Jenis Mobil yang Cocok Digunakan untuk Travel

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Bagi keluarga kecil yang memiliki hobi jalan-jalan atau traveling tentu membutuhkan jenis mobil yang cocok untuk travel agar mobilitas nyaman dan bisa digunakan oleh seluruh anggota keluarga. Bepergian ke luar kota atau traveling merupakan sebuah keharusan untuk menciptakan suasana fresh ketika sudah bekerja dari senin sampai sabtu.

Tujuan wisata tak hanya sekedar untuk berkumpul dengan keluarga, akan tetapi kita juga akan mengetahui beberapa tempat hits di media sosial agar semakin kekinian dan mengikuti jaman. Beberapa tempat wisata yang akan kita kunjungi terkadang memiliki daerah yang agak sulit dijangkau atau bahkan melewati beberapa medan yang sangat terjal.

Dengan mengetahui beberapa jenis mobil yang cocok digunakan untuk travel maka kita akan lebih banyak pilihan ketika menggunakan jasa travel yang tersedia, maupun ketika ingin membeli mobil khusus digunakan untuk bepergian ke luar kota bersama keluarga.

Jenis mobil travel
Jenis mobil yang digunakan untuk traveling

Beberapa pertimbangan yang selalu digunakan ketika memilih mobil travel adalah kenyamanan, besar bagasi, dan memuat untuk banyak anggota keluarga. Karena sebagian para traveler memang akan memilih jenis mobil dengan kapasitas banyak dan yang paling penting akan menikmati ketika kita berada dalam perjalanan, baik itu mobil travel umum maupun mobil pribadi yang cocok digunakan untuk menemani perjalanan traveling Anda ke luar kota.

Selain itu, penyedia jasa angkutan transportasi juga menyediakan mobil travel yang memudahkan penumpangnya karena memberlakukan sistem antar jemput. Anda tidak perlu pergi ke pool atau terminal ketika akan pergi traveling, hanya tinggal menunggu jemputan dan setelah itu Anda akan diantarkan ke tempat tujuan.

4 Rekomendasi Jenis Mobil Travel

Tipe dan jenis mobil yang tersedia di Indonesia sangat bermacam-macam dari mulai mobil sedan, mobil SUV, mobil MPV, dan lain sebagainya. Nah, khusus untuk traveling sepertinya lebih cocok dengan menggunakan tipe mobil MPV karena memiliki kapasitas yang banyak dan lebih dari 4 orang.

Berikut ini adalah rekomendasi jenis mobil yang cocok digunakan untuk traveling. Di antaranya adalah:

Toyota Hiace

Toyota Hiace merupakan jenis mobil yang sebagian besa rperusahaan travel menggunakan jenis mobil ini. Kendaraan penumpang ini memiliki ukuran menengah yang diluncurkan oleh pabrikan mobil Toyota pada tahun 1967. Selain digunakan untuk traveling, mobil ini juga digunakan sebagai mobil opersional bisnis.

Mesin mobil Toyota Hiace menggunakan Mesin 2.8 liter 1GD-FTV turbo-diesel inline-4 engine. Kapasitas maksimal penumpang pada Toyota Hiace adalah 16 penumpang termasuk driver. Perjalanan Anda ketika traveling akan terasa lebih nyaman karena model interiornya yang lebih mewah dan luas. Selain itu bagasi yang tersedia juga memiliki ukruan yang cukup besar, sangat cocok jika Anda ingin mengangkut oleh-oleh ketika bepergian ke luar kota.

Toyota Hiace untuk perjalanan traveling
Toyota Hiace

Daihatsu Luxio

Daihatsu Luxio diluncurkan oleh pabrikan otomotif daihatsu pada tahun 2009. Mobil ini diperuntukkan bagi Anda yang memiliki hobi bepergian keluar kota dan memiliki ruang interior yang cukup luas. Mobil ini disediakan dengan tipe bensin dengan memiliki mesin 3SZ-VE 1500cc DOHC VVT-i 4 silinder.

Daihatsu Luxio banyak digunakan oleh perusahaan tour and travel di bidang wisata untuk mengantarkan wisatawan ketika berpindah dari tempat wisata satu ke tempat wisata yang lain. Mobil ini memiliki body yang standar dalam artian tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Daihatsu Luxio bisa menjadi pilihan jika Anda sering melakukan perjalanan jauh dengan keluarga karena bisa memuat penumpang maksimal 8 orang termasuk driver.

Daihatsu luxio untuk perjalanan luar kota yang nyaman
Daihatsu Luxio

Isuzu Elf

Isuzu elf termasuk kendaraan dengan kategori mikro bus atau truk ringan. Isuzu elf memiliki mesin diesel yang memabng dirancang untuk ketahanan mesin ketika menjalani perjalanan jarak jauh. Beberapa perusahaan otobus, antar kota antar provinsi, perusahaan tour travel banyak yang menggunakan mobil jenis elf ini untuk melayani transportasi penumpang dari satu kota ke kota lain.

Isuzu Elf ada yang berjenis long dan short. Kapasitas penumpang yang ada dalam Isuzu elf ini maksimal 16 penumpang untuk yang tipe long. Sedangkan untuk yang tipe mid, maksimal penumpang adalah 12 orang. Isuzu elf termasuk mobil yang memiliki kenyamanan yang tinggi, karena menggunakan ban yang besar dan tahan goncangan. Isuzu elf juga sangat cocok untuk membawa keluarga dengan jumlah yang banyak di atas 10 orang dan banyak para pengusaha mikro bus memilihnya sebagai jenis mobil travel.

Isuzu Elf untuk mobil travel
Isuzu elf untuk kenyamanan perjalanan luar kota

Toyota Avanza

Salah satu mobil yang selalu dikatakan masyarakat “mobil sejuta umat”. Tapi memang begitu kenyataannya, mobil berjenis MPV ini banyak dipilih oleh keluarga , perusahaan, dan bisnis lainnya sebagai mobil operasional. Mobil toyota avanza ini memiliki kapasitas 8 orang penumpang termasuk driver.

Toyota avanza memiliki mesin 1500cc dan tersedia dalam beberapa tipe. Dalam hal urusan perawatan mobil, toyota avanza termasuk jenis mobil yang mudah ketika merawat mobil ini. Karena suku cadang tersedia di mana-mana dan harga suku cadang masih sangat terjangkau. Mobil toyota Avanza banyak digunakan sebagai mobil pertama untuk keluarga kecil. Karena memiliki interior yang baik, dan bagasi yang luas. Sehingga mobil ini bisa dinobatkan sebagai jenis mobil travel terbaik dan masih bisa terjangkau.

Toyota Avanza mobil travel dan cocok untuk keluarga
Toyota Avanza mobil untuk keluarga

Kesimpulan

Pemilihan jenis mobil yang bisa diguankan untuk bepergian secara nyaman merupakan salah satu pertimbangan bagi keluarga. Apalagi jika keluarga tersebut sering bepergian ke luar kota. Kenyamanan dan keamanan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap penumpang. Dengan mengetahui jenis mobil untuk travel yang telah dijelaskan di atas, maka Anda tidak perlu bingung lagi ketika akan memilih jenis mobil yang bsia digunakan dengan baik untuk traveling maupun perjalanan luar kota.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya ya.

Rate this post

Leave a Comment