Cara Membuat Website Gratis Menggunakan HP atau Smartphone

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Di jaman teknologi yang serba canggih seperti sekarang ini kebutuhan akan informasi lebih mudah didapatkan melalui internet. Salah satunya adalah informasi dari artikel yang ada dalam sebuah website. Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini setiap orang menggunakan hp atau smartphone untuk mencari segala sesuatu. Dengan hadirnya mesin pencarian google, kini berbagai informasi yang ada di internet bisa realtime bahkan selalu update setiap harinya.

Tak hanya itu, setiap pengguna internet pun sangat mudah membuat blog, website, maupun toko online hanya menggunakan smartphone. Ada banyak cara dan tutorial yang tersedia di internet mengenai cara buat website gratis lewat hp atau smartphone yang kita miliki. Jadi membuat website sekarang lebih mudah, tidak perlu coding atau harus mengerti bahasa pemrograman web.

Kemudahan yang bisa kita rasakan sekarang juga memiliki manfaat bagi para pengusaha atau pemilik bisnis yang mengembangkan strategi marketing dan pemasarannya melalui media internet atau lebih dikenal dengan istilah digital marketing. Hadir juga beberapa teknologi dan sistem seperti omnichannel ecommerce yang membantu para pengusaha untuk meningkatkan pemasukan dari berbagai channel hanya dalam satu buah dashboard saja.

Membuat Website Menggunakan HP
Membuat Website Menggunakan Smartphone

Tutorial Membuat Website Menggunakan Smartphone

Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini banyak platform yang memudahkan para pengguna internet untuk membuat website instan. Seperti contoh WordPress, Blogspot, Medium, Wix, dan lain sebagainya. Dengan tersedianya platform CMS (Content Management System) maka kita tidak diperlukan untuk memahami bahasa pemrograman maupun coding. Back end dan front end bisa diatur sedemikian rupa mirip sosial media saat ini.

Lalu bagaimana caranya? Berikut ini tutorial membuat website secara instan hanya dengan menggunakan HP atau smartphone.

Membuat Website Menggunakan WordPress

Salah satu platform yang memberikan kemudahan bagi para penggunanya yaitu wordpress. Kalian bisa mengatur tampilan website dengan mudah karena sudah tersedia beberapa tempalte yang user friendly. Nah berikut adalah langkah membuat website dengan mengugnakan wordpress.

  • Download dan install aplikasi WordPress dari playstore maupun appstore yang tersedia di smarthone yang kalian miliki.
  • Kemudian jika sudah terinstall, kalian harus mendaftarkan akun terlebih dahulu agar bisa login untuk kedepannya. Sebaiknya menggunakan akun google agar lebih mudah dalam tahap pendaftaran akun.
  • Setelah akun wordpress dibuat, tahap selanjutnya adalah memilih fitur word yang menggunakan self hosted site atau wordpress site. Bagi kalian yang menginnignkan kemudahan dalam tahap pembuatan website silakan pilih wordpress site. Jika menggunakan self hosted site maka kalian harus memiliki hosting terlebih dahulu untuk menyimpan file yang akan diupload pada website nanti.
  • Setelah memiliki wordpress site, pilih kategori yang akan ditampilkan pada website yang dimiliki. Bisa memilih food, lifestyle, blog, news atau pilihan lain sesuai website yang akan dibangun.
  • Setelah itu,pilih tema yang cocok dan sesuai selera.
  • Kemudian menentukan nama domain. pada bagian ini nama website kalian akan bertindak sebagai subdomain dari wordpress. Sehingga nantinya website kalian akan memiliki akhiran wordpress.com. Sebagai contoha misalnya membuat dengan nama aldhifajar.wordpress.com.
  • Setelah selesai memilih nama website, selanjutnya kalian bisa membuat halaman atau post yang berupa artikel yang akan tampil di website wordpress yang telah dibuat.
  • Website wordpress siap diguanakan dan siap online.

Kemudahan membuat website dengan menggunakan wordpress sangat banyak didapat manfaat seperti website untuk blog, untuk menjajakan dagangan secara oneline jika kalian memiliki bisnis online dan lain sebagainya.

