Jenis-jenis Bor Tembok dan Rekomendasi Bor Tembok yang Bagus

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Mesin bor tembok merupakan alat yang paling sering digunakan baik dalam dunia konstruksi bangunan. Mesin bor memiliki intensitas yang paling sering digunakan karena berfungsi sebagai alat bantu membuat lubang pada beberapa jenis bahan seperti tembok, kayu, besi, plat, dan lain sebagainya.

Mesin bor atau mesin drill ini adalah senjata utama pada awal proyek konstruksi di berbagai jenis proyek seperti pembangunan gedung, rumah, perkantoran, perumahan, dan lain sebagainya. Ada banyak jenis mesin bor yang digunakan mengikuti fungsi dan jenis bahan yang akan dilubangi.

Pemilihan bor tembok yang akan digunakan terkadang harus disesuaikan dengan konstruksi maupun medan di lapangan. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui jenis mesin bor beserta fungsinya agar tidak keliru ketika digunakan dalam berbagai pekerjaan konstruksi. Selain itu harga mesin drill yang sangat beragam juga menjadi salah satu aspek yang harus dipertimbangkan sebelum membeli bor listrik.

Jenis-jenis Bor Tembok dan Rekomendasi Bor Tembok
Jenis-jenis Bor Tembok

Sekilas Tentang Bor Tembok 

Bor tembok atau electric drill adalah alat bantu yang digunakan untuk membuat lubang yang presisi pada tembok dan juga berbagai jenis bahan seperti kayu, besi, alumunium, atau berbagai bahan lainnya. 

Pada tahap awal pekerjaan proyek pembangunan, membuat lubang merupakan hal yang paling mendasar untuk mendukung bagian dari kegiatan proyek itu sendiri seperti pemasangan lubang untuk baut pipa, konstruksi baja ringan, kusen kayu, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Karena jenis medan dan bahan yang tidak semua memiliki tingkat kekerasan yang sama, maka jenis bor pun disesuaikan dengan kebutuhannya. Mesin bor tidak hanya dibutuhkan sebagai alat utama pada proyek konstruksi. 

Di kehidupan sehari-hari juga diperlukan mesin bor untuk mendukung aktivitas rumah tangga yang memerlukan lubang seperti, membetulkan kursi, membuat lubang bracket, atau menyambung pipa jemuran. Biasanya para bapak di rumah menyediakan bor sebagai alat bantu yang dapat digunakan kapan saja.

Jenis Bor Tembok dan Fungsinya

Dalam lapangan, ternyata banyak jenis-jenis bor yang berbeda secara fungsi dan kinerjanya. Medan yang beragam mengharuskan kita menggunakan bor sesuai dengan fungsinya agar tidak terjadi kesulitan ketika mengerjakan pekerjaan konstruksi atau lainnya. Selain itu mesin bor juga ada yang menggunakan kabel / bor listrik dan ada juga yang menggunakan baterai bor (cordless). Semua tergantung kebutuhan dan selera.

rekomendasi dan jenis bor tembok

Untuk lebih memahami jenis bor tembok berikut ini adalah jenis bor yang harus kita ketahui beserta fungsinya. Di antaranya adalah:

Mesin Bor Palu Tangan ( Electric Hammer Drill)

Pada beberapa konstruksi, seringkali kita menemukan bahan dan media yang keras dan sulit untuk dilubangi dengan bor biasa. Untuk memecahkan masalah tersebut diperlukan bor palu tangan atau dalam istilah lain sering disebut bor tumbuk, bor palu, electric hammer drill, mesin drill, dan lain sebagainya.

