Catatan Perjalanan dan Harapan Narablog di Hari Blogger Nasional

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Di hari blogger nasional ini ada sedikit kisah cerita panjang menjadi blogger. Menjadi seorang blogger merupakan pilihanku untuk mengekspresikan opini maupun segala bentuk visualisasi dalam kehidupan dalam bentuk tulisan. Bangga jadi Blogger merupakan kepuasan tersendiri setelah melewati antiklimaks dan klimaks di perjalanan blog pribadiku.

Tak mudah menjadi blogger yang tetap konsisten menulis dan menghasilkan konten artikel yang berkualitas, karena banyak hambatan yang tak bisa diprediksi saat membuat artikel untuk blog.

Kebetulan tanggal 27 Oktober diperingati sebagai hari blogger nasional. Sepertinya akan lebih seru untuk menceritakan perjalananku menjadi seorang blogger dari nol sampai sekarang yang bisa menjadi bagian dari blogger IndiHome. Karena memang aku sudah menggunakan Indihome sejak pertama membuat tulisan di blog pertamaku sampai saat ini.

Hari Blogger Nasional pada awalnya merupakan pesta blogger yang diselenggarakan pada tanggal 27 Oktober 2007. Lalu mengapa pada tanggal tersebut diperingati sebagai hari blogger nasional?

Pencetus pertamanya adalah Menteri Komunikasi dan Informatika, dan yang menjabat saat itu adalah Mohammad Nuh yang membuka acara tersebut yang mewadahi para blogger yang berasal dari seluruh Indonesia. Sejak saat itu, beliau menyatakan bahwa setiap tanggal 27 Oktober diperingati sebagai hari blogger nasional.

harapan blogger di Hari Blogger Nasional
Hari Blogger Nasional

Catatan Perjalananku Menjadi Seorang Blogger

Di hari blogger nasional ini, aku ingin sedikit menceritakan perjalanan menjadi blogger dalam kehidupanku. Mulai dari awal mula, hambatan yang dilalui, dan akhirnya menjadi seorang blogger seutuhnya. Sampai titik sekarang ini saya sangat bangga menjadi Blogger IndiHome yang memberikan pengalaman luar bisa dalam blog competition yang diselenggarakan IndiHome beberapa bulan yang lalu, sehingga aku berani untuk menceritakan perjalanan mulai dari nol.

Awal Mula Menjadi Blogger

Berawal dari hobiku menulis saat sekolah di salah satu SMA di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Kreativitas pemuda saat itu memang belum banyak berkembang karena belum banyak yang menggunakan teknologi internet sebagai media berekspresi. 

Pada jamannya memang wadah untuk mempublikasikan tulisan sendiri sangat jarang, media sosial pun hanya teman-teman tertentu yang menggunakan untuk bersosialisasi.

Saat itu memang platform blog seperti blogspot, wordpress belum banyak yang mengenali. Akan tetapi aku berusaha untuk mempelajari platform tersebut agar bisa mempublikasikan tulisanku agar bisa dibaca oleh semua orang. Sehingga aku membuat sebuah blog di platform blogspot, agar bisa memiliki wadah untuk mempublikasikan tulisanku.

Proses membuat tulisan banyak melalui pelajaran, karena pada awalnya saya mengisi blog hanya sekedar curhatan saja. Seperti sudah umum jika seorang blogger pada awalnya hanya menulis curhatan keseharian di blog pribadinya. Sampai lama-kelamaan mempelajari bagaimana struktur artikel yang baik dan dapat dipahami oleh para pembacanya.

Beberapa waktu setelah memiliki blog pribadi, aku mulai berani untuk mempublikasikan tulisan secara online. Tulisan yang tayang di blog pribadiku masih jauh dari kesempurnaan dan tidak mengikuti struktur artikel yang baik. Tapi aku terus belajar agar bisa membuat artikel yang baik, dengan cara sering membaca artikel blogger lain yang ada pada saat itu.

Sebenarnya aku sempat vakum menjadi blogger sejak tahun 2013. Sampai akhirnya saya mendapatkan inspirasi dari seorang teman lamaku yang juga menggeluti  bidang blog. Mulai perlahan aku membuat blog pribadi dengan  namaku sendiri di tahun 2018. Domain aldhifajar.com kupilih dan konsisten menulis untuk menyampaikan informasi kepada para pembaca setia blog aldhifajar.com.

