Pengaruh dan Syarat Nama Toko yang Wajib Diketahui

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Ada banyak nama toko yang bisa menjadi inspirasi ketika kamu sedang ingin membuka usaha jual beli. Tidak hanya sekedar nama saja, memberi nama pada toko yang sedang ingin dikelola haruslah mengandung makna, serta dengan nama yang unik dan menarik.

Tujuannya adalah agar dapat mencuri perhatian konsumen serta mampu memberikan kesan baik saat pertama kali menyebut nama gerai tersebut.

Syarat nama toko
Syarat nama toko

Pengaruh Nama pada Keberlangsungan Toko

Memberikan nama yang bagus pada toko atau gerai yang saat ini sedang dijalani, sangat berpengaruh pada berbagai macam hal, diantaranya:

Bisnis menjadi lebih populer

Nama gerai yang bagus dan unik akan mudah diingat oleh konsumen dan calon pembeli. Secara tidak langsung dapat memudahkan proses pemasaran yang dilakukan melalui penyebaran informasi dari internet maupun dari mulut ke mulut.

Dengan demikian, toko yang kamu rintis akan mendapatkan banyak pelanggan karena menjadi toko yang populer.

Mudah di cari di pencarian Google

Tidak bisa dipungkiri bahwa di jaman serba teknologi seperti saat ini, segala informasi bisa dicari melalui mesin pencarian website di Google. 

Alasannya, karena informasi yang dicari bisa ditemukan dengan mudah. Hal tersebut juga berlaku bagi para pejuang usaha, khusus nya yang memiliki toko.

Memilih nama yang bagus dan menarik pada toko dapat membantu memudahkan dalam pencarian di internet. Sebab, Google akan memudahkan nama gerai tersebut ke dalam algoritma nya. 

Dengan demikian, ketika ingin mencari toko atau barang yang mereka cari di mesin pencarian, maka kemungkinan besar nama gerai mu akan muncul.

Syarat nama yang bagus pada toko

Penilaian konsumen terhadap kualitas bisnis bisa dipengaruhi oleh nama gerai. Jika nama yang digunakan berlebihan, sulit diingat, dan terdiri dari beberapa kata yang panjang, maka  konsumen pasti akan memilih untuk mundur dan mengurungkan niat nya membeli produk yang kamu jual.

Oleh sebab itu, nama yang digunakan haruslah unik, tidak aneh, menarik, dan juga dapat dipercaya. Dengan demikian, akan mendatangkan pelanggan lebih mudah.

Nah, berikut adanya syarat nama gerai yang bagus dan bisa diperhitungkan, diantaranya:

Ada cerita di balik nama

Seorang pemilik toko pastinya memiliki cerita atau pengalaman yang tidak bisa dilupakan selama hidupnya. Mungkin, itu bisa dijadikan sebagai inspirasi untuk membuat nama gerai.

Usahakan, pilih nama yang mengandung makna penting yang pernah terjadi. Misalnya, saat proses pembuatan toko, terdapat kejadian atau peristiwa yang tidak bisa dilupakan, seperti lika-liku dalam pembuatan. Atau juga bisa diselipkan cerita tentang tujuan awal dalam pembuatan toko. 

Mengandung pesan jelas

Memilih nama yang bagus untuk toko memang harus mengandung makna. Namun, perlu diketahui bahwa pesan atau makna yang akan disampaikan haruslah jelas. 

Sebagai contoh, misalkan kamu menjual berbagai jenis makanan di toko mu, maka gunakan kata enak atau lezat di antara nama yang akan digunakan pada toko.

Jangan sampai menjual makanan tapi nama yang digunakan mengarah pada fashion.

Mudah disebutkan

Syarat yang satu ini sangatlah penting untuk diperhatikan dalam membuat nama gerai. Nama yang sederhana dan mudah disebutkan, secara tidak langsung dapat memudahkan konsumen untuk mengingatnya.

Sehingga, mereka menjadi lebih mudah untuk mencari toko mu baik melalui online maupun offline. Dengan demikian, penjualan produk toko mu akan semakin meningkat.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat nama toko untuk menunjang keberlangsungan usaha yang sedang kamu jalani.

5/5 - (5 votes)

Leave a Comment