7 Gejala Asam Lambung Naik, Tidak Hanya Sakit Perut

0
234

Gejala asam lambung? Apa pernah mengalami? Refluks asam adalah suatu kondisi di mana asam naik dari lambung ke kerongkongan. Saluran pencernaan tubuh kita memiliki pintu masuk ke lambung dalam bentuk katup. Katup ini merupakan cincin otot yang disebut sfingter esofagus bagian bawah. Dalam keadaan normal, katup ini dapat ditutup kembali setelah makanan lewat.

Namun, ketika ada masalah dapat mengurangi kinerja katup, seperti katup tidak menutup sepenuhnya atau terbuka sesekali. Jika katup di saluran pencernaan ini tidak menutup sepenuhnya, asam yang diproduksi di lambung dapat naik ke kerongkongan.

Jika asam lambung naik dari lambung ke kerongkongan lebih dari sekali dalam seminggu, mungkin penderita mengidap penyakit refluks gastroesofageal (GERD).

Gejala Asam Lambung Naik
Gejala Asam Lambung Naik

Asam lambung dapat meningkat karena masalah kelainan pada lambung. Selain itu, penyebab umum asam lambung naik adalah:

  1. Makan terlalu banyak.
  2. Langsung berbaring setelah makan.
  3. Makan terlalu dekat dengan waktu tidur.
  4. Makan makanan tertentu seperti jeruk, tomat, coklat, mint, atau makanan tinggi lemak sampai makanan pedas lainnya.
  5. Minum kopi, soda dan alkohol secara berlebihan.
  6. Merokok.
  7. Hamil.
  8. Efek samping obat-obatan.
    Ketika asam lambung naik, tubuh mungkin mengalami banyak gejala. Gejalanya tergantung pada organ yang terkena asam lambung.

Tidak semua penderita asam lambung akan memiliki gejala yang sama. Gejala ini bervariasi, mulai dari ringan hingga berat. Berikut beberapa ciri-ciri terkena gangguan asam lambung:

Heartburn

Heartburn adalah gejala yang paling sering dilaporkan oleh penderita refluks gastroesofageal. Perut kita secara alami terlindungi dari korosif asam lambung.

Namun, jika katup saluran cerna tidak berfungsi secara maksimal, asam lambung bisa naik dari lambung ke kerongkongan sehingga menyebabkan heartburn.

Heartburn merupakan rasa sensasi terbakar yang tidak nyaman di dada. Tingkat keparahan yang dirasakan pada penderita asam lambung bisa ringan hingga menyakitkan.

Regurgitasi

Regurgitasi merupakan perasaan ada cairan, makanan atau asam lambung naik ke kerongkongan. Beberapa yang mengalami regurgitasi dapat muntah. Bayi dan anak-anak yang mengalami GERD dapat terjadi regurgitasi berulang.

Dispepsia

Gangguan pencernaan atau dispepsia menyebabkan rasa tidak nyaman pada bagian tengah atau atas perut. Penderita dapat mengalami gejala mual, mulas, sakit perut, kembung, sering bersendawa, dan muntah. 

Gejala tersebut perlu ditanggapi serius karena dapat berpotensi adanya gangguan lain seperti tukak lambung.

Batuk Kering

Gejala lain dari penyakit asam lambung adalah batuk kering. Batuk kering yang disebabkan oleh iritasi asam pada tenggorokan sering terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Batuk berulang adalah reaksi alami tubuh untuk mengeluarkan zat asing seperti asam lambung dari tenggorokan.

Mulut Terasa Asam dan Pahit

Jika asam lambung naik, rasanya bisa asam atau pahit. Beberapa orang juga melaporkan rasa asam atau pahit di mulut, diikuti dengan sensasi terbakar di tenggorokan dan mulut.

Sakit Tenggorokan

Iritasi tenggorokan terjadi karena asam lambung yang meningkat dari lambung ke kerongkongan. Penderita yang terkena pasti akan mengalami sakit tenggorokan, suara serak, hingga timbul sensasi benjolan di tenggorokan.

Sulit Menelan

Orang dengan penyakit refluks asam lambung juga mengalami kesulitan menelan atau disfagia. Selain asam lambung, beberapa gangguan lain yang dapat menyebabkan disfagia adalah penyakit parkinson, kanker, dan stroke.

Itu dia tujuh gejala asam lambung naik yang perlu diwaspadai. Jika Anda ingin meredakannya, maka rutin mengonsumsi obat alami untuk asam lambung atau makanan dalam bentuk sereal.

Misalnya sereal sehat Nutriflakes. Sereal tersebut dapat dikonsumsi dari balita usia 2 tahun hingga lansia. 

Bahan utama sereal ini adalah umbi garut yang memiliki banyak khasiat, seperti meredakan asam lambung dan mengandung efek terapi yang membuat perut terasa nyaman.

Anda bisa memesan Nutriflakes ini di website nutriflakes.id dan halaman Instagram @nutriflakes.official. Anda bisa juga pesan di halaman Tokopedia Nutriflakes dan Shopee Nutriflakes.

Semoga artikel kesehatan ini bermanfaat dan lekas sembuh.

5/5 - (1 vote)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here