Peluang Bisnis untuk Mahasiswa

0
218

Masa-masa menjadi mahasiswa tidak boleh disia-siakan begitu saja. Pada masa ini, mereka masih memiliki banyak waktu luang, energi yang besar untuk melakukan banyak kegiatan, dan jaringan pertemanan luas. Banyak peluang bisnis <sumber link> yang bisa dilakukan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman bisnis sebelum nantinya mengelola bisnis yang lebih besar setelah lulus kuliah. Berikut ini adalah ide bisnis yang cocok untuk kalangan mahasiswa.

peluang bisnis mahasiswa
peluang bisnis mahasiswa

Peluang Bisnis Sesuai Hobi dan Skills  

Menjalankan bisnis sesuai passion atau hobi pasti terasa menyenangkan. Wajar jika banyak anak muda tertarik memulai bisnis sesuai dengan apa yang disukai apalagi didukung skills yang dimiliki. Apa saja ide bisnis yang cepat menghasilkan pundi-pundi rupiah? 

Jasa Fotografi dan Videografi 

Berkembangnya tren fotografi membuat peluang usaha di bidang industri kreatif ini terbuka lebar. Kecanggihan teknologi tentu memberi kontribusi terhadap berkembangnya tren fotografi. Di media sosial dan situs e-commerce misalnya, foto dan video menjadi sarana utama pemasaran. Belum lagi banyaknya event yang membutuhkan jasa fotografi seperti wisuda, pernikahan, ulang tahun dan sebagainya. 

Tak heran jika banyak anak muda menggeluti bisnis fotografi dan videografi. Cara memulainya adalah dengan membuat portofolio dan memposting di website atau media sosial. Jika karya yang diperlihatkan memang bagus, tentu orang akan tertarik menggunakan jasa tersebut. 

Bisnis Otomotif 

Usaha di bidang otomotif cocok sekali bagi mahasiswa jurusan teknik yang hobi utak-atik mesin kendaraan. Saat ini hampir semua lapisan masyarakat memiliki kendaraan pribadi. Tentunya, kendaraan motor memerlukan perawatan rutin seperti ganti oli, servis berkala, pengecekan radiator, dan lain-lain. Karena itu, bisa dipastikan bengkel kendaraan tidak pernah sepi. 

Jasa Terjemahan 

Saat ini kesadaran anak muda akan pentingnya penguasaan bahasa asing semakin tinggi. Tak hanya bermanfaat bagi pendidikan dan karir, ternyata kemampuan berbahasa asing bisa menjadi sumber pemasukan. 

Bisa dibilang, untuk merintis usaha di bidang penerjemahan tidak dibutuhkan modal yang besar, apalagi jika sudah memiliki laptop atau komputer. Bisnis ini juga sangat fleksibel dari segi waktu dan tempat karena bisa dikerjakan di kampus atau rumah pada saat luang. Tentunya kamu harus selalu meningkatkan kemampuan dengan cara banyak mengikuti seminar atau workshop penerjemahan. 

Jual Minuman dan Snack

Bisnis F&B memang tidak ada matinya. Alasannya simpel saja, yaitu semua orang butuh makan. Bisnis ini cocok dijalankan di lingkungan kampus mengingat banyak mahasiswa yang tidak punya waktu untuk memasak. Mereka pun malas mengantri di warung makan. Karena itu, bisnis makanan dan minuman di lingkungan kampus pasti untung besar. 

Tak perlu repot membuat sendiri makanan dan minuman untuk dijual, kamu bisa mencari supplier dan tinggal memasarkannya. Tetapi jika kamu hobi memasak dan membuat makanan, kamu bisa menjual makanan buatanmu. 

Guru Les 

Jika kamu memiliki skills tertentu, kenapa tidak mencoba membuka kursus privat? Tentu ide bisnis ini harus disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Mahasiswa jurusan Bahasa Inggris, misalnya, bisa menawarkan kursus Bahasa Inggris. Atau, kamu bisa membuka kursus sesuai keahlian seperti kursus setir mobil, berenang, menulis karya ilmiah, bermain musik, dan sebagainya. 

Itulah beberapa peluang bisnis yang cukup menjanjikan bagi pelajar dan mahasiswa. Tak hanya menambah uang saku, berbisnis sejak dini penting untuk memupuk rasa percaya diri, tanggung jawab, kedisiplinan, dan lain-lain. Selain itu merintis usaha di usia muda membantu membangun networking lebih efektif. 

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here