10 Tips Rekrut Karyawan Berkualitas untuk Kembangkan Bisnis

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Merekrut karyawan yang berkualitas akan membuat produktivitas bisnis meningkat. Untuk itu, kamu perlu melakukan proses rekrut karyawan yang ketat agar mendapat kandidat yang sesuai keinginan. 

Namun bila kamu ingin mengembangkan bisnis, kamu bisa memanfaatkan pinjaman KTA. Melalui artikel ini, kamu akan mengetahui berbagai tips yang bisa dilakukan para pebisnis agar lebih mudah mengembangkan bisnisnya. 

Jika kamu merupakan seorang pebisnis dan penasaran dengan tips tersebut, cek ulasan di bawah ini.

Pinjaman KTA
Pinjaman KTA

Tips Rekrut Karyawan Berkualitas

Inilah berbagai tips yang bisa kamu lakukan untuk merekrut karyawan berkualitas:

1. Membuat Lowongan Sejelas Mungkin

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat lowongan pekerjaan dengan sejelas mungkin. Caranya adalah dengan menulis deskripsi pekerjaan serta kualifikasi dengan rinci.

Kamu bisa menulis berbagai hal yang harus dikerjakan oleh jabatan tersebut dalam deskripsi pekerjaan. Selain itu, kamu bisa menulis syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan dalam kualifikasi. Tulislah apa adanya agar calon karyawan tak merasa tertipu dengan pekerjaan yang dijalaninya nanti.

Untuk membantumu melakukan ini, kamu bisa meriset ke perusahaanmu sendiri maupun perusahaan lain. Dengan demikian, kamu mempunyai gambaran terkait apa yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnismu.

2. Post Lowongan Pekerjaan

Setelah membuat lowongan pekerjaan, maka hal yang perlu kamu lakukan setelahnya adalah mengunggahnya. Hal ini bisa kamu lakukan di beragam job portal atau media sosial yang terpercaya.

Kamu juga bisa mengunggahnya secara konvensional. Namun saat ini lebih banyak orang yang mencari pekerjaan melalui internet daripada cara tersebut. 

Tak hanya itu saja, beragam aplikasi di internet juga menawarkan fitur-fitur yang bisa kamu manfaatkan dalam mencari karyawan berkualitas.

3. Mengecek Lamaran

Bila lowongan pekerjaan telah diunggah, maka kamu akan mendapatkan beragam lamaran dari orang yang berbeda-beda. Inilah saatnya untuk kamu mengecek lamaran tersebut mulai dari surat lamaran, daftar riwayat hidup, hingga portofolio bila dibutuhkan.

Kamu perlu mengeceknya dengan cermat agar dapat mengetahui kualifikasi kandidat tersebut. Kamu pun bisa menggunakan berbagai tools maupun situs yang biasa digunakan oleh para perekrut untuk membantumu dalam melakukannya.

Untuk memaksimalkan fungsi tools yang ada, kamu bisa menggunakan pinjaman KTA agar aksesnya dapat digunakan lebih maksimal.

Tips rekrut karyawan berkualitas
Tips rekrut karyawan berkualitas

4. Melakukan Tes dan Wawancara

Kalau kamu sudah memperoleh kandidat yang kuat, maka kamu bisa mulai melakukan tes dan wawancara. Kamu bisa menyesuaikan tes atau wawancara apa saja yang diperlukan sesuai kebutuhan perusahaanmu.

Saat ini kamu tak harus melakukan semuanya secara langsung karena ada berbagai aplikasi yang bisa membantumu agar proses tersebut bisa dilakukan secara online. Dengan demikian, kamu bisa mempermudah calon karyawanmu.

5. Pastikan Keakuratan Alat Tes

Dalam melakukan tes, maka kamu akan memerlukan serangkaian alat tes untuk mengukur kemampuan calon kandidat. Maka dari itu, kamu perlu memastikan keakuratannya untuk menghindari kesalahan dalam proses rekrutmen.

Kamu bisa mencari saran di internet atau relasi mengenai alat tes yang terpercaya. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan hasil yang terbaik dengan melakukan rekrutmen pakai pinjaman online bunga rendah.

6. Manfaatkan Media Sosial

Sebelumnya sudah disinggung bahwa kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk mengunggah lowongan pekerjaan. Selain itu, kamu juga bisa mengecek background dari kandidat melalui media sosial. Kamu bahkan juga bisa menghubunginya lewat media sosial tersebut jika dibutuhkan.

Media sosial ini juga bisa kamu manfaatkan untuk membangun branding dari perusahaanmu. Jadi, warganet bisa mengetahui seperti apa perusahaanmu dan suasana kerjanya sehingga tertarik untuk melamar.

7. Gunakan Situs Milik Perusahaan

Selain memanfaatkan situs, aplikasi, maupun media sosial lain, kamu juga bisa memanfaatkan situs milik perusahaan. Salah satunya adalah dengan membuka lowongan pekerjaan di sana. Kamu pun bisa membuat mereka agar langsung melamar di situs perusahaanmu.

Selain itu, situs perusahaan juga bisa menjadi media informasi agar para calon kandidat semakin tertarik untuk melamar. Jadi, kamu bisa membuat atau memperkuat branding perusahaanmu di sana.

8. Mempertimbangkan Kandidat yang Pernah Melamar

Kalau perusahaanmu pernah membuka lowongan pekerjaan sebelumnya, maka kamu bisa mempertimbangkan orang-orang yang pernah melamar namun belum bisa menjadi karyawanmu. Akan lebih baik lagi kalau mereka pernah melamar di posisi yang sama.

Kandidat seperti ini sudah lebih familiar dengan bisnismu. Selain itu, bisa saja mereka telah mempunyai pengalaman yang dibutuhkan untuk posisi ini dibanding terakhir kali mereka melamar.

9. Mencari lewat Relasi

Kamu juga bisa mencari karyawan dengan cara bertanya atau menawarkannya pada relasimu. Cara ini kerap dianggap ampuh karena watak calon kandidat bisa lebih diketahui.

Namun jangan lupa untuk mencari di circle yang benar karena dalam seseorang cenderung berkumpul dengan orang lain yang berwatak serupa. Cara ini juga bisa kamu terapkan ke karyawanmu yang lain.

10. Perlakukan Kandidat dengan Sopan

Banyak kandidat rekrutmen yang mengeluh bahwa recruiter bertindak seenaknya sendiri. Hal ini membuat mereka enggan melanjutkan seleksi. Kalau hal ini terjadi di perusahaanmu terutama pada kandidat potensial, maka akan terasa sangat sayang sekali, bukan? 

Maka dari itu, kesan yang diberikan perusahaan untuk para kandidat sangatlah penting. Kamu perlu memperlakukan kandidat dengan sopan. Buatlah undangan dengan kata-kata yang sopan dan ramah. Lalu berikan jadwal yang jelas. Pastikan kamu juga menepati jadwal tersebut.

Jangan lupa berikan kontak yang bisa dihubungi kalau para kandidat memiliki pertanyaan tentang perekrutan. Dengan demikian mereka bisa memperoleh informasi dengan mudah dan cepat.

Itulah 10 tips rekrut karyawan untuk mengembangkan bisnismu. Kalau kamu memerlukan tambahan biaya untuk melakukannya, maka kamu bisa mempertimbangkan pinjaman KTA dari lembaga tepercaya seperti digibank KTA. Klik di sini untuk informasi selanjutnya.

Rate this post

Leave a Comment