Cara Menghindari Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja

0
186

Bagaimana cara menghindari pergaulan bebas pada remaja? Perubahan budaya pergaulan pada remaja saat ini memang sedikit dipengaruhi oleh era teknologi yang semakin berkembang. Audio visual yang bisa ditimbulkan dari berbagai media sosial bisa mempengaruhi tindakan,psikologis serta kebiasaan para remaja saat ini. Oleh karena itu perlunya ada pengawasan dan pembelajaran mengenai pergaulan remaja agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas yang salah.

Pihak yang berperan dalam segi pergaulan pada remaja tak lain adalah orang tua. Dengan dukungan dan didikan orang tua yang benar, meskipun saat ini tengah memasuki era teknologi yang berkembang maka tindakan anak-anak bisa dibatasi dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan pengarahan dan memberi pemahaman mana tindakan yang baik dan mana yang buruk.

Dampak buruk dari pergaulan bebas pada remaja bisa bermacam macam, seperti tabiat yang menjadi keras kepala, pengaruh terhadap narkoba, risiko gangguan kesehatan mental, maupun berbagai penyimpangan kesehatan lainnya. Memang hal ini harus dihindari sejak dini, agar di masa depan tidak menjadi lebih parah dalam sosialisasi.

Tak hanya itu, para orang tua juga harus mengajarkan bagaimana konsep risiko yang bisa ditimbulkan dari setiap apapun tindakan yang dilakukan oleh remaja. Karena hanya dengan pemahaman seperti itu, para remaja bisa mematuhi dan mengerti dengan setiap tindakan yang akan mereka lakukan.

Era teknologi yang canggih seperti saat ini tidak melulu menjadi alasan mengapa pergaulan bebas saat ini lebih umum terjadi di kota besar seperti metropolitan, Bandung, Surabaya dan lain sebagainya. Selain itu berbagai faktor lain juga bisa mempengaruhi tindakan mereka ketika sedang bergaul bersama teman-temannya.

Cara menghindari pergaulan bebas di kalangan remaja
Cara menghindari pergaulan bebas di kalangan remaja

Cara Menghindari Pergaulan Bebas pada Remaja

Nah, saatnya Anda para orang tua untuk mengambil beberapa tindakan terkait pencegahan terhadap pergaulan bebas pada kalangan remaja. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan terhadap anak-anak, untuk menghindari pergaulan bebas. Di antaranya adalah:

Selektif Memilih Teman

Salah satu faktor utama salahnya pergaulan adalah bergabung dengan teman yang memiliki kebiasaan buruk. Oleh karena itu anak-anak bisa mengikuti kebiasaanya jika sering bergaul setiap hari dengan mereka. Cara yang paling efektif adalah dengan selalu selektif dalam memilih teman. Mulai saat ini lakukan nasihat kepada anak dalam memilih teman, sarankan agar memilih teman bergaul yang memiliki nilai positif dan bermanfaat dalam kesehariannya.

Mengisi Waktu Luang dengan Kegiatan Positif

Setiap anak jika ketika sedang santai dan belum memiliki aktifitas disaat setelah sekolah maupun hari libur harus diarahkan untuk melakukan kegiatan positif. Hal ini akan mempengaruhi kebiasannya ketika tidak melakukan apa-apa. Mindset pada remaja harus selalu dimasukkan segala hal yang bisa memberikan manfaat bagi dirinya maupun untuk orang lain.

Beri Perhatian pada Anak

Terkadang anak yang kurang perhatian orang tuanya akan melampiaskan kesehariannya dengan orang terdekatnya. KAdangkala mereka salah memilih teman dan pasti akan terjerumus kepada kegiatan yang negatif. Oleh karena itu sebagai orang tua, harus membiasakan memberi perhatian pada anak dalam segi apapun. Maka anak akan merasa orang tua merupakan orang terdekatnya dibandingkan teman-temannya.

Memperkuat Pondasi Agama

Pedoman hidup setiap insan sudah dijelaskan dalam ktiab menurut kepercayaan dan agamanya masing-masing. Sebagai orang tua, sebaiknya Anda selalu mengajarkan kepada anak mengenai agama sejak dini. Karena pedoma hidup ini tidak hanya menyejukkan hati dan pikiran saat di dunia saja, akan tetapi dalam hal spiritual juga. Dengan memiliki pondasi yang kokoh tentang agama, kemungkinan mendekati pergaulan yang negatif akan memiliki prosentase kecil.

Kesimpulan

Pergaulan remaja saat ini menjadi hal yang sangat penting bagi orang tua, Anda harus selalu memantau dan mengawasi anak anak agar tidak terjerumus ke hal yang berbau negatif. SAlah satunya adalah dengan cara menghindari pergaulan bebas di kalangan remaja. Beberapa cara dan tips seperti yang telah dijelaskan di atas bisa menjadi acuan bagi anak anak.

Masih banyak berita,tips, maupun program penyuluhan mengenai pergaulan remaja dan lain sebagainya di Ashefagriyapusaka.co.id kunjungi sekarang untuk mendapatkan info terbaru dari Ashefa Griya Pusaka.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here