Asuransi Mobil All Risk untuk Perlindungan Maksimal Kendaraan Bermotor

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Kendaraan bermotor yang kita miliki tentunya harus dilengkapi dengan perlindungan asuransi, agar kita selalu waspada dan berhati-hati saat berkendara. Lalu lintas di kota yang semakin padat menambah tinggi risiko kecelakaan.

Berbagai risiko kerugian seperti kehilangan, bencana alam, musibah, kecelakaan, dan sebagainya dapat menimpa kendaraan bermotor yang dimiliki, baik mobil maupun motor. Kecelakaan maupun kerusakan yang menimbulkan kerugian materiil itu bisa terjadi kapan saja. 

Sebagian besar musibah itu membuat kita harus membayar beberapa kerugian secara materi. Karena itu, penting untuk melengkapi kendaraan dengan asuransi mobil All Risk, agar mendapatkan ganti rugi jika kita mengalami kerusakan maupun kehilangan.

Memang tak semua pemilik kendaraan memakai asuransi untuk memproteksi jika terjadi musibah. Karena itu, penting bagi setiap pengendara mendapat pemahaman mengenai manfaat asuransi kendaraan bermotor. 

Sebab, jika mengalami berbagai risiko, Anda tidak perlu pusing memikirkan biaya kerugian. Semuanya akan ditangani oleh pihak asuransi.

Asuransi Mobil All Risk untuk Perlindungan Maksimal
Asuransi Mobil All Risk untuk Perlindungan Maksimal

Jenis Asuransi Mobil di Indonesia

Perusahaan asuransi banyak menawarkan layanan asuransi untuk kendaraan bermotor, khususnya mobil. Untuk lebih mengetahui wawasan mengenai asuransi kendaraan bermotor berikut ini adalah jenis asuransi mobil yang ada di Indonesia, di antaranya:

Asuransi mobil All Risk (Comprehensive)

Asuransi mobil All Risk atau lebih sering juga disebut dengan istilah komprehensif merupakan asuransi mobil yang melindungi beragam kerusakan. Seperti kerusakan kecil akibat baret, body penyok, tertabrak mobil, dan sebagainya.

Asuransi mobil All Risk juga bisa menangani beberapa kerusakan besar seperti kecelakaan hebat yang membuat body mobil hancur tak beraturan, sampai kehilangan mobil karena dicuri. Semua kerugian tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Salah satu contoh penyedia asuransi mobil All Risk terbaik adalah Roojai.co.id. Di Roojai, Anda bisa secara bebas untuk mengatur sendiri manfaat perlindungan polis asuransi sesuai kebutuhan, dan menawarkan harga asuransi yang sangat terjangkau.

Asuransi Total Loss Only (TLO)

Jenis asuransi lainnya yaitu Total Loss Only (TLO). Jenis asuransi ini memiliki sistem yang menyediakan proteksi kendaraan jika kerusakan kendaraan mobil sudah mencapai batas 75% dari nilai kendaraan.

Asuransi TLO juga akan menanggung seluruh kerugian jika terjadi pencurian atau mobil tersebut hilang karena dicuri oleh orang lain. Karena hal tersebut akan dianggap sebagai kerusakan total pada kendaraaan bermotor.

Manfaat Memiliki Asuransi Mobil

Memiliki asuransi untuk proteksi kendaraan ternyata memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan. Berikut ini adalah manfaat memiliki asuransi kendaraan bermotor, khususnya mobil:

Melindungi kendaraan

Risiko musibah dan kecelakaan tidak akan ada yang pernah tahu atau memprediksikannya. Memiliki asuransi mobil, maka Anda tidak perlu pusing ketika musibah itu dialami. 

Dengan kata lain, Anda bisa bersiap-siap jika sesuatu terjadi pada kendaraan. Karena itu, sebaiknya kita mengasuransikan kendaraan sejak membelinya.

Dengan begitu, perjalanan akan semakin waspada dan memberikan kenyaman bagi setiap penumpang maupun pengemudinya.

Sebagai proteksi ketika terjadi kehilangan

Selain musibah kecelakaan, kriminalitas yang meningkat juga menjadi salah satu alasan mengapa kita harus memberikan perlindungan terhadap mobil kesayangan. 

Anda harus benar-benar memilih jenis asuransi yang tepat untuk bisa melakukan klaim jika kendaraan Anda hilang karena dicuri. Selain itu, proses klaim yang mudah juga akan membuat kita tenang ketika musibah ini terjadi kapan saja.

Memberi rasa aman ketika mengemudi

Seringkali ketika kita mengemudi kendaraan timbul rasa was-was ketika terjadi senggolan atau bencana alam seperti hujan deras, banjir, dan sebagainya. Dengan mengikuti program asuransi, maka Anda akan merasa aman ketika menggunakan kendaraan.

Proteksi kendaraan akan membuat pikiran Anda jauh lebih jernih ketika menggunakan mobil karena tidak perlu memikirkan kerugian ketika terjadi hal yang tidak diinginkan di jalan raya. Akan tetapi, Anda harus tetap waspada ketika berkendara jangan ugal-ugalan dan tetap mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku.

Sebagai investasi 

Asuransi dalam kata lain sama dengan menabung. Akan tetapi, kita menabung untuk tujuan tertentu seperti kerugian materi ketika terjadi kecelakaan atau tertimpa musibah. 

Asuransi bisa dianggap sebagai investasi karena bertujuan untuk melindungi aset yang dimiliki seperti kendaraan bermotor. Asuransi mobil dengan jenis All Risk dan TLO bisa menjadi pilihan dan bisa sebagai investasi jangka panjang yang membuat perencanaan keuangan lebih teratur.

Setelah mengetahui sedikit penjelasan di atas, diharapkan Anda sudah bisa menentukan jenis asuransi mobil mana yang cocok sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satu rekomendasi asuransi mobil terbaik adalah Roojai. 

Karena Roojai sudah terhubung dengan beberapa bengkel resmi yang bisa membantu Anda ketika terjadi kerugian materi apabila sewaktu-waktu  terjadi kecelakaan di jalan raya. Kita berharap agar tidak terjadi sesuai yang membuat kerugian lebih besar.

Oleh karena itu, perlunya asuransi sebagai perlindungan terhadap kendaraan bermotor yang dimiliki merupakan salah satu hal yang sangat penting. Selain itu, banyak manfaat asuransi yang bisa didapatkan selain untuk menjaga kendaraan kita.

5/5 - (1 vote)

Leave a Comment