Fungsi Perpanjangan Merek dalam Brand Usaha Anda

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Anda kemungkinan perpanjangan merek sering dengar cuplikan di atas, yang diucap oleh salah satunya senior executive perusahaan soft drink paling besar di dunia. Tetapi memang seharusnya dianggap jika cuplikan itu betul ada. Coca cola bukan sekedar jual minuman soda dalam paket. Tetapi lebih dari itu, coca cola ialah sebuah merek yang telah tertancap dalam pikiran mayoritas orang di dunia. Coca-cola sama dengan fragmen anak muda, dinamis, beri kesegaran, something fun, dan lain-lain. Sementara secara visual, selalu diasumsikan dengan simbol merah dan putih dengan wujud dan warna unik dari botol kaca asli sebagai merek identity-nya.

Sedemikian kuatnya citra atau merek coca cola hingga interbrand – sebuah agen merk global dalam survey merek nilai global pada tahun 2007 mengatakan merek equity coca-cola dipandang us$65,3 miliar atau 1/2 dari pasar nilai perusahaan yang sebetulnya. Kita tidak akan mengulas mengenai coca cola dalam post website ini kali, tetapi belajar dari kasus merek coca cola mengenai bagaimana branding yang kuat menjadi satu diantara aspek khusus dalam keberhasilan sebuah usaha.

Saat sebelum mengambil langkah lebih jauh, apa sich perbedaannya merek dan branding? Merek ialah dari hasil rangkaian federasi dan pemahaman di pikiran orang. Dan branding ialah usaha untuk perpanjangan merek manfaatkan, hasilkan, memengaruhi, dan mengontrol federasi ini untuk menolong usaha bekerja lebih bagus.

Fungsi perpanjangan merek
Fungsi perpanjangan merek

Tetapi, tidak boleh salah! Branding tidak cuma mengenai simbol atau mencapai sasaran pasar anda untuk memenangi kompetisi saja. Lebih dari itu, branding ialah mengenai bagaimana customer atau khalayak menyaksikan anda sebagai salah satu penyuplai jalan keluar untuk permasalahan atau keperluan mereka.

Untuk capai keberhasilan dalam branding, anda harus pahami keperluan dan kemauan konsumen setia dan prospect anda. Dan ini diraih dengan memadukan taktik branding perusahaan anda ke khalayak. Bagaimana triknya? Selalu kira jika branding sebagai fasilitas untuk ekspresikan siapa anda dalam kerangka perusahaan atau produk dan apa yang anda pasarkan.

Bila anda dapat menerangkan siapa anda dan kenapa anda ada, produk atau usaha anda berkemungkinan dicintai oleh prospect anda lalu beli produk atau service anda selanjutnya memberitahu seseorang mengenai anda. Bersamaan sama waktu, perpanjangan merek mulai akan mengenali merek anda. Dan secara perlahan-lahan, merek anda akan hidup dalam hati dan pemikiran konsumen setia, client, dan prospect anda.

Keutamaan Branding

Lalu, apa keutamaan branding? Mempunyai merek yang kuat sebagai salah satunya asset yang paling bernilai untuk usaha. Branding bisa menolong anda untuk kelihatan mencolok dari kompetitor anda, memberikan nilai lebih pada produk atau usaha anda dan turut serta (engage) dengan konsumen setia anda.

Tetapi ini bukan kasus yang gampang karena dibuat dengan perjuangan yang sudah dilakukan dari waktu ke waktu sepanjang beberapa bulan bahkan juga sekian tahun. Anda akan habiskan waktu dengan melakukan investasi dalam mempelajari, mendeskripsikan, dan membuat merek anda.

Merek anda ialah janji anda ke customer. Maka dari itu, merek anda harus jadi sisi fundamental dalam komunikasi perpanjangan merek anda. Branding harus jadi taktik dan pemasaran ialah strategi. Ke-2 nya harus anda kerjakan untuk mengenalkan merek anda ke khalayak dan customer. Tersebut kenapa, branding dalam pemasaran jadi hal yang penting dan tidak dipisahkan dalam usaha.

Merek berperan sebagai tutorial untuk pahami arah usaha anda. Sementara branding memungkinkannya anda menyesuaikan gagasan marketing dengan arah itu dan melakukan taktik secara detail. Efektifitas merek bukan hanya saat sebelum berlangsungnya pembelian, tetapi juga mengenai kehidupan merek pengalaman dari yang diberikan ke customer.

Dimulai dari apa produk atau service anda tampil sama seperti yang diharap? Apa kwalitasnya sebagus yang dijanjikannya atau lebih bagus? Bagaimana pengalaman servicenya? Bila anda dapat mendapat jawaban positif atas semua pertanyaan ini, selamat! Anda sudah sukses membuat konsumen setia.

Dan merek yang bagus, bukan hanya membuat konsumen setia. Tetapi secara intern, merek sukses membuat pegawai yang setia. Dengan merek memberikan mereka suatu hal untuk dipercayai dan menolong mereka pahami arah usaha anda.

Rate this post

Leave a Comment