Cari Kerja Online Lebih Mudah di Era Digital

51
393

Cari kerja online sepertinya sudah menjadi cara yang paling baru untuk setiap orang dalam mencari pekerjaan di era digital. Jika dibandingkan dengan jaman dulu mencari pekerjaan harus membutuhkan perjuangan untuk mengunjungi beberapa perusahaan untuk mendapatkan dan mengajukan lamaran pekerjaan.

Setiap orang pasti pernah mengalami masa-masa mencari pekerjaan. Berjalan di tengah teriknya panas matahari, berkunjung dari sebuah perusahaan ke perusahaan untuk mengajukan lamaran yang berisi surat riwayat hidup, fotocopy ijazah dan surat lamaran. Jaman dimana internet belum secepat sekarang memang sangat melelahkan ketika melamar pekerjaan di lapangan.

Mungkin bisa dikatakan pada jaman tersebut semua dilakukan dengan manual dan penuh perjuangan. Di mana semua berkas harus dicetak dengan menggunakan kertas dan dalam bentuk hard copy. Kemudian dikirimkan secara mandiri ke kantor perusahaan yang akan dituju, atau bisa juga dikirim melalui jasa pengiriman pos.

Selain itu untuk mendapatkan informasi lowongan kerja, kita harus membeli koran sebagai media iklan lowongan kerja yang paling banyak dipilih pada masa itu. Sangat berbeda dengan jaman sekarang, seiring berkembangnya teknologi digital mencari kerja bisa dilakukan secara online.

Cari kerja online dengan dukungan intenet cepat IndiHome
Cari kerja online dengan intenet cepat dan stabil IndiHome

Dengan mencari kerja secara online, kita bisa menghemat waktu dan tenaga karena kita bisa memanfaatkan portal lowongan kerja online utnuk mencari pekerjaan yang cocok dengan kriteria yang diinginkan. Perubahan teknologi digital satu dekade terakhir mempermudah proses pencarian kerja dan proses pelamaran kerja, karena sekarang sebagian besar perusahaan membuka lowongan kerja maupun interview kerja secara online.

Hal ini didiukung juga oleh hadirnya internet cepat dan layanan IndiHome dari Telkom Indonesia. Jadi, kalian bisa dengan lancar mencari pekerjaan di internet dengan mudah, efisien, dan fleksibel karena bisa dilakukan dari mana saja. Dengan kecepatan yang stabil dan sudah mencapai jaringan sampai ke berbagai pelosok negeri maka mencari pekerjaan yang diinginkan sekarang sangat mudah. Selain itu internet cepat bisa mendukung juga dalam hal pekerjaan yang dijalani secara remote.

Manfaat Mencari Pekerjaan Secara Online

Dengan adanya internet yang cepat dan stabil, serta kemajuan media teknologi yang sudah kita rasakan selama ini memudahkan kita dalam mencari pekerjaan dan melamar pekerjaan ke perusahaan yang dituju. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa dirasakan ketika mencari pekerjaan secara online. DI antaranya adalah:

Membuat Curriculum Vitae Online

Dengan memanfaatkan teknoligi internet yang cepat, saat ini ktia tidak perlu mencetak daftar riwayat hidup atau curriculum vitae dalam bentuk fisik. Berbeda dengan jaman dulu, ketika akan melamar pekerjaan kita bisa mencetak berpuluh-puluh lembar guna kepentingan berkas ketika mengajukan lamaran pada sebuah perusahaan.

Hanya dengan menggunakan perangkat lunak desain, kita bisa mendesain sendiri curriculum vitae. Selain itu ada banyak website yang menyediakan layanan membuat CV online, kita tinggal memasukkan data kita di web tersebut, dan otomatis CV akan langsung dibuat dengan format PDF. Selanjutnya tinggal proses upload CV ke perusahaan yang dituju. Sangat mudah bukan?

Mencari Kerja Secara Online

Mendapatkan informasi lowongan pekerjaan untuk saat ini sangat berbeda dari jaman dulu yang mengandalkan koran dan media cetak lainnya. Saat ini kita bisa menemukan berbagai layanan aplikasi smartphone dan portal website penyedia informasi lowongan pekerjaan. Kalian bisa mencari beberapa lowongan pekerjaan yang tersedia di berbagai perusahaan.