Bor jenis ini tidak hanya melubangi tetapi juga mengaplikasikan gerakan seperti memalu agar konstruksi keras tersebut bisa dengan mudah hancur. Bor ini juga bisa digunakan hanya untuk melubangi atau memasang sekrup dengan menonaktifkan mode hammer. Bor jenis ini ada banyak di pasaran dengan sebutan electric hammer drill atau electric combination drill.

electric drill jenis hammer
Electric Hammer Drill

Mesin Bor Impact (Impact Drill)

Bor jenis impact inisama fungsi dan perannya dengan hammer drill. Bor impact digunakan untuk membuat lubang pada bahan yang sangat keras seperti beton, baja, pipa, dan lain sebagainya, Bor impact ini digunakan pada proyek besar yang memerlukan kekuatan tumbukan yang tinggi.

Jika Anda membutuhkan bor ini maka bisa mencarinya dengan pencarian electric impact drill. Harga mesin drill ini sangat beragam sesuai dengan fitur yang ditawarkan. Jadi Anda perlu beberapa pertimbangan terlebih dahulu jika ingin memilih bor impact dengan jenis electric hammer combination drill, electric impact drill, atau electric hammer drill.

power drill dan bor tembok
Bor Impact Drill

Mesin Bor Tangan

Mesin bor tangan (electric rotary drill) merupakan mesin bor yang paling minimalis dan bisa digunakan untuk pekerjaan kecil dengan material yang tidak keras seperti membuat lubang pada kayu, mengencangkan sekrup, dan lain sebagainya. Bor tangan ini kebanyakan tanpa menggunakan kabel, dan menggunakan baterai bor sebagai power utamanya.

Keunggulan mesin bor tangan yaitu sangat ringan dan mudah dibawa kemana mana. Bor tangan sangat cocok untuk mengerjakan pekerjaan yang memiliki mobilitas yang sangat tinggi. Ukuran bor yang minimalis juga akan sangat mudah menjangkau bagian-bagian yang sempit dan kecil. Di berbagai toko alat perkakas bor ini juga sering disebut dengan istilah power drill , electric rotary drill, bor genggam.

jenis bor tembok dan bor listrik untuk perkakas rumahan
Mesin Bor Tangan

Mesin Bor Duduk

Jenis mesin bor duduk adalah mesin bor yang tidak bisa dipindahkan kemana-mana. Mesin bor duduk ini memiliki konstruksi yang kokoh dan berada pada satu lokasi saja. Mesin bor duduk digunakan untuk melubangi beberapa jenis material dan bisa diubah pengaturan kedalaman bor dengan presisi.

Sistem bor duduk ini Anda tinggal menempatkan material yang akan dilubangi, kemudian tinggal menarik tuas untuk menggerakan mata bor yang bergerak naik dan turun.

Kesimpulan

Pemahaman mengenai jenis bor / electric drill memang sangat diperlukan bagi Anda yang sering berinteraksi dengan pekerjaan konstruksi maupun untuk persediaan alat dan perkakas di rumah. 

Selain itu, di dalam dunia konstruksi bangunan, mesin drill ini adalah alat yang paling utama digunakan untuk mendukung beberapa pekerjaan. Sehingga pemilihan mesin bor yang memiliki merek dan kualitas yang baik sangat diperlukan.

Setelah mengetahui jenis bor tembok yang sudah dijelaskan di atas maka Anda bisa langsung menentukan dan mencari ke penyedia mesin drill atau power drill ini seperti di Kawan Lama Group. Sehingga Anda akan memiliki mesin bor yang digunakan sesuai kebutuhan saja. Rekomendasi bor tembok yang baik adalah yang memiliki ketahanan yang lama dan merek yang bagus. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan silakan untuk dibagikan kepada sahabat dan kerabat jika membutuhkan. Sampai jumpa di artikel lainnya ya.

5/5 - (1 vote)

41 thoughts on “Jenis-jenis Bor Tembok dan Rekomendasi Bor Tembok yang Bagus”

  1. Ternyata bor ada banyak jenisnya, kirain sama aja semua. Di rumah kayaknya jenis bor tangan, mirip soalnya. Lumayan berguna untuk maluin, tembok dirumah susah soalnya kalau di Palu cuma ampuh pake bor

    Reply
  2. Pas banget aku lagi cari bor kyk gini buat mempermak kamar. Soalnya kamarku tuh ga bs sembarangan dipaku. Salah dikit aja bs retak temboknya.

