Tips Memilih Nama Toko yang Bagus untuk Offline atau Online

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Berniat untuk membuka toko online atau offline di sebuah ruko? Jangan lupa untuk memilih nama toko yang bagus supaya banyak konsumen yang mampir. Ada 1001 lebih ide nama toko online atau offline yang bagus tapi mana yang paling tepat? 

Meskipun bagus jika nama tersebut sudah digunakan atau tidak komersial bisa menjadi hambatan pada usaha. Lalu bagaimana sebaiknya Anda menentukan nama untuk usaha baru ini? Cek tips lengkapnya. 

nama toko yang bagus
nama toko yang bagus

5 Tips Menemukan Nama Toko yang Bagus 

Ide untuk nama toko bisa datang dari mana saja, bahkan sekarang tidak sulit bagi Anda untuk mencari referensinya dari sebuah buku atau internet. Belum lagi karena terlalu banyak Anda menjadi bingung harus memilih nama yang mana. 

Baik untuk Anda yang sudah membuat daftar nama pilihan atau belum, beberapa tips memilih nama toko berikut ini patut untuk diikuti. 

Nama Harus Cocok dengan Target Konsumen 

Anda bisa menyesuaikan nama tersebut dengan target konsumen. Target ini bisa dipetakan terlebih dahulu. Mulai dari jenis kelamin dan usianya. Misalnya jika Anda menargetkan konsumen wanita usia 15 atau 17 tahun maka pilih nama yang cukup gaul. 

Beda lagi dengan target konsumen ibu rumah tangga yang berusia 35 tahun ke atas. Maka bahasa yang informal sedikit kekeluargaan bisa jadi pilihannya. Jadi cek terlebih dahulu target konsumen Anda sebelum memilih nama. 

 Menyesuaikan dengan Jenis Produk 

Selain target konsumen Anda juga bisa menyesuaikan nama dengan produk. Jenis produk anak-anak seperti mainan tentu akan berbeda dengan nama toko yang menjual perlengkapan otomotif. Anda bisa menggunakan istilah yang berkaitan dengan produk yang dijual. 

Misalnya saja untuk produk otomotif maka Anda tinggal menambahkan kata auto. Beda lagi dengan toko yang menjual mainan, maka penambahan kata toys bisa dilakukan. Jadi apa produk yang Anda jual bisa menentukan nama toko.

Pilih Nama yang Memiliki Makna 

Meskipun toko yang Anda buat ini bermodal kecil dan baru sekali, tidak ada salahnya memilih nama yang memiliki makna bagus. Penggunaan bahasa Yunani, Sansekerta atau bahasa asing lainnya juga bisa jadi rujukan. 

Makna ini juga bisa berkaitan dengan jenis produk yang Anda tawarkan, bagaimana kualitasnya atau nilai plus lain yang ingin ditonjolkan. Usahakan juga nama ini tak hanya bermakna tetapi unik yang bisa menjadi daya tarik serta mempermudah branding. 

Satu atau Dua Kata yang Mudah Dibaca 

Mudahnya sebuah kata atau frasa untuk dibaca juga akan mempercepat siapa saja untuk mengingatnya. Anda harus memanfaatkan hal ini dalam pemilihan nama toko. Buatlah nama dari satu atau dua kata dan mudah dibaca. 

Jika perlu pilih toko dengan akhiran huruf vokal karena lebih mudah untuk diingat. Jika namanya saja sulit untuk dibaca bagaimana konsumen Anda akan mengingatnya nanti? 

Cek Apakah Nama Sudah Digunakan 

Terakhir adalah mengecek apakah nama tersebut sudah digunakan atau belum. Lebih bagus untuk memilih nama yang sama sekali belum pernah digunakan. Karena akan membuat Anda tidak kesulitan ketika ingin membuat akun sosial media atau mendaftarkan ke marketplace. 

Tidak masalah jika nama toko tersebut sudah digunakan di luar negeri seperti Amerika. Namun sebisa mungkin menghindari penggunaan nama toko yang ada di Indonesia. 

Inilah beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam pemilihan nama toko yang bagus dan akan membawa kesuksesan nantinya. Pastikan Anda berhati-hati dalam memilih. 

Rate this post

Leave a Comment