Apa itu Branding dan Apa Saja Manfaatnya?

0
83

Dengan sebuah brand, audiens akan lebih mudah untuk memilih produk mana yang akan mereka gunakan. Lalu mengapa branding agency selalu berusaha melakukan proses branding sebaik mungkin? Berikut adalah pengertian apa itu branding dan manfaat branding yang dapat melejitkan bisnis anda.

Apa itu Branding dan Apa Saja Manfaatnya?
Apa itu branding?

Apa itu Branding

Selama bertahun-tahun, manfaat branding telah dirasakan oleh perusahaan-perusahaan ternama dan UKM pemula dalam menjual produknya. Pengertian branding dapat diartikan sebagai suatu kegiatan untuk memperkenalkan suatu produk, barang atau jasa kepada masyarakat luas.

Branding adalah membuat produk atau jasa menjadi unik dan memiliki ciri khasnya. Branding adalah pembeda atau identitas yang membuat suatu produk atau jasa berbeda dari yang lain di pasar. Dengan demikian, masyarakat atau calon konsumen lebih mudah mengingat dan mengenalinya.

Manfaat Branding

Ada beberapa manfaat branding yang bisa kita ketahui. Di antaranya adalah:

Mendapatkan Kepercayaan Publik

Manfaat pertama dari branding adalah dapat memperoleh kredibilitas yang tinggi di mata konsumen. Dengan kemasan, logo, informasi nilai gizi, alamat, dll yang baik, konsumen akan lebih percaya diri dan mau membeli suatu produk atau menggunakan jasa tertentu.

Hal ini dikarenakan branding yang melekat pada suatu produk juga tergambar dengan jelas pada kemasannya. Beda lagi, dengan contoh branding yang buruk. Misalnya bungkus atau kemasannya hanya berupa plastik dan foto produknya buram.

Mencerminkan Nilai Bisnis.

Manfaat branding yang selanjutnya adalah dapat menunjukkan kepada masyarakat tentang nilai-nilai bisnis anda, meskipun ada begitu banyak pesaing di pasar. Selain menjaga kualitas, layanan, dan reputasi, anda bisa bekerja sama dengan banyak yayasan amal dan badan amal untuk menyumbangkan keuntungan kepada mereka yang membutuhkan.

Membuat Karakteristik

Manfaat paling penting dari branding adalah untuk menanamkan karakteristik atau identitas unik untuk produk. Hal ini penting agar tidak ada pesaing yang dapat menandingi dan memudahkan konsumen untuk membedakan dengan produk pesaing. Keunikan branding anda bisa dilihat dengan adanya kemasan, logo, warna, dll.

Memberikan Identitas

Setiap orang pasti sudah memahami bahwa sebuah brand adalah sebuah identitas. Identitas ini biasanya ditunjukkan atau dikomunikasikan kepada audiens dengan logo atau tagline. Identitas ini akan membedakan produk anda dengan produk perusahaan lain.

Memberikan Nilai Produk

Ketika anda membangun brand, maka anda sudah menyampaikan pesan produk kepada konsumen atau masyarakat. Jadi, nilai-nilai dalam produk ini akan menjadi magnet bagi target pasar anda.

Sebagai Sarana Komunikasi dengan Pelanggan

Perlu diketahui, ketika anda membuka sebuah brand, anda secara otomatis membuka ruang komunikasi dengan komunitas atau target pasar anda. Proses branding akan menyampaikan beberapa pesan kepada masyarakat. Mengenai nilai, keunggulan produk, keunikan produk dan sebagainya.

Membangun Kredibilitas

Setelah seseorang menggunakan atau mengkonsumsi produk anda, maka mereka akan merasakan manfaat produk tersebut. Maka, sejak itu mereka akan membangun persepsi tentang produk anda dari segi kualitas produk yang anda tawarkan. Kredibilitas anda akan terbangun ketika konsumen mencoba menggunakan produk anda.

Mempermudah Proses Referral

Ini adalah alasan mengapa anda atau agensi branding perlu melakukan proses branding dengan baik. Yaitu untuk mempermudah proses referral yang akan dilakukan pelanggan karena kepuasan yang dirasakan dari produk anda.

Itulah pengertian tentang branding dan manfaatnya yang bisa anda ketahui. Karena pentingnya proses branding ini, banyak pemilik bisnis yang menyerahkan proses branding penting ini kepada ahlinya yaitu Patendo yang sudah berpengalaman dalam proses branding tersebut.

5/5 - (1 vote)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here