Fakta Kereta Cepat Menghubungkan Mekkah dan Madinah

0
101

Mungkin sebagian orang belum mengetahui keberadaan kereta cepat di Saudi Arabia yang menghubungkan kota Mekah dan Madinah. Hal ini wajib Anda ketahui jika berencana menunaikan ibadah haji atau umroh, sehingga untuk urusan transportasi akan lebih cepat dan mudah. Kereta cepat ini dinamai Kereta Haramain Highspeed Railway (HHR).

Raja Salman telah meresmikan jalur kereta cepat yang menghubungkan kota Mekkah dan Madinah. Kereta cepat ini memiliki kecepatan antara 300 km/jam sampai dengan 350 km/jam. Proyek pembangunan sarana dan prasarana ini juga untuk mendukung dan menyambut para ibadah haji dan umrah yang berkunjung ke negeri Saudi Arabia.

Proyek ini didasari karena jarak antar kota saat ibadah haji maupun umroh sangat jauh, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dalam hal transportasi. Selain itu, banyak keluhan dari para jemaah haji saat melakukan transportasi dari Mekkah ke Medinah, begitu pun juga sebaliknya. Dengan jauhnya jarak, maka akan sedikit menguras tenaga para jemaah ketika melakukan ibadah. Ditambah lagi iklim di Saudi Arabia melekat dengan panas yang bisa mencapai 40 derajat celcius.

Dengan banyaknya keluhan ini, maka proyek kereta cepat ini begitu memiliki manfaat bagi para jemaah maupun para penyedia jasa travel umroh terbaik dari Indonesia. Dengan sedikit menambah biaya maka rasanya tidak begitu menjadi masalah bagi para jemaah dan penyedia jasa umroh.

Kereta Cepat Mekkah Medinah
Kereta Cepat Mekkah Medinah

Beberapa Fakta Kereta Cepat Mekkah Madinah.

Perlu Anda ketahui, proyek kereta cepat ini sudah lama dibangun dan banyak menghasilkan manfaat bagi para jemaah haji. Ada beberapa fakta juga yang harus diketahui mengenai proyek kereta cepat dari Mekkah ke Madinah. Di antaranya adalah:

Kereta Cepat Singgah di Kota Jeddah

Kereta cepat ini melayani rute yang dijalani setiap hari yaitu dari kota Mekkah ke kota Medinah. Jarak sekitar 450 kilometer akan ditempuh para jemaah ketika melakukan ibadah. Lalu perlu Anda ketahui, bahwa kereta cepat ini akan singgah di satsiun kota Jeddah. Jadi kereta cepat ini juga diperuntukkan bagi warga Saudi Arabia dlaam mendukung kegiatan ekonominya sekaligus kegiatan religi yang berlangsung disana.

Mengangkut 60 Juta Penumpang Tiap Tahun

Fakta yang lain yaitu jumlah oenumpang. Ternyata peminat keretab cepat Mekkah Medinah ini tak hanya para turis dan para jemaah haji. Penumpang kereta cepat ini pun diminati oleh warga setempat untuk melakukan mobilitas yang mendukung kegiatan ekonomi dan bisnis di Saudi Arabia. Diprediksi selanjutnya kereta cepat ini bakal menampung 20.000 penumpang per jamnya.

Sangat Membantu Para Penyedia Layanan Travel Umroh

Dengan adanya proyek kereta cepat Haramain Highspeed Railway (HHR) dari Mekkah ke Medinah ini sangat membantu para penyedia layanan haji dan umroh di Indonesia untuk menentukan itinerary bagi para pelanggannya selama beribadah di Saudi Arabia. Travel umroh dan haji dengan mudah akan mengkordinasi para jemaah sehingga bisa lebih cepat dalam urusan transportasi di negeri Arab ini.

Pemandangan di Perjalanan Sangat Memukau

Ketika Anda meraskaan perjalanan dari Mekkah ke Medinah, Anda akan disuguhi pemandangan perjalanan yang sangat menawan. Hamparan gurun dan padang pasir akan menghiasi selama perjalanan. Selain itu, kalian akan melihat beberapa ekor Unta yang bebas lepas di alam. Hamparan gurun yang indah juga akan dihiasi beberapa gunung batu yang terlihat gagah di seberang sana.

Kesimpulan

Setelah dibangunnya proyek kereta cepat Haramain Highspeed Railway (HHR) oleh pemerintah Saudi Arabia, maka mobilitas dan trasnportasi dari Mekkah ke Medinah akan lebih cepat dari waktu sebelum adanya kereta cepat ini. karena moda trtansportasi yang sejak dulu tersedia adalah moda transportasi bus. Sekarang perjalanan dari Mekkah ke Medinah akan terasa singkat dan hal ini akan bermanfaat untuk menghemat tenaga ketika Anda melakukan ibadah haji dan umroh. Tertarik mencoba kereta cepat ini?

5/5 - (15 votes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here