Layanan Service Mobil Berkala yang Perlu Anda Ketahui

0
43

Yang namanya service mobil bagi Anda pemilik kendaraan, baik itu mobil baru atau bekas, sudah pasti harus dilakukan secara berkala.

Yang dimaksud dengan service berkala disini adalah, pengecekan dan perawatan mobil secara rutin, dalam kurun waktu tertentu. Terdapat pula jenis servis mobil lain yang kerap dilakukan masyarakat Indonesia, yaitu ketok magic.

Umumnya batas servis tersebut akan dilakukan pada jarak tempuh tertentu. Adapun ukuran
jarak yang dimaksud:

service mobil berkala
Service mobil berkala

1. Service mobil berkala 1.000 km pertama

Adapun service mobil yang pertama adalah pada 1.000 km. Umumnya hal ini dilakukan untuk mobil yang masih baru. Terutama pihak dealer umumnya menanyakan hal seperti ini.

Adapun tujuan dari servis yang satu ini adalah untuk memastikan bahwa mobil yang dimiliki mempunyai performa yang sesuai standar spesifikasi dari mobil itu sendiri.

Pengecekan yang dilakukan pada servis pertama ini meliputi pengecekan body mobil, pengecekan chassis, sistem transmisi, sistem pengereman, power steering dan juga sistem pendingin mesin.

Umumnya servis pertama yang dilakukan pihak bengkel dan dealer ini biayanya masih gratis, termasuk juga jasa pengecekan. Lantaran servis dan juga jasa pengecekan ini adalah salah satu layanan yang diberikan untuk jenis mobil baru.           

2. Service mobil saat mencapai 5.000 km

Adapun jenis service mobil yang kedua adalah ketika mobil sudah mencapai sekitar 5.000 km. Jadi setelah mobil mencapai 1.000 km pertama, maka pada kisaran 5.000 berikutnya mobil harus sudah melakukan servis.

Dalam proses servis kali ini, maka ada beberapa komponen yang akan dicek dan juga harus diganti. Adapun komponen yang harus diganti antara lain, oli dan kampas rem.

Ketika oli diganti, maka dibarengi dengan mengganti filter oli itu sendiri. Sedangkan untuk kampas rem sendiri tentunya akan dicek berdasarkan kondisi dari alat tersebut. Jika kondisinya masih bagus, maka tidak perlu diganti. Sedangkan jika sudah mulai rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru.

Selain mengecek oli dan kampas rem, ada juga komponen lain yang akan dicek, seperti air karburator, system steering dan juga berbagai sistem pada pengereman.

Yang perlu Anda ketahui di sini adalah, pada 5.000 km pertama ini, biasanya berbagai komponen dan juga jasa servis masih terbilang gratis oleh pihak dealer dan juga bengkel. Mengingat ini masih termasuk salah satu layanan yang diberikan, terutama pada mobil baru.

3. Service saat mencapai 10.000 km

Jenis service mobil yang ketiga adalah ketika jarak tempuh mobil mencapai 10.000 km. Pada kegiatan servis kali ini, tentunya ada lebih banyak komponen yang harus diremajakan dibanding sebelumnya.

Adapun jarak tempuh sekitar 10.000 km ini, biasanya diperoleh setelah 6 bulan membeli mobil. Dalam hal ini mobil harus dilakukan pengecekan secara mendetail. Adapun hal-hal yang sebaiknya dicek antara lain, roda dan ban. Ada juga pengecekan pada sistem pengereman di keempat roda ban, termasuk kampas rem itu sendiri.

Rotasi ban dan juga sistem keseimbangannya juga perlu disesuaikan, agar lebih nyaman untuk dikendarai. Komponen lain yang juga sebaiknya dicek antara lain oli mesin, oli transmisi, termasuk juga ban, karena ada kemungkinan sudah mulai gundul.

4. Service saat mencapai 15.000 km

Ketika mobil sudah mencapai jarak tempuh sekitar 15.00 km, maka sudah waktunya melakukan service mobil keempat. Ketika Anda mengunjungi bengkel, maka hal pertama yang akan dicek adalah bagian oli mesin.

Yang perlu Anda ketahui, oli mesin adalah hal pertama yang wajib diganti ketika mobil sudah menempuh jarak sejauh 5.000 km.

Setelah oli selesai diganti, berikutnya adalah mengecek bagian bawah mobil. Yang dicek kali ini adalah fluida, baut, atau mungkin kebocoran yang ada di bagian bawah.

Cek juga bagian suspensi. Karena umumnya, ketika mobil sudah menempuh jarak belasan km, sudah tentu bagian suspensi akan mengalami penurunan performa. Apalagi ketika Anda sering membawa mobil ke berbagai kondisi jalan yang rusak.

5. Service saat mencapai 20.000 km

Ketika jarak tempuh sudah mencapai 20.000 km, maka pemilik sudah sebaiknya memeriksa kondisi mobil secara menyeluruh. Tidak hanya berbagai komponen yang harus dibersihkan, namun cek juga apakah ada komponen lain yang harus diganti.

6. Ketok magic

Selain kelimat servis mobil yang sudah disebutkan di atas, ada juga jenis servis mobil lain yang juga dilakukan. Adapun nama jenis servis mobil yang dimaksud adalah ketok magic.

Sebenarnya ini adalah istilah yang kerap kali digunakan untuk perbaikan alternatif pada body mobil yang penyok. Dimana system perbaikan yang dilakukan umumnya lebih murah dan juga proses pengerjaannya juga cepat, serta terbilang rahasia.

Jadi demikianlah beberapa macam service mobil yang umumnya digunakan, dan yang harus Anda ketahui. Yang perlu Anda lakukan kali ini adalah, cek kilometer pada mobil Anda, apakah sudah mencapai batas perbaikan mobil atau belum.

5/5 - (1 vote)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here