Secara tidak resmi, aku sudah bisa dikatakan menjadi seorang blogger oleh diriku sendiri. Akan tetapi aku menjadi seorang blogger yang belum profesional dalam pengelolaan blog baik secara konten maupun tampilan blog. Oleh karena itu aku terus mempelajari berbagai tutorial di internet dengan memanfaatkan internet cepat dari IndiHome. Karena memang pada jamannya setiap warnet pasti menggunakan provider internet cepat dari IndiHome.

Mencoba untuk Terus Konsisten Menulis

Menulis artikel tidak semudah yang dibayangkan, untuk bisa menyampaikan secara detail mengenai inti dari tulisan yang dibuat, tentunya harus menggunakan kaidah-kaidah penulisan yang baik. Menulis sebuah artikel untuk dipublikasikan pasti melalui beberapa fase seperti mencari ide, menuliskan opini, mencari fakta pendukung, dan lain sebagainya. Belum lagi penggunaan bahasa dan kosakata yang sesuai dengan EYD.

Menjalani freelance menjadi seorang blogger harus didasari niat untuk konsisten dalam menulis. Tulisan organik paling tidak harus dipublikasikan paling tidak satu minggu sekali. Konsisten dalam menulis selain untuk meningkatkan disiplin juga bisa meningkatkan kemampuan menulis. Dengan seringnya membaca artikel, karya ilmiah maupun essay dinilai bisa meningkatkan kemampuan menulis untuk diri sendiri.

Dalam menghadapi niat untuk konsisten, tentu banyak tantangan yang harus dihadapi. Seperti membagi waktu, mencari topik yang banyak dicari pembaca, sampai masalah teknis dalam mempelajari keyword agar bisa menjadi nomor pertama di mesin pencarian. Karena impresi paling besar biasanya dari mesin pencarian google jika artikel yang dibuat sudah memenuhi kaidah SEO (Search Engine Optimization).

Seiring berjalannya waktu, aku bisa menghadapi berbagai hambatan itu semua. Sampai akhirnya saya menghasilkan uang dari blog aldhifajar.com. Bertambah tingginya Domain Authority, Domain rating, dan Page Authority menjadi salah satu faktor penghasilan dari blog yang saya dapatkan. Akan tetapi faktor utama yang harus dibuat adalah artikel berkualitas dan bisa diterima oleh para pembaca.

Perjalanan menjadi blogger
Perjalanan menjadi blogger / narablog

Bangga Menjadi Blogger IndiHome

Perjalanan menghasilkan uang dari blog memang tidak berjalan mulus. Terkadang ada permintaan untuk menulis review yang dipublikasikan di blog pribadi. Dan selain itu, saya juga mengikuti beberapa kompetisi blog sebagai ajang mengasah kemampuan menulis yang kemungkinan bisa diapresiasi oleh berbagai pihak.

Sampai akhirnya saya mengikuti blog kompetisi yang diadakan oleh IndiHome dari Telkom Grup. Provider internet cepat di Indonesia ini mengadakan lomba blog dengan hadiah total Rp. 170 Juta Rupiah. Lomba blog ini terbagi dalam beberapa kategori, kebetulan aku menyukai game, dan aku mengikuti lomba ini pada kategori game.

Berharap menjadi pemenang saja tidak cukup, tapi aku harus mengasah kemampuan menulisku dalam setiap lomba blog yang diadakan. Menjadi pemenang bisa dikatakan hanya sebagai bonus. Kemudian tak disangka, aku diundang dalam pengumuman malam inagurasi IndiHome 2022. Aku diberikan apresiasi sebagai juara 1 blog competition Indihome tahun 2022 di kategori gamer dan e-sport.

Sebuah penghargaan yang luar biasa, dan yang paling membuat pengalaman berkesan adalah saat mengikuti rangkaian acara inagurasi blog competition IndiHome. Bersama dengan teman blogger yang juga menjadi pemenang dalam kompetisi ini diapresiasi sangat total oleh pihak IndiHome dan Telkom Grup.

Kreativitas pemuda yang ada dalam diri para blogger bisa menjadi sebuah inspirasi bagiku, karena dari ribuan artikel yang masuk hanya dipilih 34 orang saja yang bisa mengikuti malam inagurasi blog competition IndiHome 2022 ini. 

Menjadi pemenang IndiHome Blog Competition 2022 merupakan sebuah kebanggan yang bisa aku dapatkan selama menjadi blogger. Aku sangat bangga bisa menjadi bagian dari blogger IndiHome. Di samping itu, aku bisa menyampaikan informasi mengenai pentingnya literasi digital saat ini. Karena dunia visual semakin berkembang dan diprediksi akan menjadi kebutuhan di waktu yang akan datang.

