7 Ide Ice Breaking Agar Mengajar Online tidak Membosankan

0
92

Saat mengajar online seorang guru bisa melakukan jeda di sela menyampaikan materi agar tidak membosankan. Misalnya saja dengan mengisi waktu di sela virtual class dengan ice breaking agar tidak membosankan. Ice breaking juga membuat siswanya tetap semangat menyimak materi dan pastinya kelas online menjadi lebih seru.

Biasanya saat ada classroom web, penyampaian materi bisa jadi terasa panjang dan membosankan pada peserta. Sebagai pengajar bisa memberikan stimulus berupa ice breaking agar siswanya mampu tetap fokus pada materi yang disampaikan. Cobalah beberapa ide ice breaking ini untuk bisa membuat suasana belajar online lebih menyenangkan.

7 Ide ice breaking saat mengara online
7 Ide ice breaking saat mengara online

1. Tebak Gambar

Ice breaking yang satu ini bisa membangkitkan semangat berpikir siswa saat kelas belajar online. Guru bisa menyajikan beberapa gambar yang menarik dan unik untuk ditebak oleh semua peserta. Bisa juga meminta peserta untuk sediakan gambar agar peserta lainnya ikut menjawab.

Bisa juga dengan menyajikan kompilasi gambar dengan susunan huruf yang nantinya akan ditebak oleh semua peserta. Pada saat menjalankan ice breaking yang merupakan jeda dari materi tersebut, artinya audience diajak untuk bersenang-senang. Selain itu pula, ice breaking bisa memberikan fokus pada peserta saat mengajar online.

2. Tepuk Tangan

Saat virtual class, ide ice breaking pastinya memiliki peran yang sangat penting. Pasalnya ice breaking mampu membuat suasana kelas online jadi lebih produktif. Para siswanya juga akan lebih terpacu semangat serta merangsang untuk berpikir kritis.

Misalnya saja dengan memberikan ice breaking tepuk tangan. Caranya sangat mudah, guru memberikan instruksi jika mengucapkan selamat pagi maka peserta akan melakukan tepuk satu kali, jika selamat siang, harus tepuk tangan dua kali. Cobalah guru mengetes konsentrasi dan kecepatan siswa dengan ice breaking tepuk tangan saat mengadakan classroom web.

3.Sambung Kata

Ketika mengadakan classroom web artinya pembelajaran yang disampaikan harus secara online. Biasanya jika terlalu lama peserta akan mulai bosan dan kehilangan fokus selama pembelajaran berlangsung. Untuk mengantisipasinya maka mengajar online bisa diselingi dengan permainan sambung kata.

Para peserta bisa diajak untuk berkonsentrasi dan memikirkan kata yang akan diucapkannya. Peserta lainnya akan meneruskan kata yang pas setelah kata lain diucapkan. Ice breaking ini bisa dilakukan seterusnya sampai semua peserta terlibat pastinya akan sangat seru dan menantang. Pastinya ice breaking tersebut bisa merangsang para peserta untuk tetap nyaman mengikuti virtual class lebih menyenangkan.

4.Menebak Mimik Wajah

Ice breaking paling seru dilakukan saat mengajar online salah satunya dengan menebak mimik wajah. Selain menyenangkan, mimik wajah ini bisa membuat peserta juga tertawa karena menebak berbagai macam ekspresi. Misalnya bisa dicontohkan terlebih dahulu ekspresi sedih kemudian peserta menebak dan seterusnya.

Pada saat bermain ekspresi ini bisa melibatkan audience untuk bergiliran memperagakan dan yang lainnya menebak dengan mudah. Yang menarik saat melakukan ice breaking mimik wajah ini membuat peserta lebih bersemangat. Apalagi jika melihat ekspresi wajah secara seksama bisa mengundang tawa sehingga pembelajaran virtual class jadi lebih hidup dan menyenangkan.

5.Saling Memperkenalkan Diri

Saat mengadakan classroom web maka bisa juga diisi dengan ice breaking seperti saling memperkenalkan diri sesama peserta. Setelah itu peserta bisa mengajukan pertanyaan pada orang yang sedang memperkenalkan diri tersebut. Berikutnya orang yang memperkenalkan diri juga bisa memberikan pertanyaan pada peserta lainnya untuk menebak siapa dirinya.

Dengan mengadakan ice breaking perkenalan diri ini, harapannya semua peserta yang terlibat bisa saling kenal. Suasana saat mengajar online juga bisa semakin menyenangkan dan lebih ceria. Pastinya semua yang hadir bisa saling kenal satu sama lain meskipun tidak bisa langsung tatap muka.

6.Menebak Judul Buku Tanpa Suara

Keseruan saat ice breaking yaitu melihat para pesertanya antusias dan mulai berpikir kritis. Salah satunya dengan menebak judul cerita yang disebutkan hanya dengan gerak bibir namun tanpa suara. Semua peserta diharapkan terlibat untuk menjawab dan bergiliran menjadi penanya.

Biasanya judul buku merupakan rangkaian kata yang pendek dan bisa lebih dipahami. Peserta akan melihat gerakan bibir dan ketepatan dalam menentukan judul tersebut. Pastinya ice breaking yang satu ini bisa merangsang peserta dalam berpikir dan mengekspresikan judul buku kepada peserta lainnya.

7.Tebak-Tebakan

Melatih konsentrasi dan membuat peserta lebih fokus di sela mengajar online merupakan hal yang penting dilakukan. Agar materi yang disampaikan bisa dipahami oleh peserta juga peserta tidak merasa bosan maka bisa diselingi dengan ice breaking. Salah satunya dengan bermain tebak-tebakan dan kegiatan ini bisa melibatkan semua audice virtual web yang hadir.

Cara tebak-tebakan yang dilakukan sangat mudah, pertama pemberi pertanyaan memberi clue tentang suatu objek secara random. Nantinya peserta lainnya bisa menebak objek apakah yang dimaksud, melakukan cara tersebut berulang kali agar peserta lainnya ikut terlibat. Kegiatan ice breaking di virtual class yang satu ini bisa melatih konsentrasi dan berpikir lebih kritis.

Dengan adanya ide ice breaking mengajar online yang ada dan bisa langsung dipraktekkan ini. Maka pembelajaran virtual class bisa dilaksanakan secara menyenangkan dan memberikan semangat bagi pesertanya. Pastikan saat mengadakan virtual web ini diselingi dengan ice breaking yang menarik agar para peserta lebih antusias dan lebih bersemangat.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here