Tren bersepeda menjadi olahraga yang meningkat tajam popularitasnya selama masa pandemi ini. Karena kebanyakan orang mengalihkan segala kegiatannya dengan berolahraga sepeda yang dinilai mudah dan simpel serta menyehatkan secara alami. Bagaimana cara merawat sepeda kalian dengan baik?

Beberapa macam jenis sepeda juga semakin beragam, oleh karena itu perlunya trik dan cara merawat sepeda yang baik agar sepeda kalian bisa terawat dan selalu siap digunakan untuk olahraga.

Beberapa jenis sepeda yang ada di pasaran memang memiliki perawatan yang berbeda-beda. Akan tetapi dari bermacam-macam tipe sepeda tersebut, dalam hal perawatan sebetulnya sama saja. Seperti merawat sepeda gunung, sepeda MTB, sepeda lipat dan lain sebagainya.

Cara Merawat Sepeda
Cara Memelihara Sepeda dengan Benar

Pentingnya perawatan pada unit sepeda menjadi hal yang sangat wajib dilakukan agar sepeda kalian tetap awet dan bisa digunakan setiap hari. Sebagian orang menganggap remeh tentang perawatan sepeda, padahal sepeda yang jarang dirawat oleh pemiliknya akan mudah rusak dan akibatnya sepeda tidak akan bisa digunakan lagi kecuali kalian membawanya ke bengkel sepeda.

Lalu apa yang harus kita lakukan agar sepeda selalu siap ketika akan digunakan? Salah satu cara sederhana adalah dengan selalu memperhatikan dan merawat unit sepeda yang kalian miliki. Penggunaan setiap hari pastinya akan membuat sepeda akan menyusut, untuk menghindari itu, maka kalian harus melakukan perawatan sepeda dengan baik.

Tips Merawat Sepeda yang Benar

Rutin merawat sepeda, jelas akan memberikan efek positif pada unit sepeda yang kalian miliki.  Dengan menggunakan sepeda yang prima, tentu akan memberikan rasa nyaman dan aman dalam menggunakannya. Berikut ini ada beberapa tips dan cara merawat sepeda agar tahan lama dan awet.

Membersihkan Sepeda Secara Rutin

Hal yang paling utama agar sepeda menjadi lebih awet adalah dengan rutin membersihkannya setiap hari, tidak hanya ketika sudah digunakan saja, akan tetapi membersihkan sepeda harus dilakukan setiap hari meskipun sepeda tidak digunakan. Dengan melakukan cara mencuci sepeda yang benar, akan mempengaruhi kekuatan body dan cat sepeda.

Part dan bagian sepeda yang terbuat dari alumunium dan besi rentan terkena karat. Bersihkanlah sepeda setiap hari dengan menggunakan sabun. Bersihkan secara detail sampai bagian terkecil dari sebuah sepeda.

Rutin Memberi Oli pada Rantai Sepeda

Rantai merupakan part paling utama dalam sebuah unit sepeda. Tanpa rantai, sepeda tidak akan bisa berjalan sebagaimana mestinya. Dengan memberikan oli secara rutin pada rantai, maka rantai akan terjaga kualitasnya.

Alasan utamanya adalah agar rantai tidak menjadi aus, karena ketika rantai kering maka akan berakibat rantai putus ketika digunakan, apalagi saat berjalan di medan yang menanjak.

Advertisements

Selalu Cek Kampas Rem Sepeda

Rem juga termasuk bagian dari sepeda yang harus selalu mendapatkan perhatian. Part ini termasuk bagian paling utama yang harus memiliki kondisi prima, karena keselamatan para pengguna sepeda bertumpu pada bagian rem.

Selalu rutin untuk mengecek kampas rem pada sepeda kalian. Berilah oli atau stempet pada kawat rem. Dengan rutin menjaga perawatan rem pada sepeda, maka kalian akan selalu merasa aman ketika berolahraga sepeda. Hal ini merupakan bagian dari cara memelihara sepeda yang baik.

Cek Tekanan Ban Sepeda

Tekanan ban pada sepeda pada umumnya akan menurun jika sepeda tidak sering digunakan, oleh karena itu dianjurkan bagi para pemilik sepeda untuk menggantung sepeda jika lama tidak digunakan.

Dengan tekanan ban yang sesuai saat akan digunakan, maka keamanan dan kenyamanan saat bersepeda juga akan lebih terasa. Lakukan cek tekanan ban secara rutin, dan pastikan sudah sesuai dengan standar yang diberikan. Pemeliharaan sepeda seperti ini harus dilakukan secara berkala.

Simpan Sepeda di Tempat yang Aman

Sepeda merupakan barang yang mudah terkontaminasi oleh benda cair atau benda lainnya yang bisa merusak onderdil sepeda. Untuk mengatasi agar sepeda tidak mudah rusak, maka tempat penyimpanan pun harus dibuat khusus agar sepeda lebih aman.

Simpanlah sepeda di tempat yang terbebas dari gangguan. Sepeda bisa disimpan di garasi dengan ditutupi plastik untuk menghindari debu yang bisa merusak body sepeda.

Periksa Kondisi Sepeda Secara Detail

Tak hanya poin diatas yang bisa dilakukan untuk merawat sepeda kalian, dengan selalu memperhatikan bagian sepeda secara detail tentunya akan meminimalkan kerusakan sepeda ketika akan dipergunakan.

Bagian terpenting sepeda yang berukuran kecil harus selalu mendapat perhatian lebih, karena merupakan bagian yang rentan rusak ketika seseorang tidak memperhatikannya dengan baik. Onderdil sepeda yang melonjak harganya menjadi alasan kita harus benar-benar menjaga dan merawat sepeda dengan baik.

Tips Merawat sepeda dengan baik
Pentingnya Merawat Sepeda dengan Bbaik

Pentingnya Merawat Sepeda

Jika kalian merupakan pecinta olahraga sepeda, tak hanya badan yang akan mendapatkan keuntungan bersepeda. Harga sepeda yang bervariasi mulai dari yang murah hingga mahal tentu harus dirawat juga tanpa melihat merknya. Semua sepeda berhak mendapatkan perawatan yang sama dari pemiliknya.

Dengan memiliki sepeda yang terawat, tentunya kalian akan puas juga dengan performa unit sepeda yang kalian pakai saat berolahraga. Rasa aman dan nyaman pasti akan timbul ketika kalian mengendarai sepeda yang sangat terawat. Apapun jenis sepedanya seperti sepeda lipat, sepeda gunung, sepeda MTB , dan jenis sepeda yang lain.

Disamping itu, tampilan yang bersih dan mengkilap juga bisa menambah rasa percaya diri kalian ketika berkumpul dengan komunitas pecinta sepeda yang ada di berbagai daerah. Jadi dengan melakukan cara merawat sepeda yang baik, maka akan dipastikan sepeda akan selalu siap untuk dipakai. Kita harus mengikuti tren lifestyle yang berubah drastis tahun 2021 ini.

Ingin membeli sepeda baru atau mencari perangkat untuk perawatan sepeda? Nantikan kampanye belanja dari Shopee, yakni ShopeePay Mantul Sale! Berlangsung mulai dari tanggal 25 sampai dengan 27 setiap bulan, sepanjang tahun, nikmati promo Gratis Ongkir Rp0 dan ShopeePay Deals Rp1 di Shopee. Belanja sebanyak-banyaknya selama promo ini berlangsung untuk memenangkan iPhone 11 gratis! Kunjungi Shopee sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here