    Kalo ada rekomendasi bor tembok kyk gini kan mkn mempermudah pencarian kita. Ntr tinggal disesuaikan dgn budgetnya aja.

    Reply
  3. Temanku baru buka toko baju. Katanya dia kesulitan bikin gantungan baju. Susah matok-matoknya. Kayaknya akan lebih mudah kalau dia pake bor begini ya.

    Reply
  4. Dari semua jenis mesin bor, mesin bor tangan yang sering dijumpai di bengkel dan tukang bangunan soalnya lebih praktis dan pengoperasiannya juga tergolong mudah

    Reply
  5. Mungkin saya termasuk bapak-bapak yang nggak punya mesin bor ataupun perkakas lainnya, wkwkwkwk…. punya cuma palu aja. Jadi tau nih jenis bor yang cocok yang sesuai fungsinya. Saya pikir semua bor sama aja, ternyata beda-beda sesuai fungsinya. Very nice sharing

    Reply
  6. Suamijku baru banhget kemarin beli bor tembok merk krisbow., Emang mesti bener-bener teliti kalo mau beli bor ya, ga bisa asal pilih, mesti tau juga peruntukannya, suopaya bisa milih bor yang sesuai yaaa

    Reply
  7. Pas banget lagi cari mesin bor buat di rumah tapi masih bingung pilihnya. Baca ulasan ini baru tahu ternyata mesin bor ini ada banyak jenisnya ya. Jadu dapat gambaran, mana mesin bor yang sebaiknya saya pilih.

    Reply
  8. Emang banyak jenisnya bor tembok ini, aku kalau udah ngurusin pertukangan butuh banget mata bor yang beda-beda. buat besi beda, buat kayu beda lagi, apalagi buat tembok, beda juga. Kalau gak sesuai peruntukannya bakal ngerusak bor nya. kan eman..

    Reply
  9. Waaah aku baru tahu kalau bor itu fungsinya sebagai alat untuk membuat lubang yang presisi pada tembok dan berbagai jenis bahan kayak kayu, besi, alumunium. Nah bapakku di rumah adanya bor tangan sih Mas Aldhi, Kukira jenis bor itu cuma satu ternyata ada lumayan banyak ya

    Reply
  10. gak hanya untuk keperluan konstruksi, pengunaan bor tembok juga diperlukan dirumah. kebetulan saya juga punya mesin bor dirumah tapi baru punya Mesin Bor Tangan aja. tapi ini juga sangat membantu pekerjaan pertukangan dirumah. mau pasang apapun di tembok lebih mudah apalagi dilakukan oleh para ibu-ibu seperti saya.

    Reply
  11. Wah, penjelasannya lengkap banget nih tentang jenis-jenis bor tembok! Jadi paham betul mana bor yang cocok buat proyek rumahan atau konstruksi besar. Bagus juga ditambahin tips rekomendasi beli bor yang berkualitas. Makasih banyak infonya, nih, jadi makin pede buat pilih mesin bor yang pas buat kebutuhan kita!

    Reply
  12. Kalau gak baca artikel ini mungkin sampai sekarang aku gak tahu kalau bor tembok juga banyak jenis nya hehehehe. Ternyata masing-masing jenis juga memiliki kualitas serta fungsi yang berbeda juga yahh.

    Reply
  13. Wah aku punya mesin bor ini di rumah kak, perkakas rumah kaya gini sangat memudahkan jika ingin memperbaiki rumah untuk melubangi dan lain sebagainya. Bentuknya yang mudah digenggam sangat mudah ketika digunakan.

    Reply
  14. Di rumah ada bor tembok seperti itu, jenisnya kayaknya yang mesin bor tangan, deh! Gak tau jenis pastinya, soalnya pegangan pak suami hehehe.

