Ini Dia 4 Kelebihan Bisnis Kos-kosan yang Tak Banyak Orang Tahu

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Salah satu peluang bisnis properti yang terbilang menjanjikan untuk dijalankan yakni bisnis kos kosan <sumber link> yang menguntungkan. Apalagi tak sedikit dari para pebisnis maupun investor konvensional yang tertarik membuka bisnis ini sebagai ide bisnis menguntungkan dan bahkan dapat dijadikan sebagai passive income. Sehingga jika ada memiliki modal yang cukup dalam membuka bisnis usaha kos-kosan, tidak ada salahnya untuk langsung merealisasikannya.

Terlepas dari hal itu, tak banyak orang tahu bahwa bisnis usaha kos-kosan ini ternyata menawarkan banyak sekali kelebihan bagi para pemilik bisnis. Penasaran apa saja kira-kira kelebihan yang ditawarkan, yuk simak informasi selengkapnya di artikel berikut ini.

Bisnis Kos-kosan
Bisnis Kos-kosan

Apa yang Dimaksud Bisnis Usaha Kos-kosan?

Bisnis usaha kos-kosan merupakan salah satu ide bisnis persewaan kamar yang terbilang umum di Indonesia. Dalam hal ini, sebagian besar kos biasanya memiliki bangunan induk yang memang sengaja dibangun untuk sewa kamar. Akan tetapi, ada juga kos yang mana ruangannya berada di bawah rumah miliki keluarga sehingga seseorang akan tinggal bersama dengan pemilik rumah tersebut.

Ketika seseorang menyewa kos, maka hal ini dikatakan sama dengan menyewa kamar. Nantinya mereka akan memperoleh fasilitas berupa kamar tidur, ruang mandi dalam dan berbagai fasilitas penting lainnya. Mengingat sejauh ini banyak sekali orang yang membutuhkan kos untuk tempat tinggal sementara baik itu karena alasan pekerjaan, pendidikan dan lain-lain, maka tak heran jika usaha ini terbilang sangat menjanjikan.

Apa Saja Kelebihan Membuka Bisnis Kos-kosan?

Mungkin di benak Anda ada kekhawatiran tersendiri jika bisnis tersebut tidak dapat berjalan dan justru rugi lantaran tidak ada orang yang menyewa kos di tempat Anda. Akan tetapi, kekhawatiran ini sebaiknya dibuang jauh-jauh lantaran bisnis usaha kos-kosan ternyata menawarkan banyak sekali kelebihan di antaranya yakni sebagai berikut.

  1. Bisnis yang Dapat Dijadikan Passive Income 

Salah satu kelebihan yang bisa Anda peroleh ketika memulai usaha kos-kosan yakni dapat dijadikan sebagai passive income. Yang mana disini Anda nantinya akan rutin menerima pendapatan tetap setiap bulan dari hasil sewa kos yang Anda miliki. Adapun besar kecilnya pendapatan ini sendiri umumnya bergantung dari banyaknya kamar yang Anda miliki. 

  1. Menawarkan Keuntungan Bersifat Jangka Panjang

Bagi Anda yang memiliki usaha rumah kos di lokasi yang strategis seperti dekat dengan kampus atau perkantoran, maka bukan tidak mungkin ini akan sangat menguntungkan. Sebab biasanya tak sedikit mahasiswa ataupun karyawan yang akan menyewa kamar sebagai tempat tinggal sementara. Dengan demikian, maka keuntungan yang Anda peroleh akan bersifat jangka panjang.

  1. Bisnis yang Tidak Pernah Sepi Peminat

Sedikit informasi penting bagi Anda bahwa bisnis usaha kos-kosan sendiri dikatakan sebagai jenis properti yang paling dicari dan tidak pernah sepi peminat. Bahkan hampir setiap bulannya ada orang yang mencari kamar kos sebagai tempat tinggal. Selain itu, pangsa pasar bisnis ini juga terbilang sangat luas mulai dari mahasiswa, karyawan ataupun individu yang merantau ke suatu kota.

  1. Biaya Perawatan Relatif Murah

Apabila dibandingkan dengan bisnis sewa apartemen atau rumah kontrakan, mengenai biaya perawatan kos sendiri terbilang lebih murah. Ini dikarenakan dengan ukuran kamar kos yang cukup kecil sehingga menjadikan kerusakannya tidak terlalu besar. Dalam hal ini, Anda hanya perlu memastikan air, listrik, pintu gerbang sampai dengan fasilitas WiFi agar tetap berjalan untuk para penghuninya. 

Setelah Anda melihat beberapa kelebihan yang ditawarkan bisnis kos-kosan di atas, apakah masih ragu untuk memulai bisnis ini? Apalagi jika melihat keuntungan yang didapatkannya cukup besar sehingga bukan tidak mungkin modal yang Anda keluarkan bisa cepat balik modal.

Rate this post

Leave a Comment