Membuat Website dengan Menggunakan Blogspot

Selain wordpress, platform yang sangat mudah untuk membuat website secara instan yaitu blogspot. Kalian bisa mengunjungi blogger.com untuk informasi lebih lanjut. Blogspot banyak digunakan oleh blogger pemula dan memang fitur yang ditawarkan sangat mudah. Oleh karena itu saya sangat merekomendasikan juga untuk membuat website dengan menggunakan blogspot. Selain itu blogspot bisa dimiliki tanpa harus menyewa hosting, sehingga blogspot bisa digunakan secara gratis.

Berikut ini adalah langkah membuat website secara instan dengan menggunakan blogspot.

  • Download dan install aplikasi Blogger dari playstore maupun appstore yang tersedia di smarthone yang kalian miliki.
  • Jika sudah terinstall kalian bisa menggunakan akun Google untuk membuat akun Blogger.
  • Setelah itu pilih create blog. Dan tentukan nama domain. Sebagai contoh domain nantinya akan bertindak sebagai sib domain blogger. Sehingga nama domain akan menjadi aldhifajar.blogspot.com.
  • Setelah itu kalian bisa mulai membuat artikel dengan mudah sesuai dengan kategori blog yang akan dijalani.

Membuat Website dengan Menggunakan Plugo

Salah satu platform yang ada pada saat ini adalah Plugo. Kalian bisa menggunakan smartphone untuk membuat website di Plugo. Plugo sangat cocok bagi kalian yang ingin mengembangkan bisnis ke dunia digital. Plugo menyediakan layanan website khusus untuk toko online sehingga nantinya market pasar akan lebih luas. Website ecommerce di Plugo ini akan memudahkan dalam mengatur dagangan dan etalase yang sesuai dengan kategori produk yang akan dijual.

Ada banyak keuntungan jika kalian membuat website di plugo. Diantaranya adalah:

  • Membuat website yang diinginkan secara instan dan cepat. Kalian juga bisa memilih beragam pilihan template menarik
  • pengaturan tampilan website yang dimliki dengan fitur drag-and-drop. Tentunya sangat mudah bagi pemula.
  • Nikmati domain dan hosting gratis untuk paket berlangganan tertentu di Plugo.
  • Market pasar bisnis online yang dijalani akan semakin luas.
  • Tersedia fitur chat di website untuk memudahkan komunikasi dengan calon pelanggan.
  • Pilihan metode pembayaran yang terintegrasi dengan etalase yang ada di website yang telah dibuat.

Pengembangan bisnis konvensional menjadi bisnis online merupakan kiat khusus untuk mengikuti perkembangan teknologi. Dengan menggunakan PLugo maka kalian akan berkesempatan untuk meningkatkan pendapatan karena market yang menjadi sasaran adalah para pengguna internet yang notabene tersebar di seluruh dunia.

Untuk info lebih lanjut, kalian bisa mengunjungi website resmi Plugo untuk mengetahui beberapa penawaran menarik yang cocok untuk bisnis online yang dimiliki.

Kesimpulan

Membuat website dengan mudah dengan menggunakan smarpthone memang cara terbaik jika kalian ingin memiliki website pribadi, blog, portal berita, maupun toko online. Tersedianya beberapa platform yang memudahkan pembuatan website secara instan akan membuka peluang bagi setiap pengguna internet untuk lebih melek teknologi dan memanfaatkan dunia online sebagai jalan terbaik untuk pemasaran.

Dari beberapa penjelasan di atas bahwa membuat website saat ini tidak perlu mahir bahasa pemrograman maupun coding. Dengan fitur CMS yang telah disediakan kalian juga bisa membuat website dengan mudah hanya dengan menggunakan HP atau smartphone yang dimiliki. Salah satu rekomendasi untuk belajar bisnis online adalah membuat website melalui Plugo. Ada banyak fitur menarik yang bisa diintegrasikan dengan bisnis online yang dimiliki.

Dari beberapa pilihan platform pun ada kelebihan dan kekurangan. Kalian tinggal memilih mana yang menurut kalian cocok digunakan dan mudah dalam perawatan kedepannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi acuan bagi para pebisnis online pemula. Karena saat ini peluang di dunia digital akan membuka mata para pengguna internet untuk berkarya dalam bentuk tulisan di sebuah website maupun memiliki toko online dengan membuat website secara instan.

5/5 - (1 vote)

Leave a Comment