    Kalau yang sering berinteraksi dengan pekerjaan konstruksi maupun untuk persediaan alat dan perkakas di rumah sebaiknya tahu pemilihan mesin bor yang memiliki merek dan kualitas yaa …

    Reply
  15. Urusan pengeboran pada dinding jau lebih mudah deh nih jadinya. Soalnya tembok kan adakalanya susah gampang ya buat di bor gitu

    Reply
  16. Jadi tahu ternyata jenis bor tembok itu sangat banyak, sebagai orang yang jarang berhubungan dengan perlengkapan atau peralatan seperti ini jadi nambah pengetahuan, setidaknya jadi tahu jenisnya dan gambarnya seperti apa dan Kawan Lama ini setahu saya sudah terkenal lama sebagai seller tools atau barang-barang yang berkaitan dengan bangunan

    Reply
  17. Tahu jenis bor memang penting, belum lagi mata bornya. Kalau saudah tahu jadinya lebih gampang untuk mendapatkan atau menggunakan sesuai kebutuhan. Jadinya ga bingung dan ga kelamaan mikir

    Reply
  18. Menggunakan jenis bor / electric drill yang tepat selain bisa membantu meringankan pekerjaan juga efisiensi waktu ketika pemasangan. Apalagi ketika bor dipegang di tukang yang berpengalaman.

    Reply
  19. Mesin bor ini tuh bisa dipake kalau mau bikin gantungan baju yang ditempel di tembok gitu ya. Kan ada tuh biasanya toko-toko baju yang ngeborin tembok buat gantungan dagangannya.

    Reply
  20. dulu waktu kerja di kontruksi, bor ini salah satu alat perang yang harus ada di box peralatan. Keberadaan bor ini memang sangat membantu sekali mempermudah pekerjaan.
    Sekarang beli bor jadi lebih mudah, ya, dengan adanya kawan lama. Tinggal klik dan pilih-pilih tipe bor yang sesuai dengan kebutuhan kita

    Reply
  21. Sering nemu beberapa peran yang dimainkan di drama korea nih yang salah satunya tuh mereka menunjukkan adegan pakai bor tangan gini. Aih, ternyata ada jenis-jenisnya pun kegunaannya masing-masing di bidang konstruksi.

    Reply
  22. Yang kakak saya punya apa bor tangan ya? Soalnya kakak saya yang jago pertukangan punya alat yang mirip dengan bor tangan di artikel ini. Mulai dari bentuk dan warnanya. Cuma saya kurang yakin, apakah itu bor tembok apa bukan.

    Reply
  23. Rupanya banyak jenis dari mesin bor. Saya baru tahu 1 yg mesin bor tangan karena bapak saya punya.

    Ini bisa nih saya rekomendasikan ke maintenance tempatku kerja, biar mereka makin mudah dalam kerja.

    Reply
  24. aku kurang paham tentang begini, bagiku sama semua, eh ternyata banyak jenis sesuai fungsinya, dan tentu pilih yang safety ya, kalau dilihat tuh berat banget kalau dipakai

    Reply
  25. Wah jadi inget pekerjaan dulu yang berhubungan dengan bor. Tapi mata bornya khusus. JAdi ngga begitu asing dengan bentuk bor. Tapi yang familiar buat di rumah sih bor untuk pasang sekrup. hihi

    Reply
  26. Saya naksir bor tangannya, mas. karena bsia meringankan pekerjaan di rumah. Tidak harus memaku lagi sampai kena tangan. Tidak perlu lagi tangan merah karena mengencangkan sekrup. Lebih cepat pekerjaan juga. Ini juga ringkas ya, bisa dibawa ke mana-mana.

    Reply
  27. ternyata bor punya banyak jenis, aku kira cuman satu macam aja
    dan baru kemarin dirumahku ngebor tembok buat lubang gorden hahaha. kayaknya selama ini selalu pake palu dan paku aja

    Reply

Leave a Comment