Bangga menjadi Blogger IndiHome
Bangga menjadi Blogger IndiHome

Berkarya dalam Perkembangan Literasi Digital di Indonesia bersama Internet Cepat IndiHome

Karya yang aku persembahkan bagi para pembaca setia blog pribadiku dan pelanggan setia IndiHome yang memanfaatkan internet cepat dalam berinteraksi secara digital ini menjadi sebuah kebanggan. Apalagi sebentar lagi merupakan Hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober 2022. 

Dengan mendapatkan apresiasi dari IndiHome sebagai juara lomba blog kompetisi di kategori gamer, aku bisa membuktikan bahwa menjadi seorang blogger adalah jalan yang tepat yang kupilih untuk tetap berkarya dan mempersembahkan tulisan-tulisan berkualitas lain demi berkembangnya literasi digital di Indonesia.

Selain itu, hobi bermain game yang kumiliki bisa dibagikan kepada para pembaca blogku, dan tak hanya sekedar tulisan. Aku berharap semua karya yang telah kubuat ini bisa menjadi motivasi bagi generasi penerus bangsa dengan cara meningkatkan kreativitas pemuda di Indonesia di bidang teknologi pada umumnya dan bidang blog pada khususnya.

Karena secara kasat mata, perkembangan dunia digital kedepannya akan cepat berkembang. Dengan manfaat internet cepat dari IndiHome, kita sebagai generasi muda seharusnya bisa mengimbangi cepatnya perkembangan dunia teknologi dengan karya dalam bentuk apapun yang bisa berguna bagi semua orang.

Salah satu modal utama dalam mengikuti arus perkembangan dunia digital adalah menggunakan internet cepat. Aku sudah sangat familiar dengan internet IndiHome karena semanjak SMA di Kabupaten Kuningan, ayahku berlangganan IndiHome sebagai fasilitas dalam menjangkau dunia luas melalui internet.

Sampai sekarangpun aku masih menggunakan IndiHome sebagai pendukung utama karena IndiHome merupakan internet cepat yang bisa diandalkan. Ketika aku menciptakan karya baik berupa tulisan maupun audio visual melalui media social maupun blog akan menjadi lebih mudah karena bisa memanfaatkan informasi dunia luar dan mempublikasikan karya sendiri ke dunia luar agar bisa online di dunia internet melalui perantara blog pribadi aldhifajar.com.

Peranan Internet Cepat IndiHome bagi Profesi Blogger

Sebagai seorang blogger, internet yang cepat sangat dibutuhkan untuk melakukan aktivitas tanpa batas dalam membuat tulisan. Ada beberapa tahapan seperti riset artikel kompetitor, riset kata kunci, membuat alur penulisan, menggunakan tool analitik blog dan lain sebagainya. 

Dalam mendukung profesi blogger, kehadiran internet cepat dari IndiHome menjadi sebuah solusi dalam membuat dan menyalurkan karya kepada seluruh pengguna internet di Indonesia. Aktivitas tanpa batas yang bisa dilakukan berkat #Internetnya Indonesia ini menjadi faktor penting dalam mendukung perkembangan literasi digital di Indonesia.

Sebagai seorang blogger, sudah seharusnya kita mengkampanyekan dan paham literasi digital di Indonesia. Karena dalam perkembangan teknologi ke depannya, bidang teknologi dan internet akan sangat erat kaitannya dengan bidang bisnis, pendidikan, dan semua bidang untuk menciptakan integrasi yang terpusat.

promo paket jitu IndiHome
Promo paket jitu IndiHome

Aku pun merekomendasikan IndiHome sebagai provider internet cepat di Indonesia untuk digunakan oleh perusahaan, rumah tangga, maupun sekolah. Kebetulan saat ini IndiHome sedang ada promo paket Jitu. Dengan berlangganan paket Jitu, kalian bisa menikmati internet cepat dan stabil hanya dengan Rp.200.000 / bulan. 

