Olahraga Renang dan Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah

0
120

Olahraga ringan di rumah merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Ada banyak jenis olahraga ringan yang bisa dijadwalkan secara rutin seperti olahraga berenang, jogging, fitness, lari, dan lain sebagainya. Jika kita ingin hidup sehat, maka selain belorahraga diwajibkan untuk mengisi asupan vitamin dan mineral agar daya tahan tubuh semakin meningkat.

Tak harus melakukan olahraga berat, jika Anda memiliki aktifitas yang sangat padat dalam keseharian maka solusinya adalah melakukan olahraga ringan yang bsia dilakukan di mana saja. Seperti contoh olahraga ringan di kantor maupun di rumah. Salah satu yang paling banyak melakukan adalah olahraga renang, apalagi jika Anda memiliki kolam renang sendiri di dalam rumah.

Olahraga ringan di rumah
Olahraga ringan di rumah

Lalu selain olahraga renang, olahraga apalagi yang bisa dilakukan secara fleksibel di rumah? Kita akan bahas satu per satu di artikel berikut ini.

Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ada banyak olahraga ringan yang bisa kita lakukan gaar bisa menjaga kebugaran tubuh agar tetap sehat. Selain itu dengan olahraga ringan di rumah, kita akan menjadi selalu fresh dan bugar ketika menjalani aktifitas keseharian. Berikut ini adalah olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Di antaranya adalah:

Olahraga Renang

Renang adalah salah satu olahraga yang bisa menjaga kebugaran tubuh. Selain itu dengan melakukan olahraga berenang akan memiliki manfaat seperti meninggikan badan, membantu nafas agar lebih panjang, dan membantu proses diet yang dilakukan secara alami.

Anda harus memiliki kolam renang di rumah jika ingin melakukan olahraga renang. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan kolam renang di berbagai kota, sehingga anda bisa langsung menghubungi jika berminat untuk membuat kolam renang di rumah. Olahraga berenang disukai oleh berbagai kalangan dari yang muda hingga yang tua.

Olahraga Joging

Kemudaian olahraga ringan di rumah lainnya adlaah joging. Joging adalah olahraga ringan yang banyak orang melakukannya, karena dinilai lebih simpel dan tanpa memerlukan bantuan alat olahraga lainnya. Sedikit berbeda dengan olahraga renang yang membutuhkan media kolam renang yang bisa dipesan di kontraktor kolam renang.

Joging bisa dilakukan di sekitar komplek dengan durasi waktu 1-2 Jam setiap harinya. Dengan melakukan joging maka tubuh dan badan akan tetap bugar, daya tahan tubuh semakin meningkat, dan lain sebagainya. Olahraga joging salah satu olahraga yang bisa dilakukan di mana saja.

Sit Up dan Push up

Dalam membentuk badan yang sempurna dengan menggerakkan otot atau angkat beban maka bisa melakukan sit up secara rutin. Sit up dilakukan untuk membentuk otot perut agar lebih atletis. Biasanya sit up dilakukan saat akan berolahraga ringan seperti renang, basket, sepakbola maupun olahraga lainnya.

Selain itu untuk membentuk otot tangan, maka Anda bisa melakukan push up. Lakukan sit up dan push up agar otot yang dibentuk bisa seimbang. Dianjurkan untuk melakukan sit up dan push up minimal 10 kali sehari.

Naik Turun Tangga

Sebenarnya ini bukan merupakan jenis olahraga, akan tetapi naik turun tangga dinilai lebih simpel dan dapat dilakukan dimana saja. Jika rumah Anda memiliki dua lantai, maka bisa melakukan naik turun tangga minimal 4 kali balikan setiap pagi hari. Dengan begitu nafas akan lebih bisa diatur dan tubuh akan tetap sehat dan bugar.

Naik turun tangga memiliki manfaat untuk memperkuat otot dan tulang kaki sehingga bisa lebih kuat. Olahraga ringan ini sangat cocok jika Anda tidak banyak memiliki sarana olahraga di rumah.

Jenis olahraga ringan
Jenis olahraga ringan

Kesimpulan

Melakukan olahraga ringan di rumah dianjurkan oleh setiap pakar kesehatan, karena di dalam tubuh yang sehat akan terdapat jiwa yang sehat. Olahraga ringan seperti yang telah disebutkan di atas akan membantu kebugaran dan kesehatan tubuh. Selain itu, Anda harus mengimbanginya dengan asupan vitamin dan mineral serta menjaga pola hidup yang sehat. Yuk olahraga ringan agar tubuh bisa tetap sehat untuk menjalani aktifitas sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel kesehatan berikutnya.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here