Kelebihan Omnichannel Ecommerce untuk Pengelola Bisnis Online

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Memiliki bisnis yang dijual secara online dan memiliki omset yang besar memang menjadi impian bagi setiap pengusaha. Seiring berkembangnya teknologi dan setiap konsumen juga lebih menyukai belanja online. Sehingga untuk para pengusaha saat ini dimudahkan dengan hadirnya omnichannel ecommerce.

Sebelum kita membahas apa itu omnichannel ecommerce, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu trend bisnis yang lebih mengutamakan media online sebagai wadah untuk memasarkan beberapa produk dan jasa yang dijual. Saat ini bisnis online lebih banyak diminati oleh para pengusaha sebagai media untuk menjalankan bisnis.

Kelebihan Omnichannel Ecommerce
Kelebihan Omnichannel Ecommerce

Apa Itu Omnichannel Ecommerce?

Seperti yang kita ketahui, hampir semua orang pengguna smartphone mencari apa yang mereka inginkan hanya melalui smartphone yang tersambung ke internet. Semakin canggihnya teknologi saat ini memudahkan para calon konsumen mencari barang yang diinginkan dengan berbelanja di toko online baik berupa marketplace, media sosial, maupun toko online.

Dari berbagai saluran itu tentunya para pengusaha harus melakukan inovasi agar semua market bisa terjangkau. Nah, hadirnya omnichannel ecommerce akan memudahkan para pebisnis online agar bisa terintegrasi dengan menggunakan satu dashboard saja. Menjangkau pelanggan dari berbagai channel secara bersamaan disebut strategi omnichannel.

Dengan begitu, penjualan yang dilakukan dengan media online seperti marketplace, toko online, media sosial, dan lain sebagainya akan lebih mudah terkelola dengan baik. Market pasar dan jangkauan pelanggan akan lebih banyak dan memperbesar peluang untuk menaikkan omset bulanan yang dihasilkan dari berbagai saluran pemasaran di internet.

Dalam cara kerjanya omnichannel ini merupakan tahap lanjutan dari multichannel. Dimana setiap saluran akan digabungkan dalam satu waktu secara real time dengan pelanggan. Dan beberapa variabel tersebut akan bekerjasama seusai dengan goals nya masing-masing. Lalu apa kelebihannya menggunakan strategi omnichannel?

Kelebihan Omnichannel Ecommerce untuk Bisnis Online

Sudah tidak asing lagi bahwa saluran ecommerce menjadi yang paling mudah dari segi transaksi dan jangkauan pelanggan. Ada beberpaa keuntungan jika kita menggunakan strategi omnichannel. berikut ini beberapa kelebihan strategi omnichannel ecommerce yang bisa kita dapatkan. Di antaranya adalah:

Meningkatkan Pendapatan Omset

Dalam setiap bisnis online yang dilakukan pasti akan memiliki goal meningkatkan omset dari hasil penualanya setiap bulannya. Hal ini umum terjadi karena omset harus lebih besar dari biaya operasional. Dalam bisnis konvensional, omset rata rata bisa memiliki kemungkinan lebih sedikit dibandingkan jika kita menggunakan strategi omnichannel.

Dengan banyaknya jangkauan pelanggan di saluran online, maka sebagai pebisnis harus jeli dan pandai untuk mencari peluang. Karena dalam strategi ini kita memanfaatkan media online sebagai media pemasaran yang paling efektif. Secara tidak langsung target pasar akan lebih luas dan juga akan mendorong konsumen untuk terhubung dariu berbagai saluran. Selain itu strategi omnichannel ini akan memperbesar peluang untuk peningkatan omset yang signifikan setiap bulannya.

Meningkatkan Retensi Konsumen yang Lebih Baik

Di zaman yang serba online seperti sekarang, konsumen akan lebih memilih cara bertransaksi yang lebih mudah dan aman. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah ecommerce. Transaksi yang dilakukan secara online dan proses pengiriman yang mudah akan lebih membuat konsumen merasa lebih aman untuk berbelanja secara online.

