Rekomendasi Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Tepat

0
104

Rusaknya sebuah jaringan yang berada pada tubuh disebut luka. Luka sering meninggalkan bekas seperti tanda hitam maupun keloid yang bisa tumbuh. Bagi sebagian orang, bekas luka akan menimbulkan rasa tidak percaya diri apalagi jika luka tersebut berada di bagian tubuh seperti muka, tangan, dan kaki.

Proses penyembuhan pada luka akan berbeda-beda, tergantung dari tingkat keparahan luka itu sendiri. Ada yang membutuhkan waktu bulanan, mingguan, bahkan harian. Karena tingkat keparahan luka bisa disebabkan oleh kedalaman luka, adanya infeksi atau tidak, perawatan saat luka, dan juga beberapa faktor lainnya.

Seperti yang telah diketahui, kita pasti akan merasa tidak percaya diri jika ada bekas luka di bagian tubuh tertentu. Sebaiknya kita melakukan perawatan bekas luka agar bisa menghilang. Ada beberapa tips yang wajib kalian ketahui untuk menghilangkan bekas luka dengan tepat.

Cara menghilangkan bekas luka
Cara menghilangkan bekas luka

Rekomendasi Cara Menghilangkan Bekas Luka pada Beberapa Jenis Luka

Perawatan luka yang dilakukan dengan baik bisa mencegah infeksi atau bekas luka yang menghitam. Oleh karena itu penanganan yang tepat perlu dilakukan seperti berkonsultasi dengan dokter ahli kulit. Adapun tindakan yang dilakukan adalah dengan melakukan tindakan bedah dan non-bedah. Lalu apa saja tips menghilangkan luka seperti yang direkomendasikan oleh tim dokter dari RS EMC Aesthetic Center? Simak penjelasannya berikut ini.

Perawatan Bekas Luka yang berdampak Perubahan Warna Kulit

  • Menggunakan Tropical Krim
    Perawatan jenis ini menggunakan kandungan zat pencerah kulit. Cara ini bisa menghilangkan noda hitam akibat luka seperti noda yang menghitam.
  • Peeling dengan Asam Glikolat
    Melakukan peeling dengan asam glikolat juga salah satu tips menghilangkan bekas luka yang efektif. Anda cukup melakukannya secara rutin dan kemudian bekas luka akan berangsur menghilang.
  • Laser Fractional
    Perawatan menghilangkan bekas luka dengan menggunakan laser sudah banyak tersedia dimana-mana. Kelebihannya adalah penyembuhan akan lebih cepat karena teknologi laser dapat mencapai lapisan kulit yang lebih dalam. Salah satu rekomendasinya adalah di RS EMC yang sangat direkomendasikan untuk melakukan perawatan kulit dan penyembuhan bekas luka. Silakan untuk menghubungi RS EMC untuk informasi lebih lanjut dan lengkap.

Perawatan Bekas Luka Hypertrophic Scar

  • Tindakan Non Bedah
    TIndakan yang bisa dilakukan di Aesthethuc Center seperti EMC ini dengan dilakukan tindakan injeksi kortikosteroid. Injeksi jenis ini bisa membantu mengecilkan hypertrophic scar.
  • Laser Fractional
    Sama seperti yang telah dijelaskan, efek positif yang bsia dirasakan adalah hasil perawatan yang baik. Bisa juga untuk menghaluskan tekstur kulit yang tidak rata.
  • Pemberian Krim Tropical
    Kandungan krim topical yang berisi silikon ini akan menekan pembentukan bekas luka, sehingga bekas luka akan tidak terlihat atau tersamarkan.

Perawatan pada Keloid

  • Tindakan Non Bedah
    Tindakan non bedah ini disarankan agar tidak terjadi hypertrophic scar. Kalian bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kulit yanada di RS EMC.
  • Bedah dengan Cara Eksisi
    Tindakan bedah ini dengan melakukan pembuangan terhadap keloid yang sudah tumbuh. Kemudian merawat luka bekas keloid agar tidak tumbuh kembali setelahnya.
  • Tindakan Kombinasi
    Melakukan tindakan bedah dan non bedah. hal ini bisa terjadi pada beberapa kasus yang tidak sepenuhnya harus dilakukan bedah. Dengan tujuan meraih hasil bekas luka yang optimal.
  • Krim Anti Keloid
    Perawatan jenis ini dilakukan dengan cara memberikan krim yang memiliki kandungan arbutin dalam PH basa atau silikon. Tindakan ini dilakukan pasca perawatan keloid.

Kesimpulan

Nah, setelah membaca beberapa saran dan rekomendasi untuk perawatan bekas luka agar bisa hilang dengan sempurna kini kalian bisa menentukan pilihan untuk melakukan perawatan yang mana. Untuk lebih tertangani dengan baik, sebaiknya bisa datang ke RS EMC Aesthetic Centre yang merupakan Rumah Sakit rekomendasi untuk perawatan luka dan menghilanghkan bekas luka. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya ya.

5/5 - (2 votes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here