Tersedia beberapa paket yang bisa kalian gunakan dalam memanfaatkan internet dan menghasilkan cuan dari blog. Di antaranya:

Paket 1P Internet 

  • Up to 20 Mbps hingga 5 perangkat, hanya Rp. 220.000/Bulan (khusus daerah tertentu)
  • Up to 30 Mbbs hingga 7 perangkat, hanya Rp. 280.000/Bulan
  • Up to 30 Mbps hingga 7 perangkat + bonus Disney hotstar, hanya Rp. 295.000/Bulan
  • Up to 40 Mbps hingga 10 perangkat, hanya Rp. 310.000/Bulan

Paket 2P Internet (Internet dan Phone)

  • Up to 50 Mbps hingga 12 perangkat, hanya Rp. 375.000/Bulan
  • Up to 100 Mbps hingga 18 perangkat, hanya Rp. 625.000/Bulan

Harapan Seorang Blogger di Hari Blogger Nasional

Perjalanan menjadi blogger memang membutuhkan niat dan mental yang kuat. Seperti perjalananku untuk mencapai titik ini, sudah melewati beberapa hambatan dan rintangan agar bisa konsisten berkarya dalam sebuah tulisan maupun karya lainnya.

Tidak ada yang tidak mungkin bagi setiap orang untuk bisa menjadi seorang blogger, bahkan sekalipun orang itu tidak senang membaca bukan tidak mungkin dia akan lebih berpotensi menjadi seorang penulis hebat.

Di kemajuan bidang internet dan teknologi, seorang blogger harus didukung oleh internet cepat seperti IndiHome agar dapat mencurahkan karyanya ke dunia luas dan di internet pada khususnya. Kita juga senantiasa menghimbau kepada seluruh generasi muda penerus bangsa yang ada di Indonesia untuk selalu menghasilkan karya yang bisa berguna bagi semua orang.

Di Hari Blogger Nasional ini saya memiliki harapan agar bisa terus konsisten dalam menghasilkan karya, karena di rentang usia produktif seperti sekarang merupakan sebuah peluang bagi kita untuk mendukung perkembangan literasi digital di Indonesia. Dalam mencapai itu semua tentu harus didukung pula dengan internet cepat IndiHome dalam pelaksanaannya.

Aktivitas tanpa batas bersama IndiHome bisa melancarkan niat kita agar bisa berkarya, berinovasi, dalam mengisi warna kehidupan dunia digital di Indonesia.

5/5 - (3 votes)

18 thoughts on “Catatan Perjalanan dan Harapan Narablog di Hari Blogger Nasional”

  1. Kereenn mas, intinya sejak memilih menjadi seorang blogger itu artinya memilih untuk tidak berhenti belajar yaaa, apalagi jaman sekarang banyak wadah dan fasilitasnya seperti internet cepat dari IndiHome.ini.

    Reply
  2. Keren, Mas Aldhi. Dunia blogging memang semakin seru ya. Makin asyik dan menjanjikan. Hobi jalan terus, bahkan sekarang peluang berpenghasilan makin terbuka lebar. Semoga di tahun-tahun berikutnya makin banyak brand yang mensupport kiprah blogger. Seperti IndiHome begini.

    Reply
  3. Ternyata sebentar lagi hari hari blogger. ternyata udah lama ya. Keren banget mas udah menang banyak lomba nih. Selama ini aku ngeblog buat stress release aja.. hehe.

    Reply
  4. MasyaAllah keren perjalanan ngeblog-nya, Kak… Selamat ya jadi pemenang lomba blog IndiHome… Semoga makin semangat berkarya dan menebar inspirasi serta manfaat untuk blogger lain di Indonesia, bersama IndiHome tentunya…

    Reply
  5. Benar kak, memang gak mudah buat konsisten menulis. Pernah ada rasa mentok ide juga haha.
    Tapi harus diberantas hal tersebut, biar DA PA gak turun, loh jadi curcol wkwkk

    Reply
  6. Selalu ada cerita seru di balik perjalanan para blogger. Semuanya menjadi menyenangkan kalau kita nikmati. Apalagi koneksi Internetnya pake IndiHome.

    Reply
  7. Seru sekali perjalanannya menjadi seorang blogger ya, Mas. Dan dengan perjalanan yang panjang ini, membuat semakin terus semangat ngeblog.
    Kalau saya awalnya bikin blog, karena ada tugas menulis. Lalu akhirnya untuk menyimpan tulisan atau cerita yang pernah dimuat media. Alhamdulillah sekarang semakin enjoy ngeblog. Setidaknya bisa terus berbagi cerita lewat tulisan.

    Reply
  8. Wahhh keren banget deh petualangannya sampe jadi blogger yang sering menang lomba mas, keren! Semangat berkarya terus yah. Semoga bisa menularkan semangat produktif berkarya buat yang lainnya.

    Reply

Leave a Comment