Dengan kemudahan berbelanja online akan nenignkatkan kemungkinan konsumen untuk selalu menggunakan produk atau jasa yang disediakan. Retensi konsumen ini akan lebih meningkat jika mengugnkan strategi omnichannel.

Lebih Menghemat Biaya Operasional

Jika dibandingkan dengan toko offline, para pengusaha saat ini akan lebih memilih melebarkan sayap ke media promosi online. KArena salah stunya adalah dengan menghemat biaya operasional ketimbang membuka toko offline yang memerlukan proses branding dan marketing yang lebih lama.

Dengan kata lain kita juga tidak salah jika memiliki toko offline, hanya saja strategi omnichannel ini bisa dilakukan untuk mengembangkan dan meningkatkan pemasukan dengan memanfaatkan saluran online yang tersedia. Jika sudah berjalan, tentunya akan lebih menghemat biaya opersional seperti promosi dan iklan yang hanya dilakukan dengan media promosi online.

Memudahkan untuk Melakukan Proses Remarketing

Banyaknya pelanggan yang menanyakan produk yang dimiliki melalui whatsapp memang sangat beragam. Ada yang closing, dan ada pula yang hanya sekedar bertanya. Lalu bagaimana dengan konsumen yang hanya bertanya? Kita harus melakukan remarketing agar mereka bisa melakukan pembelian terhadap barang yang disediakan.

Proses remarketing untuk konsumen yang sudah masuk databasenya akan lebih mudah dilakukan ketimbang mencari pelanggan baru. Dengan terintegrasinya saluran dengan menggunakan strategi omnichannel maka kita sebagai produsen akan lebih memudahkan remarketing untuk sekedar follow up apa kebutuhan mereka.

Meningkatkan Referal dan Rekomendasi Pelanggan

Salah satu hasil yang paling menguntungkan yaitu pelanggan yang telah puas dengan apa yang telah kita berikan. Jika sudah ada pelanggan yang puas terhadap pelayanan kita, sudah pasti dan otomatis mereka akan mereferralkan brand yang kita miliki kepada teman atau para kerabatnya.

Proses rekomendasi seperti ini akan lebih menghemat biaya iklan pada saluran online. Dengan banyaknya pelanggan yang puas, maka secara tidak langsung brand yang Anda miliki akan semakin terkenal dan semakin banyak yang mereferensikan kepada para sahabatnya. Setelah itu, Anda kaan lebih banyak memiliki database pelanggan yang nantinya akan dimanfaatkan untuk melakukan maintenance konsumen dalam proses CRM (Customer Relationship Management).

Kesimpulan

Bisnis online merupakan bisnis yang paling mudah digunakan akan tetapi memiliki jangkauan yang lebih luas. Dengan melakukan strategi omnichannel ecommerce maka kita akan lebih mudah menjangkau pasar yang lebih luas. Ada banyak rekomendasi omnichannel yang bisa kita pilih, seperti plugo.co. Plugo adalah salah satu platform e-commerce all-in-one yang bisa diguankan oleh para pelaku bisnis online. .

Platform omnichannel seperti plugo akan memungkinkan para penggunanya untuk memanfaatkan layanan omnichannel seperti custom toko online yang dimiliki dengan template tertentu, integrasi pembayaran dan kurir, omnichannel, SEO, dan alat pemasaran. Selain itu ada beberapa kelebihan strategi omnichannel ecommerce yang bisa didapatkan oleh para pelaku bisnis online.

Jadi tunggu apa lagi? silakan mencoba berbagai kelebihan omnichannel ini dan meraskaan berbagai keuntungan yang berlebih bagi produk dan jasa yang dijual maupun jangkauan pelanggan yang lebih luas. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan kepada teman, sahabat, dan keluarga jika dibutuhkan. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

5/5 - (10 votes)

Leave a Comment