Tips Menjadi Konsultan Pajak Profesional

0
23

Konsultan pajak mempunyai peran penting bagi negara, diantaranya menekankan wajib pajak bagi masyarakat. Banyak yang telah menggunakan jasa konsultan pajak, baik dari perusahan atau perorangan. Apalagi tingkat kesadaran masyarakat akan pajak sudah meningkat. Berikut ini kami bagikan tips menjadi konsultan pajak profesional.

Tips Menjadi Konsultan Pajak Profesional
Tips Menjadi Konsultan Pajak Profesional

Tips Menjadi Konsultan Pajak Profesional

Mengikuti Pelatihan

Konsultan pajak yang terlatih, dan mampu menunjukkan bukti kepemilikan sertifikat, jauh lebih kredibel. Pelatihan ini dibagi menjadi tiga tingkatan, akan lebih baik lagi jika anda mengikuti tiga tahap dalam pelatihan. Sehingga semakin banyak ilmu yang didapat. Oleh karena itu, tip pertama ini wajib sebagai syarat menjadi konsultan pajak.

Belajar Lebih Dalam

Seorang konsultan harus selalu memberikan pemahaman tentang pajak kepada klien. Sehingga klien yang belum mengetahui prosedur perpajakan akan lebih mengerti. Konsultan wajib mempelajari pajak lebih dalam, sehingga dapat membantu menyelesaikan masalah mereka dengan baik. Dasar-dasar perpajakan meliputi barang kena pajak, serta wajib pajak badan dan orang pribadi. Oleh karena itu, anda harus mempelajarinya lebih dalam dan mendalam. Mengingat klien yang datang, memiliki masalah perpajakan yang berbeda.

Mempelajari Pasal Perpajakan

Klien yang akan dihadapi tentunya dengan latar belakang yang berbeda. Untuk itu seorang konsultan harus mengetahui lebih banyak pasal pajak, agar dapat membantu klien menyelesaikan masalah perpajakannya, yang tentunya memiliki implikasi yang berbeda bagi setiap klien.

Pasal-pasal perpajakan meliputi pajak penghasilan, serta pajak-pajak yang berkaitan dengan proses produksi barang. Beragamnya klien dengan latar belakang masalah yang berbeda dan profesi yang berbeda, juga akan memiliki pandangan yang berbeda mengenai mereka. Oleh karena itu, jika seorang konsultan telah mempelajari dasar hukum perpajakan lebih banyak, maka ia dapat menyelesaikan lebih banyak masalah klien.

Dasar hukum pengenaan pajak berlaku bagi semua wajib pajak orang pribadi dan badan usaha. Belajar itu sangat penting, terutama jika anda diminta untuk memberikan bantuan. Anda sudah tahu kekuatan hukumnya jelas, jika klien anda menghadapi pemeriksaan pajak.

Berkonsultasi Kepada Senior

Seseorang yang baru memulai profesinya sebagai konsultan pajak. Jadi anda harus banyak belajar dan berkonsultasi dengan konsultan pajak senior. Dengan cara ini, anda akan mendapatkan banyak pengetahuan. Termasuk menangani masalah klien secara langsung dalam praktek.

Membicarakan masalah kepada konsultan senior jauh lebih baik, karena dia sudah memiliki banyak pengalaman dalam menangani berbagai permasalahan di bidang perpajakan.

Kesimpulan

Perlu anda ketahui, menjadi konsultan pajak bukan hanya sekedar profesi, melainkan mengimplementasikan ilmu yang diketahui tentang perpajakan dalam praktik yang lebih nyata. Termasuk menjadi jasa konsultan pajak bagi perusahaan atau badan usaha yang sedang berkembang saat ini.

Namun, jika anda seorang pengusaha atau pemilik usaha yang ingin menggunakan jasa konsultan pajak, hal utama yang perlu anda perhatikan adalah bisnis anda harus memiliki sistem pembukuan yang jelas dan sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia.

Tanpa pembukuan yang jelas, bisnis akan kesulitan mengelola pajaknya. Untuk proses pembukuan yang sesuai aturan pajak, anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur pengelolaan pajak terlengkap.
Dengan menggunakan fitur ini, anda tidak hanya mendapatkan fitur pembukuan yang mudah dan terstandarisasi, tetapi juga fitur perpajakan terlengkap yang tidak ada pada software akuntansi lain di Indonesia.

Itulah beberapa tips menjadi konsultan pajak yang bisa anda pelajari, semoga bermanfaat.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here