5 Tips Jitu Saat Menghadapi Interview Kerja Agar Diterima

0
276

Interview kerja atau tes wawancara merupakan tahapan yang harus dilalui oleh calon pelamar ketika melamar di sebuah perusahaan. Biasanya para pelamar yang lolos seleksi administrasi akan melanjutkan seleksinya di tahap interview kerja. Saat tes wawancara HRD dari perusahaan yang dilamar akan lebih dalam mengetahui kepribadian kita saat tes wawancara ini. Itulah mengapa tes wawancara atau tes interview kerja ini merupakan tahapan yang paling penting dalam proses perekrutan.

Melamar di perushaanan ternama memang menjadi impian bagi seluruh pelamar ketika berjuang dalam mencari pekerjaan. Berbagai informasi lowongan kerja dikumpulkan dan diseleksi untuk mengajukan lamaran sebagai karyawan profesional maupun fresh graduate.

Dalam pelaksanaan interview kerja, seorang pelamar harus mempromosikan dan mepresentasikan dirinya di depan staf HRD ketika melakukan tes wawancara kerja. Presentasi yang tidak terlalu panjang, terlihat profesional, percaya diri ,dan mewakili segala hal positif yang ada dalam diri Anda menjadi nilai plus agar bisa diterima ke tahap selanjutnya.

Ada beberapa tips jitu ketika kita mendapat kesempatan untuk dipanggil dalam tes wawancara kerja, selain harus siap mental dan sehat jasmani, kita harus mempersiapkan beberapa hal agar kita bisa menghadapi interview kerja dengan lancar.

tips interview kerja
Tips menghadapi interview kerja

5 Tips Menghadapi Interview Kerja

Setelah mendapat panggilan pekerjaan untuk melakukan tes wawancara kerja, ada baiknya Anda mempersiapkan segalanya mulai dari potensi diri, percaya diri, dan segala hal yang berkaitan dengan posisi maupun perusahaan yang dilamar. Berikut ini ada beberapa tips saat interview kerja yang bisa Anda lakukan agar biosa diterima dan sukses melewati tahapan wawancara kerja. Di antaranya adalah:

Latihan Perkenalan Diri

Ketika seorang menghadapi wawancara kerja, biasanya akan gugup dan efeknya pikiran menjadi blank. Hal ini sebaiknya dihindari dengan melakukan latihan perkenalan diri sebelum hari H tes interview kerja. Selain untuk melatih keberanian dalam mempresentasikan diri, latihan untuk merangkai katakata yang pas saat perkenalan diri juga sangat penting untuk mendapatkan penilaian yang baik dari tim HRD.

Menggali Potensi yang Dimiliki

melamar di sebuah posisi pekerjaan tentunya harus disesuaikan dengan pendidikan yang telah ditempuh, seperti contoh melamar posisi akuntan, maka Anda harus memiliki latar belakang pendidikan di bidangakuntansi. Akan tetapi saat ini, tak hanya seusai bidang saja yang banyak diterima dalam sebuah posisi, mencari kemampuan diri yang lain dengan cara menggali potensi yang bisa dimanfatakan sebagai kelebihan akan lebih baik. Apalagi jika lancar ketika menjawab pertanyaan di bidang ilmu lain saat tes interview kerja.

Memahami Seluk Beluk perusahaan yang Dilamar

Mengathui perusahaan yang kita lamar adalah hal yang wajib diperhatikan. Logikanya, kita ingin bekerja di sebuah perusahaan, akan tetapi kita tidak tahu seluk beluk perusahaan tersebut. Sudah bisa dipastikan bahwa pelamar tipe tersebut tidak benar-benar ingin bekerja di perusahaan tersebut dan hanya mencoba-coba. Tipsnya adalah, kalian harus mengetahui secara pasti baik asal usul perusahaan tersebut maupun eksistensinya saat ini.

Berikan Kesan Pertama yang Positif

Ketika menghadapi tes wawancara kerja, komunikasi dan cara berbicara akan lebih diperhatikan oleh para rekruter. Oleh karena itu, ketika saat pertama masuk ke ruangan, Anda bisa memberikan kesan positif dengan menghormati dan menghargai pewaancara. Jangan lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih untuk setiap kesempatan berbicara yang diberikan kepada Anda. Dengan komunikasi yang baik, maka rekruter akan memberikan nilai positif ketika menemukan kesan yang positif pada diri Anda.

Persiapkan Pertanyaan Sebagai Bentuk Antusias

Seyogyanya para rekruter akan lebih sebnang terhadap calon pelamar yang aktif bertanya ketika dipersilakan. Hal ini berarti calon pelamar memilikipemikiran yang luas dan ingin tahu lebih dalam tentang perusahaan yang dilamar. Oleh karena itu tidak ada salahnya Anda mempersiapkan pertanyaan seputar perusahaan yang akan dilamar, cari tahu sedalam mungkin sebagai bentuk antusias untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut.

Kesimpulan

Melamar pekerjaan di sebuah perusahaan ternama tidaklah smeudah membalikkan telapak tangan, ada beberapa tahapan yang harus dilalui selain seleksi administrasi salah satunya adalah tahapan tes wawancara kerja. Tahapan interview kerja ini merupakan tahapan yang paling vital, karena kaan memperlihatkan diri Anda secara langsung.

Jika Anda masih memilih perusahaan mana yang cocok untuk dilamar, Anda bisa langsung download aplikasi pencarian kerja melalui playstore. Dengan menggunakan aplikasi pencarian lowongan pekerjaan tersebut, akan lebih memudahkan memfilter lowongan pekerjaan sesuai yang Anda inginkan. Selamat berjuang dan semoga berhasil.

5/5 - (13 votes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here