Selain itu, info loker dari mulai jenjang SMA, sampai S3 sudah banyak tersedia, kita tinggal meyensuaikan dengan memanfaatkan fitur filter untuk menyaring pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan yang kita miliki. Kemajuan internet akan meminimalisir waktu dan tenaga dibandingkan harus bepergian ke luar rumah hanya sekedar untuk mencari lowongan pekerjaan yang tersedia.

Interview Kerja yang Fleksibel

Kemajuan teknologi seperti aplikasi meeting, email, portal lowongan, dan aplikasi khusus apply lamaran pekerjaan menjadikan segala yang berhubungan dengan perekrutan menjadi lebih fleksibel. Dan sebagian besar saat ini proses yang harus dilalui kebanyakan melalui proses online. Seperti seleksi administrasi, bahkan wawancara pun bisa dilakukan secara online.

Trend wawancara online memang muncul semenjak terjadinya pandemi yang melanda dunia. Setelah itu muncul inovasi baru seperti aplikasi meeting online zoom, gmeet, dan lain sebagainya. Semenjak saat itu, perekrutan dengan mencari kandidat dilakukan secara online juga, wawancara dan interview sekarang lebih fleksibel karena beberapa perusahaan sudah menerapkan wawancara kandidiat secara online.

Kesimpulan

Kehadiran internet yang cepat dan stabil mempengatuhi perkembangan dunia teknologi yang selama ini masih menggunakan sistem konvensional. Proses perekrtuan karyawan yang memanfaatkan teknologi internet membuat para pelamar lebih mudah dalam mencari lowongan kerja yang tersedia.

Proses pemberkasan yang bisa dilakukan secara online juga akan menghemat biaya cetak kertas yang dulu sering dilakukan oleh pelamar kerja. Digitalisasi berkas memiliki banyak manfaat seperti mengurangi sampah kertas. Tak hanya itu, proses wawancara pun saat ini dilakukan secara online. Sehingga para pelamar tidak perlu datang ke kantor sebuah perusahaan.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika mencari pekerjaan secara online, ditambah dengan dukungan internet cepat dan stabil seperti IndiHome sangat mempermudah segalanya.

5/5 - (1 vote)

51 COMMENTS

  1. Setuju banget nih kak, sekarang buat melamar kerja jadi sat set ya. Interviewnya juga udah secara online jadinya lebih hemat biaya juga buat pelamar kerjanya. Bisa interview dari mana aja

  2. saya juga pernah merasakan daftar kerja harus print hard copy dan kirim pos, kalau zaman sekarang udah lebih praktis bisa kirim email atau pakai aplikasi pencari kerja, yang penting ada internet lancar aman deh

  3. Setuju banget Mas Al sekarang mencari kerja secara online sangat mudah ketika perkembangan digital semakin meluas, cukup dengan layanan internet cepat dan stabil, kita tinggal browsing dan apply melalui internet, tanpa harus keluar rumah bahkan sampai pada tahap interview semuanya sudah bisa online

  4. Betul banget kak sekarang cari kerja lebih mudah dan cepat serta praktis lewat online, begitupun apply lamarannya dan wawancaranya. thanks to technology dan internet cepat. dulu saya mah cari kerjaan lewat koran kirim lamaran pake kirim pos lamaa prosesnya

  5. Kalau dulu cari kerja harus beli dan pinjam koran dulu buat lihat lowongan, Alhamdulillah sekarang berkat adanya internet nggak perlu lagi hehehe

  6. Tentu saja era internet sekarang segalanya akan lebih mudah dengan internet ya Kak. IndiHome menjadi pilihan terbaik untuk menjadi provider internet cepat yang bisa bantu cari kerja secara online

  7. Makin gampang ya sekarang cari kerja, apalagi dizaman serba digital. Dengan dukungan internet cepat mencari kerja atapun proses wawancara kerja makin mudah lan lancar.

