Tips Merawat Mobil Tua Agar Tetap Prima

0
246

Merawat mobil tua bukanlah hal yang mudah, sebagian pecinta otomotif berkata bahwa merawat mobil tua itu adalah seni. Karena merawat kendaraan tua membutuhkan effort, waktu, dan tenaga lebih agar kendaraan kesayangan selalu dalam kondisi yang baik. Kondisi part yang sudah lama dimakan usia mengharuskan kita untuk selalu monitor dan mengecek secara fisik bagian onderdil mobil tersebut.

Memiliki mobil tua merupakan salah satu kebanggaan dan kepuasan bagi si pemiliknya. Biasanya mereka memiliki mobil tua baik sebagai hobi maupun koleksi maupun investasi. Akan lebih baik mobil tersebut bisa digunakan dalam keseharian dan pastinya memiliki mesin yang siap untuk dikendarai kemana saja.

Banyak yang beranggapan bahwa mengendarai mobil tua sangat rentan mogok dan bermasalah ketika di jalan. Anggapan tersebut bisa dipatahkan oleh sebagian para pecinta mobil tua maupun para kolektor. Buktinya ada juga yang menggunakan mobil tua untuk menemani aktifitas keseharian mereka untuk bekerja maupun mobilitas.

Beberapa orang yang belum mengetahui Bagaimana cara dan tips merawat mobil tua. Oleh karena itu berikut ada beberapa tips merawat kendaraan tua agar bisa tetap prima untuk penggunaan sehari-hari.

Tips Merawat Mobil Tua
Tips Merawat Mobil dan Kendaraan Tua

Tips Merawat Mobil dan Kendaraan Tua

Beberapa jenis mobil yang termasuk mobil tua adalah mobil kelauran produksi di bawah tahun 2000. Ada banyak merek dan jenisnya seperti Toyota Great Corolla, Honda Genio, Honda Civic, Suzuki Carry, Dan lain sebagainya. Dari sekian banyak merek berikut ini tips merawat mobil dan kendaraan tua agar tetap prima ketika dipakai dalam keseharian. Di antaranya adalah:

Cek Radiator Secara Rutin

Kunci utama sebuah sistem mesin adalah pendingin, dalam hal ini part yang berfungsi sebagai pendingin mesin adalah radiator. Sebagian besar mobil tua, pasti ada banyak permasalahan pada radiator sehingga mesin menjadi cepat panas dan terjadi overheat ketika digunakan dalam jarak yang jauh. Dengan selalu cek rutin radiator, tutup radiator, termostat, dan tabung cadangan maka mobil tua akan bisa selalu prima ketika digunakan meskipun dalam jarak yang jauh.

Cek Kelistrikan dan Aki Mobil

Salah satu sumber listrik yang dimiliki oleh mobil adalah aki, tak hanya itu sebagai sumber penyimpan listrik yang digerakkan oleh mesin adalah alternator. Sebaiknya, ada selalu mengecek aki kering maupun aki basah yang terpasang di mobil dengan cara cek air aki untuk aki basah dan selalu cek voltase. Biasanya jika sudah mulai lemah maka pertanda bahwa aki harus segera diganti. Dengan listrik yang selalu stabil, maka kendaraan akan selalu tetapi dalam kondisi yang baik.

Ganti Oli Secara Rutin

Oli merupakan hal yang sangat penting untuk keawetan piston yang berada di dalam mesin. Oli berfungsi sebagai pelumas agar onderdil yang berada dalam blok mesin selalu lancar perputarannya. Untuk kendaraan tua, segera cek lama pemakaian oli, jangan sampai telat mengganti oli maupun menambah oli. Karena jika sampai telat dan piston menjadi aus, maka Anda harus mengganti semua part yang berada dalam blok mesin, tentunya akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Melakukan Peremajaan Kaki Kaki

Mengendarai mobil tua dengan nyaman harus diimbangi dengan keadaan kaki kaki yang bagus. Sebagian penyakit pada mobil tua adalah kaki kaki yang sudah berkarat maupun sudah tidak layak pakai. Dengan mengecekkannya ke bengkel kaki kaki mobil dan melakukan peremajaan untuk setiap part kaki kaki yang harus diganti. Tak hanya itu, ketika digunakan dengan kaki kaki yang baru maka kenyamanan akan lebih terasa.

Kesimpulan

Cara merawat mobil tua memang aga sedikit berbed adengan mobil muda yang banyak menggunakan sistem elektrik. Oleh karena itu perlu penanganan dan usaha yang lebih agar bisa merawat mobil atau kendaraaan tua agar tetap prima. Nah, itulah beberapa tips merawar mobil tua yang bisa Anda lakukan di rumah. Jika Anda membutuhkan beberapa berita, tips, dan tutroial mengenai otomotif bisalangsung mengunjungi AshefaNews yang menyediakan berbagai artikel mengenai otomotif, gaya hidup dan lain sebagainya.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here