instrumen yang Anda pilih. Instrumen tersebut mencakup deposito, SBI (Sertifikat Bank Indonesia), atau obligasi.

Jenis Reksadana
Jenis Reksadana

Mengapa Reksadana Pasar Uang Menjadi Jenis Investasi Reksadana yang Paling Disarankan untuk Pemula

Reksadana pasar uang dianggap sebagai salah satu investasi yang sangat aman. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan investasi yang satu ini memiliki risiko kecil, tapi keuntungannya pun tidak besar.

Jenis investasi reksadana pasar uang ini, sangat cocok untuk investor pemula. Karena tidak sedikit pemula yang merasa takut rugi untuk berinvestasi. Maka dari itu, sangat tepat untuk memilih jenis investasi ini.

Meskipun demikian, reksadana pasar uang memiliki manfaat dan juga risiko. Manfaatnya mencakup modal yang terjangkau, berpotensi mendapatkan keuntungan yang besar, dikelola oleh manajer investasi yang profesional, waktu yang efisien, diversifikasi, bukan objek pajak, dan transparan.

Investasi reksadana pasar uang pun memiliki risiko yang patut untuk dipertimbangkan. Risiko tersebut antara lain penurunan NAB, risiko likuiditas, perubahan peraturan, hingga risiko pembubaran.

Cara Investasi Reksadana

Terdapat beberapa cara investasi reksadana yang mesti Anda perhatikan. Setiap cara patut untuk diterapkan dengan baik. Terlepas dari jenis reksadana yang akan Anda pilih, apakah reksadana saham atau reksadana pasar uang. Pilihan ada di tangan masing-masing.

Selanjutnya, tentukan tujuan melakukan investasi. Cara investasi reksadana yang satu ini sangatlah penting. Hal ini akan membuat Anda lebih terfokus untuk melakukan investasi. Selain itu, investasinya lebih terarah.

Tentukan pula investasi yang akan Anda tanam. Apakah akan menanam pada reksadana pasar uang saja atau mencoba jenis lainnya. Tentukan masa investasi, yakni jangka pendek atau jangka panjang.

Merencanakannya dengan baik adalah cara investasi reksadana yang tepat untuk memulainya. Investasi yang dilakukan memiliki arah, sehingga dilakukan sesuai kebutuhan yang telah Anda rencanakan.

Selain itu, untuk bisa berinvestasi reksadana pasar uang, Anda patut menggali informasi terkait secara mendalam. Dengan bekal pemahaman serta wawasan yang tepat, Anda pun akan terhindar dari kekeliruan. Perhatikan keuntungan dan kelebihan yang disuguhkan.

Keuntungan Berinvestasi di digibank by DBS

Untuk Anda yang ingin melakukan investasi reksadana pasar uang secara aman, cobalah di digibank by DBS. Anda bisa melakukan investasi secara mudah. Selain itu, banyak sajian lengkap investasi ala rumah makan padang yang bisa Anda pilih. Keuntungannya antara lain:

Bebas Memilih Jenis Reksadana

Dengan memilih investasi di digibank by DBS, Anda bisa mendapatkan kebebasan untuk memilih jenis reksadana. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan yang dimiliki. Selain itu, pastikan untuk memilih jenis reksadana yang paling dipahami.

Pembelian yang Fleksibel

Dalam pembeliannya pun bisa dilakukan secara fleksibel. Anda bisa menentukan jangka waktu sendiri, apakah ingin berjangka pendek, satu tahan, atau berjangka panjang.

Pilihan Produk yang Beragam

Terdapat pilihan produk reksadana hingga 50 lebih. Hal ini tentunya menjadi keuntungan Anda untuk bisa memilih produk yang diinginkan. 

Registrasi Secara Mudah

Untuk Anda yang berminat, proses registrasi bisa dilakukan secara mudah. Mulai pendaftaran SID, penjualan, pembelian switch dan berbagai transaksi lainnya hanya dalam satu aplikasi.

Modal Terjangkau

Mulai semuanya dengan harga yang cukup rendah, minimal 100.000 rupiah. Harga tersebut cukup terjangkau untuk memulai investasi Anda. 

Cara investasi reksadana di digibank by DBS bisa dilakukan dengan mudah. Untuk Anda yang tertarik, bisa unduh digibank App atau juga follow digibank IG untuk mengetahui informasi lebih lengkap.

Dengan pemahaman di atas, diharapkan Anda mampu melakukan investasi secara aman dan lancar. Cara investasi reksadana yang telah dijelaskan di atas bisa Anda terapkan sesuai dengan jenis investasi yang ingin Anda pilih.

Nah, itulah informasi sekilas terkait cara investasi reksadana yang bisa Anda terapkan. Pastikan dibekali dengan pemahaman mendalam, sehingga dapat meminimalisir kekecewaan yang tidak diharapkan. Anda juga bisa berkonsultasi pada ahli yang lebih berpengalaman.

5/5 - (1 vote)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here