Wajib Cek 8 Bagian Ini Saat Service Motor Berkala

3
255

Motor merupakan kendaraan yang biasa digunakan untuk mendukung aktifitas keseharian. Semakin sering digunakan maka Anda wajib merawatnya dengan melakukan service motor secara rutin dan berkala. Tapi sebagian orang mungkin masih awam dengan segala jenis bagian motor, dan seringkali tidak tauh apa yang harus dicek dan dilakukan maintenance.

Service motor merupakan pengecekan unit motor yang dilakukan secara rutin dan biasanya dilakukan di bengkel terdekat. Pengecekan bagian dari onderdil motor ini wajib dilakukan ketika sepeda motor sudah menempuh jarak tertentu, biasanya melalui parameter kilometer yang ditempuh. Hal ini harus dilakukan secara berkala agar meisn motor selalu dalam kondisi prima.

Ada beberapa bagian yang ahrus dicek ketika melakukan service motor, seperti pengecekan oli mesin, oli gardan, ban dan lain sebagainya. Lalu apa lagi yang harus dicek? Mari kita bahas tuntas pada penjelasan berikut ini.

Service Motor Rutin di PLanet Ban
Service Motor Rutin di PLanet Ban

Bagian yang Harus Dicek Saat Service Motor Berkala

Beberapa penjelasan berikut ini akan membantu Anda ketika tidak begitu paham dengan mesin. Nah, berikut ini adalah 8 bagian sepeda motor yang wajib dicek ketika Anda melakukan service motor. Di antaranya adalah:

1. Oli Mesin

Oli mesin memiliki fungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Karena mesin selalu bergerak dan berputar setiap haru, maka bagian ini harus dilakukan service dan penggantian oli setiap 2500 KM. Jarak tersebut direkomendasikan oleh bebeapa pabrikan motor agar kualitas meisn tetap terjaga.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Service Motor dengan Penggantian Oli Mesin
Service Motor dengan Penggantian Oli Mesin

2. Oli Gardan

Anda salah satu pengguna motor matic? Nah, sudah sebaiknya Anda wajib wajib rutin ganti oli gardan. Fungsi oli gardan adalah untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Lalu kapan harus diganti? Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

3. Busi

Busi adalah onderdil dan part atau bagian pada sepeda motor yang berfungsi untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api, sehingga mesin dapat menyala dan menghasilkan proses pembakaran. Jika busi sudah tidak berfungsi, maka akibatnya bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan.

4. Kampas Rem

Part selanjutnya adalah kampas rem yang merupakan bagian paling penting pada unit sepeda motor. Keamanan dan kenyamanan dalam berkendara ditentukan dari sistem pengereman yang bekerja dengan baik. Jika kampas rem sudah tipis, maka rem akan kurang pakem, akibatnya bisa menyebabkan kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

5. Filter Udara

Apa fungsi filter udara pada sepeda motor? Fungsi filter udara adalah untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran dan bisa mencegah kotoran yang masuk yang akan mengakibatkan penyumbatan sistem injeksi dan karburator. Dalam prakteknya ketika melakukan service motor, mekanik akan menyarankan bahwa filter udara akan diganti atau tidak.

6. Aki atau Accu

Sumber listrik untuk sepeda motor adalah aki atau biasa sering disebut accu. Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 – 14,2 Volt. Nah, Anda harus selalu mengecek tegangan aki pada sepeda motor ketika service rutin motor.

Jika tegangan aki tak sesuai ketentuan atau ditemukan ada kebocoran, dan kondisi terminal berkarat. maka aki harus segera diganti untuk mencegah motor mogok saat digunakan.

7. Ban

Selanjutnya adahah ban motor. Ban merupakan bagian yang ahrus dicek secara berkala, sebaiknya ketika kaan bepergian kondisi ban harus selalu dicek agar mminimalisir kecelakaan. Namun pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

8. Tune up Motor Rutin

Sering mendengar kata tune up? Service motor tune up adalah service rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen yang ada pada sepeda motor, terutama bagian penting yang mempengaruhi sistem kendaraan bermotor. Pemeriksaan tune up yang dilakukan oleh mekanik bengkel biasanya seperti tekanan ban, kondisi lampu, pembersihan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Adakalanya tune up disertai dengan beberapa penangananseperti ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Apakah harus diganti semua? tentu tidak, dan biasanya konsumen akan ditanya terlebih dahulu oleh mekanik, mereka akan menginformasikannya terlebih dahulu kepadam Anda terkait penggantian part dan onderdil. Jika Anda setuju, maka mekanik melakukan perbaikan.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Nah untuk Anda yang ingin mengetahui bengkel mana yang cocok dan memiliki kualitas bagus maka pilihannya jatuh pada Planet ban. Karena untuk mendapatkan servis dan hasil pengerjaan yang bagus, maka bengkel motor pun harus yang memiliki kualitas dan terbaik.

Salah satu bengkel yang bisa Anda andalkan ada Planet Ban. Di bengkel ini, kamu bahkan bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru . Apa itu service mesin rasa baru?

Service motor rasa baru disebut juga sistem service terpadu. Tujuannya adalah untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Apa saja yang biasa ditangani dalam service motor rasa baru? Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu pada bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Apa Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban?

  • Di Planet Ban Service motor menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak) dan hemat dalam segi biaya perawatan.
  • Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng
  • Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.
  • Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Perbedaan Service Motor di Planet Ban dengan di Tempat Lain

Ada banyak perbedaan jika Anda melakukan service motor di tempat selain Planet Ban. Jika Andda service motor berkala di tempat lain, biasanya akan menghasilkan kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Selain itu banyak ditemui juga kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Nah, jika Anda melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part pada mesin akan dibersihkansecara maksimal sehingga akan terasa seperti baru. Kebersihan yang diutamakan oleh Planet Ban memang tidak tanggung-tanggung, kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Service motor di Planet Ban bikin motor seperti memiliki meisn baru. Tentunya tarikan gas jadi lebih enteng, emisi pembakaran turun lebih dari 70%, akan lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Untuk biaya apakah masih terjangkau? Tenang, harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, sangat terjangkau. Untuk service motor injeksi hanya Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya hanya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-. Sangat ebrsahabat sekali bukan?

Nah, Anda sekarang sudah tahu manfaat rutin cek kondisi motor dan bagian apa saja yang harus diservis. Kapan Anda terkahir service motor? Sudah butuh perawatan berkala untuk sepda motor Anda? Jika perlu service motor, yuk ke Planet Ban dan dapatkan layanan terbaik untuk service motor rasa baru.

Rate this post

3 COMMENTS

  1. Saya kira planet ban dulu hanya menjual ban saja ternyata menyediakan jasa servis motor juga. Cocok juga harganya ini mas soalnya servis motor injeksi harganya murah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here