Kenali Token Aset Digital Cardano (ADA) Sebagai Pilihan Investasi

0
83

Ada banyak pilihan investasi yang menguntungkan yang bisa kalian coba. Salah satunya adalah token aset digital Cardano. Cardano atau biasa dikenal dengan token ADA merupakan mata uang digital yang menawarkan banyak keuntungan jika dipilih sebagai investasi di dunia cryptocurrency.

Teknologi token Cardano ini lebih aman dan juga mempermudah transaksi maupun proses mining. Bisa dikatakan bahwa altcoin Cardano adalah yang paling populer di antara mata uang kripto lainnya. Ada juga beberapa altcoin yang bisa diperjualbelikan seperti litecoin, polkadot, polygon matic dan lain sebagainya.

token aset digital cardano
token aset digital cardano

Jadi sebelum kalian trading dan menginvestasikan dana di token ADA, perlu diketahui dulu arti, manfaat, dan cara kerja Cardano. Semuanya akan secara singkat dibahas dalam artikel ini. Yuk simak selengkapnya!

Sekilas Tentang Token Cardano (ADA)

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa setiap token memiliki sistem yang terdesentralisasi atau biasa disebut dengan blockchain. Cardano adalah blockchain pertama di dunia yang bersifat peer-reviewed. 

Token Cardano menggunakan platform blockchain Proof of Stake (PoS) yang memungkinan para investor membuat perubahan dan memiliki visi yang sudah jelas, serta merupakan mekanisme regulasi proses transaksi mata uang kripto. Mekanisme ini adalah pengembangan dari yang sebelumnya yaitu Proof of Work. Dengan sistem ini, memungkinkan untuk melakukan penambangan berdasarkan jumlah koin ADA yang dimiliki.

Cardano sendiri diciptakan oleh Charles Hoskinson adalah seorang pakar di bidang matematika dan juga seorang entrepreneur. Perlu diketahui beliau juga merupakan salah satu penggagas diciptakannya Ethereum (ETH). 

Token aset digital ADA mengambil nama dan terinspirasi dari ahli matematika pada abad ke-19 yaitu Ada Lovelace, yang juga dikenal sebagai programmer komputer pertama.
Token Aset Digital Cardano termasuk dalam cryptocurrency generasi ketiga yang memiliki teknologi paling mutakhir  yang bisa memberikan solusi bagi para penambang Bitcoin dan Ethereum yang merupakan generasi pertama cryptocurrency. Sebagai mata uang digital generasi ketiga, Cardano dinilai lebih efisien dalam sistemnya.

Cara Kerja Mata Uang Digital Cardano

Lalu bagaimana cara kerja token ADA sehingga bisa dikatakan lebih efisien? Sebenarnya dalam setiap token pasti memiliki sistem yang terbaik yang mereka ciptakan dan miliki. Sama seperti token Cardano, ADA memiliki sistem yang efisien dalam cara kerjanya.

Platform yang digunakan oleh Cardano terdiri dari dua layer yaitu Cardano Settlement Layer (CSL) dan Control Layer. Kedua lapisan ini memiliki kinerja dan sistem masing-masing dalam proses transaksinya.

Cardani Settlement Layer digunakan untuk mengatur segala transaksi ADA di seluruh dunia. Sedangkan control layer digunakan untuk mengatur kontrak. Dalam hal ini pengaturan kontrak dibuat agar lebih aman dalam menginvestasikan dana berupa mata uang digital CArdano.

Dengan sistem pusat yang sudah teratur, ada sebuah algoritma yang bernama Ouroboros yang berperan menjalankan proof of stake sebagai sistem yang lebih aman dan efisien dalam pembuatan koin baru maupun dalam bertransaksi dari token cardano yang sudah ada.

Cara Kerja Token Aset Digital Cardano
Cara Kerja Token Cardano

Manfaat Token Aset Digital Cardano

Dalam berinvestasi mata uang kripto, tentu kita bertujuan untuk mendapatkan keuntungan ketika memiliki token ADA. Berikut ini adalah manfaat memiliki Token Aset Digital Cardani yang bisa didapatkan. Di antaranya adalah:

Investasi Menguntungkan

Tujuan kita memiliki mata uang kripto ADA adalah sebagai investasi dana yang aman. Cardani saat ini merupakan peringkat 10 besar aset kripto di dunia berdasarkan  kapitalisasi pasar yaitu senilai kurang lebih 60 miliar dolar AS.

Beberapa invesator di dunia banyak yang menginvestasikan mata uang kriptonya dengan membeli token ADA. Karena konsisten dalam peringkat 10 besar altcoin terbaik dari coinmarketcap dan adanya update dari pengembang proyek Cardani yang konsisten pula.

Bisa Melakukan Staking

Sebagai trader di dunia kripto, pasti kalian sudah kenal dengan istilah staking. Staking adalah cara paling mudah yang dilakukan oleh investor tanpa melakukan trading. Keuntungan yang didapatkan setelah melakukan staking diharapkan akan mendapatkan passive income sesuai dengan koin ADA yang kalian miliki.

Staking dilakukan dalam jaringan blockchain dan menggunakan sistem PoS seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Koin ADA yang dimiliki akan didepositkan dalam bentuk kumpulan dana dari investor lainnya dan digunakan oleh validator untuk proses verifikasi transaksi PoS. Dan secara pasif kalian akan mendapatkan insentif sesuai dana yang diinvestasikan.

Bisa Digunakan dalam Dunia NFT

Token Cardano merupakan alat transaksi yang bisa digunakan untuk melakukan jual beli NFT. Kalian bisa menggunakannya untuk membeli NFT di beberapa marketplace yang menyediakan NFT. Saat ini dunia NFT memangs ednag naik daun karena dihubungkan dengan proses pembuatan metaverse di masa yang akan datang.

Transaksi Aset Kripto ADA di Indodax Lebih menguntungkan

Seperti yang kita ketahui, bahwa Indodax merupakan marketplace yang digunakan sebagai platform jual beli aset kripto terbesar di Indonesia. Tak terkecuali dengan token aset digital Cardano. 

Jika kalian menginvestasikan dana di Indodax, maka pilihan kalian sudah tepat, karena di Indodax menyediakan layanan transaksi jual beli aset kripto dengan deposit menggunakan bank lokal. Selain itu kalian juga bisa dengan mudah untuk mengkonversikan ke dalam bentuk rupiah dengan sangat mudah. 

Indodax juga menyediakan layanan trading dengan biaya trading dan persentase penarikan mulai dari 0%. Cukup menguntungkan bagi kalian pemula dan baru berkecimpung di dunia aset kripto karena transaksi ini bisa dilakukan selama 24 jam penuh.

Kesimpulan

Investasi uang digital merupakan hal yang bisa kalian coba agar bisa mendapatkan keuntungan. Baik pemula maupun profesional dalam dunia cryptocurrency, tidak ada salahnya untuk mencoba Indodax sebagai marketplace mata uang kripto yang legal dan memiliki ijin Bappebti kripto. Mulailah untuk bertransaksi digital dengan mencoba token ADA sebagai trading pertama kalian.

Selain itu untuk para pemula yang masih memiliki kesulitan untuk melakukan jual beli token aset digital di Indodax, sekarang tersedia kanal Indodax Academy yang bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran jual beli aset digital. 

Setelah mulai paham dengan alur jual beli mata uang kripto melalui Indodax Academy, maka kalian bisa mencoba untuk melakukan transaksi dengan cara jual beli aset kripto di website resmi Indodax maupun melalui aplikasi di mobile Apps yang merupakan Indonesian Bitcoin and Crypto Exchange. 

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here