  8. sangat memudahkan banget dizaman serba digital. melamar pekerjaan ngga perlu keringetan bawa map atau surat lamaran yang ngabisin kertas dan uang transport. sekarang semuanya serba digital, sampe wawancaranya

  9. Benar-benar memudahkan sekali ya
    Saya sendiri bisa melakukannya sambil rebahan
    Asalkan internet IndiHome tak ada gangguan semua info sangat mudah diraih

  10. bener ya bersyukur banget jaman sekarang ada internet apalagi kaya indihome gini yang karang gangguan 🙂 bisa ngapain aja dari rumah aja lebih praktis

  11. Lebih praktis cari kerja secara daring ini, karena bisa juga sekalian pas ada tesnya dilakukan online. Makanya butuh koneksi internet lancar ini sebagai pendukung

  12. Inilah enaknya zaman sekarang ya, dengan kecanggihan teknologi dan internet apa-apa serba mudah dan praktis termasuk kalau mau cari kerja. Gak perlu susah2 lagi cari loker kesana kemari. Cukup andalkan internet cepat aja

  13. Sekarang praktis ya kak bisa cari kerja via online dan banyaaak sumbernya. Bisa milih mau kerja di kantor atau work from home, jadi kerja dengan gaji dollar juga bisaa.
    Thank you Indihome.

  14. Sejujurnya, aku juga iseng-iseng mengisi CV online loo..
    Hehhe, memang terbantu sekali dengan adanya paket internet cepat yang bisa menjangkau perusahaan ternama ketika membuka lapangan pekerjaan secara online. Jadi gak wasting time, money and effortless.

  15. Betul sekali ini, Mas. Kehadiran Internet proses mencari lowongan kerja, terus proses rekrut, sampai nantinya bisa bekerja lebih fleksibel. Tapi tentunya semua harus didukung dengan internet yang cepat dan stabil.

  16. Kayaknya sekarang itu semua hal emang serba internet ya. Penting buat memanfaatkan internet secara tepat kayak gini jadi bisa melakukan hal lebih berkualitas. Didukung jaringan internet terbaik, makin mantap lah

  17. saat ini mencari kerja gak perlu keluar rumah, modal internet cepat dari IndiHome kita bisa mencari kerja dari rumah, jadi lebih hemat waktu, tenaga dan juga biaya tentunya.
    bahkan sampai tahap berikutnya yaitu interview pun bisa melalui online yang penting didukung oleh internet cepat dan stabil ya Kak 🙂

  18. Gak cuman pelamar kerja yang terbantu dengan internet cepat. Pemberi kerja juga butuh banget buat nyari kandidat karyawan sesuai kriteria perusahaan.

  19. Paling aesih kalo pas pemberkasan internet nggak stabil. Dokumen yang sudah diunggah gagal. Jadi terpaksa ulang terus padahal proses pemberkasan tuh banyak dan ribet untuk pekerjaan pemerintah atau kerjasama dengan pemerintah

  20. Jadi inget dulu masih tulis tangan, dikirim lewat pos dan nitip pak satpam segala. Sekarang semua lebih mudah dan efektif lewat online ya. pokoknya harus didukung internet cepat biar lancar. Untung aku juga IndiHome.

  21. IndiHome emang teh best sih dalam hal layanan internet. udahlah cepet, terjangkau dann dia bisa sampe ke daerah2 yang biasanya ngga ada sinyal, top lah!

  22. sekarang bikin CV jadi lebih mudah dan bisa lebih menarik. cukup dengan manfaatin internet bisa generate CV secara online. tentu jadi berpeluang besar untuk diterima kerja.

  23. Ngga kebayang sih dulu gimana kalo ngga ada internet, job fair sekarang pun bisa online lho yaa jadi kebutuhan internet ini udah kayak kebutuhan primer, untung banget ada IndiHome yang jangkauannya luas

  24. setuju, cari loker bisa online, cari referensi cv dan portfolio juga online, bikin track record portfolio juga online, harus dimanfaatin semaksimal mungkin biar bisa terus survive dan cuan

  25. dengan adanya internet kita lebih mudah untuk mendapatkan informasi, sekarang lebih mudah melamar kerja pun bisa online

  26. jangankan melamar kerja yang sifatnya penting banget, scroll sosmed lambat dikit aja bikin naik darah hahaa. jadi penting banget memang punya koneksi internet yang cepat dan stabil. sejauh ini aku nyaman pakai IndiHome

  27. Ga kebayang kalau internet tidak ada, pastinya kita akan masih melamar kerja dengan cara konvensional, mulai dari nulis lamaran, krim via pos, sampai proses wawancara yang banyak memakan waktu dan biaya. Bersyukurnya hari ini semuanya bisa serba online dengan adanya internet

  28. Dengan adanya online ini, jadi sangat memudahkan kita dalam mencari pekerjaan. Nggak kebayang bagaimana zaman belum ada internet, mencari pekerjaannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here