Performance Management untuk Meningkatkan Operasional Perusahaan

0
123
Performa Manajemen SIstem HRD

Operasional perusahaan didukung dengan performa karyawan yang maksimal. Performa karyawan ini akan berpengaruh besar terhadap perkembangan suatu perusahaan. Salah satu upaya HRD selaku divisi yang bertugas untuk mengelola karyawan adalah mengimplementasikan performance management. Apa yang dimaksud dengan performance management dan apa saja manfaatnya bagi perusahaan?

Performance Management System
Sistem Manajemen Performa

Pengertian Performance Management

Karakteristik karyawan tidak selalu sama. Diperlukan pendekatan khusus untuk mengelola karyawan dengan efektif. Pengelolaan karyawan yang sistematis dapat mendukung perkembangan perusahaan. Untuk itulah dibutuhkan performance management system.

Performance Management System merupakan suatu perangkat lunak yang berguna untuk mengelola kinerja karyawan tetap berada pada perencanaan dan tujuan perusahaan. Penggunakan performance management system dinilai lebih efektif dibandingkan cara manual. Sebab, sistem ini menggunakan penyimpanan berbasis teknologi yakni cloud based server. Seluruh informasi dan data karyawan yang disimpan dan dikelola dalam satu database terpusat.

Baca Juga: Apa itu Manajemen Talenta? Berikut Pembahasannya!

Manfaat Performance Management

Tujuan utama dari performa manajemen adalah mengelola kinerja karyawan seoptimal mungkin agar selaras dengan tujuan perusahaan. Akan tetapi, manajemen karyawan tidak boleh mengabaikan hak karyawan itu sendiri.

Untungnya ada sebuah sistem yang siap membantu perusahaan dalam mengelola karyawan lebih kondusif. Apa saja keuntungan implementasi performance management system?

Identifikasi Keterampilan dan Skill Karyawan

Kemampuan atau skill dan keterampilan karyawan bisa sangat berguna ketika berada di divisi yang tepat. Setiap karyawan akan ditempatkan dalam perusahaan merupakan personil terbaik di bidangnya. Sehingga bisa memberikan kinerja terbaik nya sesuai kemampuan yang dikuasai.

Menemukan dan Mengatasi Hambatan dalam Pengelolaan SDM

Ada berbagai hambatan dan kendala dalam pengelolaan sumber daya manusia (SDM). Hambatan seperti ini perlu diatasi dengan cepat agar tidak berpengaruh ke hal lain dalam perusahaan dan menghambat kinerja.

Membangun Komunikasi Antar Jajaran Karyawan

Komunikasi antara karyawan dan manajerial, karyawan dan karyawan, serta karyawan dan HRD sangat mendukung perkembangan perusahaan. Dari situlah kepercayaan dan transparansi bisa terwujud. Lalu, secara otomatis  keharmonisan kinerja akan terpelihara.

Mengatur dan Menetapkan Regulasi Administratif

Yang dimaksud dengan regulasi administratif adalah pengupahan, tunjangan, dan bonus kinerja. Penetapan berbagai regulasi ini perlu mempertimbangkan aspek UU Ketenagakerjaan dan performa dari karyawan itu sendiri.

Mengembangakan Pelatihan Karyawan

Program pelatihan dan pengembnagan karyawan bisa menggali bakat terpendam karyawan. Dengan begitu perusahaan akan selalu berkembang karena didukung oleh personil yang handal dan terampil.

Menstandarisasi penilaian kinerja karyawan

Penilaian karyawan yang terstandarisasi lebih akurat dan terhindar dari bias seperti penilaian manual. Maka segala ketetapan yang berdasarkan penilaian kinerja karyawan bisa lebih tepat guna. Tidak hanya itu, perusahaan juga tidak perlu direpotkan dengan dokumen fisik yang menganggu.

Membentuk strategi jenjang karir dalam perusahaan

Karyawan juga semakin loyal dan betah untuk berkontribusi lebih lama di perusahaan jika jenjang karir dalam perusahaan sangat menjanjikan. Karyawan bisa lebih terlibat dan bahagia dengan pekerjaan serta produktif dan efisien.

Performa Manajemen Sistem LinovHR
Performa Manajemen Sistem LinovHR

Performance Management dari LinovHR: Tingkatkan Operasional Perusahaan Anda

Mustahil untuk mengetahui perkembangan perusahaan dari awal periode hingga titik tertentu tanpa alat ukur yang jelas. Semua kinerja dan output dari karyawan akan diukur berdasarkan parameter yang telah ditetapkan.

Semua standar penilaian yang ada dirancang dengan sedemikian rupa untuk menuju tujuan perusahaan. Seperti yang  telah disebutkan diatas, evaluasi adalah bagian dari performance management. Pada dasarnya, hal ini sendiri terdiri dari berbagai fungsi HRD memantau kinerja karyawan, membina komunikasi, menyusun pelatihan dan pengembangan, goal setting, apresiasi kinerja, dan sebagainya.

Itulah beberapa aspek yang diuntungkan dengan implementasi performance management system. Semua hal itu dapat membentuk performa yang efektif dan efisien serta tim yang kokoh.  Dukungan tim yang kokoh akan membentuk perusahaan yang solid dan mampu bersaing dengan perkembangan dalam industri bisnis.

LinovHR adalah vendor yang berfokus kepada pengelolaan sumber daya manusia di Indonesia mempunyai solusi berupa performance management system. Dengan implementasi manajemen performa, perusahaan dapat lebih akurat dan sistematis dalam mengelola kinerja karyawan. Semua informasi disimpan dengan aman dan rahasia dalam cloud based server yang dapat meminimalisir kebocoran dan manipulasi data.

Dengan sistem ini, HRD mampu menyelesaikan berbagai tugas administratif lebih cepat dan fokus kepada pekerjaan lain yang membutuhkan analisis mendalam dan pengambilan keputusan yang penting. Ingin tahu lebih banyak mengenai performance management system? Hubungi LinovHR sekarang juga dan jadwalkan demo performance management software bersama tim kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here